ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 14 Juli 2020 | 24 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
INFO BISNIS

Inovasi Baru, Baznas dan Henan Putihrai Sekuritas Luncurkan Zakat Saham

26 May 2018 22:55:13
Inovasi Baru, Baznas dan Henan Putihrai Sekuritas Luncurkan Zakat Saham
acara TOPIDIKSI (Tongkrong, Ngopi, Diskusi) yang diselenggarakan di Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), pada Kamis (24/5) di Tebet, Jakarta.(Foto: Desi CMM)

ChanelMuslim.com-Zakat saham merupakan inovasi terbaru dari PT Henan Putihrai Sekuritas bekerja sama dengan Baznas selaku pengelola dana. Ini merupakan inovasi yang pertama bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Zakat saham merupakan alternatif bagi si pelaku usaha yang ingin menzakatkan hartanya tidak hanya secara tunai.

Direksi PT Henan Putihrai Sekuritas Muhammad Yunus mengungkapkan zakat saham ini sangat potensial karena populasi masyarakat Indonesia yang berkembang pesat juga dalam hal yang berkenaan dengan syariah.

"Jadi zakat saham ini sungguh sangat potensial sekali untuk bisa diterima di kalangan masyarakat Indonesia," ujarnya pada acara TOPIDIKSI (Tongkrong, Ngopi, Diskusi) yang diselenggarakan di Kantor Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), pada Kamis (24/5) di Tebet, Jakarta.

Yunus menambahkan mengenai mekanisme zakat saham, yaitu Pihak pemberi zakat harus mengisi beberapa formulir yang telah disediakan pihak Baznas, kemudian zakat yang telah diterima ditahan maksimal selama 1 tahun sebelum akhirnya dicairkan ke para penerima zakat.

"Semua keputusan apakah zakat saham yang diterima bisa langsung dicairkan atau masih menunggu untuk periode berikutnya adalah pihak Baznas. PT Henan hanya sekadar memberi saran, apakah saham tersebut langsung dicairkan atau di-hold dulu melihat perkembangan market," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Baznas Wahyu T. Kuncahyo juga menambahkan, dengan adanya zakat saham ini, pihak pengusaha maupun investor lebih mudah lagi berzakat, untuk melakukan sosialisasi.

"Kami melakukan sosialisasi ke beberapa daerah, juga bekerja sama dengan MES untuk memberikan pengetahuan mengenai zakat saham dan juga sangat terbuka untuk para masyarakat yang ingin mengetahui mengenai zakat saham tersebut," katanya.

Landasan hukum untuk zakat saham yaitu secara ijtihad al-fardiyah (perorangan) maupun lembaga fatwa telah disepakati bahwa hukum mengeluarkan zakat atas kepemilikan saham adalah wajib bagi yang telah mencapai haul/niscaya. Karena saham juga merupakan harta berharga. Namun juga pihak pengelola zakat harus mem-filter mana saja saham yang bisa dizakatkan.

Di Indonesia, kewajiban mengeluarkan zakat perusahaan ini sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Besarnya zakat yang dikeluarkan adalah 2, 5% pertamanya untuk semua perusahaan yang sahamnya sudah bergabung di JII (Jakarta Islamic Indeks) yaitu ada 300 saham. Dari jumlah itu, hanya 30 saham yang bisa dizakatkan karena ketentuan yang mendasar yaitu perusahaan harus bersifat syariah.

Lalu bagaimana dengan perusahaan yang tidak bersifat syariah? Saham mereka tidak bisa diterima sebagai zakat, namun tetap diterima sebagai sedekah. Program Sazadah (shadaqah dan zakat) bertujuan untuk membantu para pelaku usaha dan investor untuk lebih mudah membayar zakat juga meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berinvestasi dan berbagi khusus kepada investor syariah.[ind/Desi]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
inovasi baru
baznas dan henan putihrai sekuritas luncurkan zakat saham
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
14 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
INFO BISNIS
06 December 2018 20:26:08

Tips Memasarkan Produk di Generasi Digital

 
INFO BISNIS
11 April 2019 16:16:14

Syariah Hotel Solo Siapkan Sajian Khusus Timur Tengah

 
INFO BISNIS
26 November 2017 11:01:33

Atur Uangmu Seperti Mengatur Waktumu

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga