ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 29 Mei 2020 | 7 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
HEALTHY

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh

03 April 2020 11:00:01
Makanan peningkat immunitas, Immunitas Booster, Tips sehat, lifestyle
Immune Booster (Source: inlifehealthcare)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, masa-masa #DiRumahSaja merupakan masa dimana kita harus lebih banyak memberikan asupan makanan yang dapat meningkatkan imunitas. Apalagi jika kita tidak bisa memfilter asupan informasi yang masuk terkait kecemasan akan Covid-19, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi turunnya imun kita.

Seperti diunggah oleh pemilik akun Instagram Devi Rosa O @devirosa.o pada 21 Maret 2020 lalu, ada 9 makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Instagram @devirosa.o

Berikut 9 makanan peningkat imunitas yang bisa rutin di konsumsi:

1. Kuaci

Kuaci merupakan salah satu makanan kaya manfaat karena mengandung vitamin E yang tinggi. Kua

ci bermanfaat untuk kesehatan jantung, kulit dan juga rambut. ⁣⁣ ⁣⁣ Kandungan vitamin E pada kuaci merupakan jenis antioksidan larut. Sifat inilah yang memungkinkan vitamin E 'berkeliling' tubuh untuk menetralkan radikal bebas.

2. Buah Delima

Antioksidan yang tinggi juga dimiliki buah delima . Vitamin E memiliki sifat antiinflamasi hingga mampu mereduksi penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan peradangan seperti asma dan pengeroposan tulang.⁣

3. Yogurt

Mengonsumsi probiotik secara teratur atau sering disebut ‘bakteri baik’ yang ditemukan dalam yoghurt, dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Selain itu, yoghurt juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh shutterstock

4. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang tinggi akan kandungan protein. Bahan makanan satu ini juga sangat baik untuk meningkatkan imunitas. Di dalam telur, terdapat vitamin B-kompleks dan D yang memang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit.

5. Ubi

Ubi jalar (sweet potato) kaya vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan, mendukung, dan memisahkan antar jaringan dan organ dalam tubuh. Ubi jalar mempunyai peran besar untuk kulit dalam menjaga dari bakteri dan kuman penyakit.

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Healthline

6. Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamomum verum) mengandung zat cinnamaldehyde yang diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi bakteri dan jamur.

Khasiat kayu manis yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi yaitu polifenol, zat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering terpapar polusi udara, misalnya anak-anak yang suka bermain di lapangan atau orang tua yang bekerja di luar rumah. 

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh womenhealth

7. Bawang Putih

Bumbu dapur dengan nama latin Allium sativum ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tersebut antara lain  allicin, flavonoid, oligosakarida, asam amino, dan sulfur tingkat tinggi.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antimikroba dan antijamur yang jumlahnya tertinggi dari semua antibiotik alami yang ada. Rempah ini juga terbukti dapat menambah sel-sel darah putih yang memang sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

8. Jambu Biji

jambu biji merah mempunyai sumber vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh.

Manfaat jambu biji yang satu ini bisa melindungi dan menghindarkan tubuh dari serangan berbagai infeksi kuman, bakteri hingga virus penyebab penyakit.

Bukan hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji merah juga baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi dan pembuluh darah.

Lawan Covid-19, Ini Sembilan Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Shutterstock

9.Jahe

Jahe atau Zingiber officinale, merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada dalam organ pencernaan.

Selain itu, jahe juga disebut sebagai carminative, yaitu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Minum wedang jahe yang hangat dapat dapat memicu keluarnya keringat (diaphoretic). Ini sangat ketika kita sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Nah, itulah sembilan makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengkonsumsi secara tepat kita harus juga berpikir positif, meningkatkan kualitas ibadah serta berolahraga. Semoga bermanfaat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
makanan peningkat immunitas
immunitas booster
tips sehat
lifestyle
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
HEALTHY
09 March 2020 07:00:01

5 Manfaat Konsumsi Daun Pandan bagi Kesehatan

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284