ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 09 Desember 2019 | 12 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
KESEHATAN

5 Alasan Sarapan Itu Penting bagi Kesehatan

22 February 2019 08:00:02
Pentingnya sarapan pagi, kesehatan, alasan sarapan pagi itu penting,
Ilustrasi (source: patch)

ChanelMuslim.com - Selama bertahun-tahun, para ahli nutrisi mengatakan bahwa sarapan yang sehat adalah kunci awal hari itu. Kita tidak hanya berpikir dan berkinerja lebih baik di pekerjaan, mereka memberi tahu kita, itu mendukung kesejahteraan kita dalam banyak hal lain.

Di antara para ahli ini adalah Jessica Crandall, ahli diet terdaftar dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet. "Banyak kali, orang berpikir mereka tahu tentang nutrisi karena mereka makan," katanya, "tetapi Anda membutuhkan banyak ilmu dan penelitian untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh kita."

Dilansir laman WebMD.com, berikut alasan kenapa sarapan penting untuk kita:

1. Bahan Bakar dan Nutrisi

Formula dasar untuk sarapan: Pasangkan karbohidrat dengan protein. Karbohidrat memberi energi tubuh untuk memulai dan otak bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengambil pada hari itu. Protein memberi daya tahan dan membantu Ammerasa kenyang sampai makan berikutnya.

Ini bisa sesederhana kombinasi dari:

Sereal gandum atau roti untuk karbohidrat

Susu rendah lemak, yogurt, atau keju cottage untuk protein

Buah segar atau sayuran, lagi untuk karbohidrat

Kacang-kacangan atau kacang-kacangan untuk protein lebih banyak lagi

Kesalahan paling umum yang kita buat adalah tidak cukupnya protein saat sarapan. Crandall mengatakan orang dewasa membutuhkan 20-30 gram protein di pagi hari, yang bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan seberapa aktif, untuk menjaga massa otot dan metabolisme kita. Itu berarti 6 sampai 8 ons yogurt Yunani dengan beberapa sendok biji rami, atau sebutir telur dan beberapa sosis kalkun.

2. Berat badan sehat

Selai kacang pada roti bakar tidak mendekati. Itulah jenis makanan, kata Crandall, yang membuat orang di atas 40 tahun bertanya-tanya mengapa massa otot mereka menurun seiring dengan bertambahnya ukuran pinggang mereka.

Dia juga mengatakan bahwa ketika kita belum sarapan, kita lebih cenderung mendapatkan kita lapar yang dapat membuat kita makan berlebihan di kemudian hari atau memilih makanan tidak sehat seperti donat yang ditinggalkan seseorang di ruang istirahat.

Ilmu pengetahuan tampaknya mendukungnya. Pada 2017, sebuah ulasan di jurnal Circulation menemukan "banyak data" untuk menunjukkan hubungan antara melewatkan sarapan dan kelebihan berat badan.

Namun, para peneliti di Universitas Cornell beberapa tahun sebelumnya, melaporkan bahwa para nakhoda sarapan, meskipun lapar, tidak makan berlebihan saat makan siang atau makan malam. Dalam studi ini, mereka menghemat rata-rata 408 kalori per hari.

Dan sebuah penelitian terhadap orang dewasa di Kanada yang diterbitkan pada tahun 2016 menemukan bahwa makan sarapan memiliki sedikit efek pada tingkat obesitas atau kelebihan berat badan.

Mungkin dua kali lebih banyak orang Amerika tidak makan sarapan sekarang, dibandingkan dengan 40 tahun yang lalu. Crandall mengatakan beberapa orang mungkin melewatkan sarapan karena tren yang disebut puasa intermiten. Saat itulah mereka meneruskan makan untuk mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. Ada banyak gembar-gembor tentang hal itu, tetapi, katanya, ada sedikit bukti itu bekerja dalam jangka panjang.

Karena metabolisme berubah dari pagi ke malam, potongan roti yang sama dengan yang dimakan pada pagi hari sebenarnya kurang menggemukkan.

3. Kontrol Gula Darah

Makan sarapan membantu menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari, apakah kita menderita diabetes atau tidak. Untuk orang dengan hasil tes glukosa normal, ini dapat membantu kita menghindari resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes. Tetes dan lonjakan gula darah juga dapat mempengaruhi suasana hati, membuat kita lebih gugup, pemarah, atau marah.

Jika menderita diabetes, "Jangan melewatkan sarapan," kata Osama Hamdy, MD, PhD, dengan Joslin Diabetes Center.

Dia mengatakan ketika penderita diabetes melewatkan makan pagi mereka, mereka lebih cenderung mendapatkan gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia.

Hamdy mengatakan gula darah rendah "bukan lelucon. Ini skenario berbahaya." Itu bisa membuat lelah, cemas, mudah tersinggung, atau goyah. Gejala yang lebih serius termasuk detak jantung dan kejang yang tidak teratur.

Nasihatnya untuk penderita diabetes adalah sarapan yang mudah dilakukan pada karbohidrat dengan jumlah protein dan lemak seimbang. Dia menyarankan susu dan oatmeal, atau telur dan sepotong roti gandum. The American Diabetes Association merekomendasikan termasuk banyak serat dalam sarapan Anda, sekitar 7-10 gram, dan membatasi diri Anda hingga 400-500 kalori.

4. Baik untuk hati

Studi terbaru menunjukkan hubungan antara sarapan dan kesehatan jantung. Pada tahun 2017, Journal of American College of Cardiology melaporkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung mengalami aterosklerosis.

Saat itulah arteri menyempit dan mengeras karena penumpukan plak. Itu dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Orang-orang ini juga lebih cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih besar, lebih berat, dan memiliki tekanan darah dan kadar kolesterol yang lebih tinggi.

Mungkin itu terkait dengan gula darah yang lebih tinggi, yang seiring waktu, dapat meningkatkan peluang untuk masalah jantung. Atau mungkin tanpa sarapan akan lebih sulit mendapatkan jumlah serat harian yang disarankan.

Studi lain yang menemukan bahwa sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung juga menunjukkan bahwa mereka lebih cenderung merokok, minum lebih banyak alkohol, dan berolahraga lebih sedikit, juga - kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan masalah jantung.

5. Atur Diri Anda untuk Sukses

Ingat, pasangkan karbohidrat dengan protein, seperti semangkuk sereal gandum dengan susu dan buah. Tidak punya waktu untuk makan di rumah? Kemasi sarapan yang bisa dimakan saat bepergian, seperti pisang dan campuran trail dengan sekotak susu.

Nah, sebagai muslim Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam juga contoh terbaik kita menyarankan untuk mengkonsumsi kurma dan meminum segelas madu yang dicampur air di pagi hari.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” [1]

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah : “Kurma Ajwah bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri” [2]

Hadits ini mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah dalam kitabnya ‘Ath-Thibb An-Nabawi’ [3] : “Al-Maf’uud adalah sakit yang menyerang bagian liver (hati)[4]”. Dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali kurma dari Madinah, khususnya jenis Ajwah. (Pembatasan pada) jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh Allah.

Masya Allah.Yuk Sarapan pagi sebelum beraktivitas. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
pentingnya sarapan pagi
kesehatan
alasan sarapan pagi itu penting
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
04 April 2019 07:00:02

5 Tips Perawatan Gigi untuk Anak

 
KESEHATAN
02 May 2019 09:41:04

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil

 
 
KESEHATAN
07 May 2019 10:00:03

Manfaat Kesehatan Konsumsi Kurma Susu

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284