ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 20 Oktober 2020 | 4 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
HEALTHY

5 Manfaat Konsumsi Daun Pandan bagi Kesehatan

09 March 2020 07:00:01
Manfaat daun pandan bagi kesehatan,
Daun Pandan (source: istock)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, daun pandan adalah satu bahan makanan yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi aroma yang khas. Selain itu, daun pandan juga sering dijadikan pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan dan minuman. Tapi tahukah apa saja manfaat daun pandan bagi kesehatan tubuh kita?

Dilansir laman doktersehat.com, berikut 5 manfaat daun pandan bagi kesehatan:

1. Meningkatkan nafsu makan

Meningkatkan nafsu makan juga menjadi salah satu khasiat dan pandan. Dengan menambahkan aroma pandan pada makanan, hal itu dapat merangsang nafsu makan dan rasa lapar. Pada akhirnya, daun pandan juga memiliki khasiat khusus yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kita bisa memasukkan daun pandan ke dalam makanan sehari-hari. Jika kita memiliki masalah nafsu makan yang serius, kita dapat merebus daun pandan dan minum ramuan itu dua kali sehari.

5 Manfaat Konsumsi Daun Pandan bagi Kesehatan istock

2. Menetralisir racun di dalam tubuh

Manfaat daun pandan adalah bisa mengatasi keracunan. Caranya, bisa membuat teh yang dibuat dari dari daun pandan sebagai pertolongan pertama. Kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh, khususnya pada organ hati. Hal ini membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh.

Tak hanya itu, manfaat daun pandan lainnya juga bisa dijadikan pencahar ringan yang aman untuk dikonsumsi anak-anak yang mengalami sembelit.

3. Mengatasi nyeri

Sifat analgetik pada daun pandan bisa mengatasi rasa nyeri pada kepala, dada, kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. Untuk mengatasi rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut, kita hanya perlu mengonsumsi teh daun pandan dua kali dalam sehari.

5 Manfaat Konsumsi Daun Pandan bagi Kesehatan source:123rf

4. Mengatasi masalah rambut rontok dan ketombe

Daun pandan yang ditumbuk dengan halus dan dicampur dengan air bisa dijadikan masker rambut yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala. Rutin menggunakannya sebagai masker rambut, maka masalah rambut seperti kerontokan dan ketombe bisa hilang.

Daun pandan memiliki kemampuan untuk menyehatkan dan melembapkan rambut, maka hal itu juga akan membuat rambut lebih kuat. Rambut rontok adalah masalah yang disebabkan oleh banyak faktor, namun faktor utamanya adalah kurangnya nutrisi rambut.

Rambut yang kurang gizi membuatnya lebih mudah untuk rontok. Oleh karena itu, menyuburkan rambut dengan mengaplikasikan masker daun pandan adalah solusi sempurna untuk memperkuat rambut. Ketika rambut dikuatkan, rambut rontok tidak akan terjadi lagi.

Manfaat daun pandan lainnya adalah merangsang pertumbuhan rambut. Ketika Anda secara teratur menggunakan daun pandan, rambut Anda akan tumbuh lebih cepat dan volumenya akan meningkat. Pada akhirnya, Anda akan memiliki rambut yang indah dan tebal.

5. Menyembuhkan diare

Karena daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, secara keseluruhan tanaman ini dipercaya dapat membersihkan mikroba berbahaya dari usus. Jika menderita diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau bakteri, kita bisa minum teh daun pandan untuk menenangkan rasa sakit dan menghentikan penyakit.

Nah, selain itu Manfaat daun pandan adalah bisa meringankan perut kram, mengatasi masalah susah tidur, meredakan stres, mengobati kanker dan banyak lagi manfaat daun pandan bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt/doktersehat]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manfaat daun pandan bagi kesehatan
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
HEALTHY
28 September 2020 12:26:59

Pulse Oximeter, Deteksi Dini Cegah Happy Hypoxia

 
 
HEALTHY
15 October 2020 14:22:44

Peduli Kesehatan Jiwa adalah Tugas Setiap Orang

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284