ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 20 November 2019 | 23 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Warga Muslim Uighur Temui Kebebasan di Amerika Serikat

07 September 2019 18:37:33
Warga Muslim Uighur Temui Kebebasan di Amerika Serikat

ChanelMuslim.com - Menghindari penindasan rezim komunis Cina di wilayah mereka, banyak di antara etnis Muslim Uighur memilih untuk keluar dari wilayah tempat mereka tinggal sekarang. Meskipun banyak halangan, tidak sedikit dari mereka yang berhasil meloloskan diri dari penindasan itu pada akhirnya memilih untuk bermukim di kawasan Washington DC. Kini Washington menjadi tempat tinggal terbesar komunitas Uighur di Amerika Serikat.

Di sebuah taman di pinggiran Washington, tepatnya di kawasan Fairfax, Virginia, anak-anak Uighur terbebas dari teror yang dialami para orang tuanya di tanah kelahiran mereka di provinsi Xinjiang, China. Di sana, anak-anak tersebut bebas bermain dan berbicara dalam bahasa Uighur, suatu hal yang tidak akan mungkin mereka lakukan di tanah air mereka sendiri.

Irade Kashgary adalah salah seorang pendiri sekolah bahasa Uighur Ana Care & Education, di kawasan utara negara bagian Virginia. Aktivis Uighur itu mengatakan kegembiraannya atas kebebasan tersebut.

“Saya gembira karena saya memiliki kebebasan ini dan kemampuan untuk berbicara terus terang untuk keluarga saya dan warga Uighur. Tetapi pada saat bersamaan, rasanya ada sesuatu yang hilang. Pada waktu kita tidak memiliki akses ke identitas kita, ke tanah air kita, kita tidak bisa merasa utuh sepenuhnya," ujar Irade Kashgary.

Sementara bagi Erik Jalil, warga Amerika keturunan Uighur yang berusia 18 tahun, maupun anak-anak pengungsi yang lari menyelamatkan diri ke Amerika, tanah air seperti mimpi yang samar-samar.

“Kekecewaan terbesar saya adalah saya tidak akan dapat kembali. Itu adalah tempat di mana saya berasal. Saya selalu ingin melihat tempat orang tua saya tumbuh besar. Mereka selalu menggambarkan betapa indahnya tempat itu," ujar Erik Jalil yang juga aktivis Uighur itu.

Amerika telah menawari warga Muslim Uighur tempat yang aman untuk berlindung dan para anggota Kongres Amerika telah memberikan pernyataan dukungan dengan legislasi yang mengecam pelanggaran HAM di Xinjiang.[ah/voa]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
12 June 2019 10:22:01

Negara Wales Targetkan Nol Emisi pada 2050

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284