ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 14 Juli 2020 | 24 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Protes Kematian George Floyd Menyebar di Seluruh Ibu Kota Eropa

04 June 2020 22:35:02
Protes Kematian George Floyd Menyebar di Seluruh Ibu Kota Eropa

ChanelMuslim.com - Ribuan orang turun ke jalan-jalan di kota-kota besar Eropa minggu ini, termasuk London, Amsterdam dan Stockholm, menyerukan diakhirinya kebrutalan polisi dan rasisme di dalam negeri dan di luar negeri.

Protes pecah atas kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata yang meninggal pada 25 Mei setelah lehernya ditekan  oleh lutut seorang polisi kulit putih di negara bagian Minnesota, AS. 

Kata-kata terakhirnya adalah "Aku tidak bisa bernafas," yang menjadi semboyan protes di seluruh dunia.

Uni Eropa mengatakan "terkejut dan kaget" dengan pembunuhan George Floyd, yang kematiannya merupakan penyalahgunaan kekuasaan, kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell pada konferensi pers pada hari Selasa.

Kerumunan orang di seluruh Eropa meneriakkan, "Black Lives Matter" dan "Aku tidak bisa bernapas," menuntut keadilan dan perdamaian.

London

Ribuan orang berkumpul Rabu sore di Hyde Park, London pusat sebelum berbaris ke selatan melalui kota, memprotes kematian Floyd dalam tahanan polisi AS.

Para pengunjuk rasa kemudian berbaris melalui Westminster, di mana parlemen Inggris berada dan tiba di dekat 10 Downing Street, di mana beberapa bentrok dengan polisi.

"Black Lives Matter," "Kita tidak akan diam" dan "Tidak ada keadilan, tidak ada kedamaian," bergema saat mereka berbaris di jalan-jalan.

Protes lebih lanjut diharapkan pada beberapa hari ke depan di depan parlemen dan Kedutaan Besar AS di London.

Stockholm 

Demonstrasi serupa dilakukan di Stockholm pusat, ibukota Swedia, pada Rabu malam ketika kerumunan besar berkumpul di Sergels Torg, sebuah lapangan besar di dekat stasiun kereta pusat kota.

Ketegangan memuncak ketika kerumunan massa meneriakkan, "Tidak ada rasis di jalan-jalan kami," dan "Saya tidak bisa bernapas," karena pembatasan coronavirus dan larangan pertemuan publik lebih dari 50 orang.

Juru bicara kepolisian Mats Eriksson mengatakan bahwa meskipun protes umumnya tenang, dua orang telah ditangkap karena perilaku kekerasan, seperti yang dilaporkan oleh situs web lokal.

Para pengunjuk rasa kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, berbaris melalui bagian-bagian lain kota.

Rotterdam 

Ribuan orang berkumpul di sepanjang Jembatan Erasmus di Rotterdam, kota terbesar kedua di Belanda, untuk memprotes rasisme dan kekerasan polisi.

Para pengunjuk rasa membawa poster anti-rasisme, beberapa poster tertulis "Rasisme adalah masalah semua orang" dan "Hentikan terorisme polisi."

Karena sulitnya mengikuti aturan jarak sosial yang diperkenalkan untuk memperlambat penyebaran virus corona baru, demonstrasi 5.000 orang itu berakhir lebih awal dari yang direncanakan, Walikota Ahmed Aboutaleb mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saluran siaran publik RTV Rijmond.

Dua pemrotes ditangkap, lapor media setempat. 

Athena 

Di Athena, ibukota Yunani, sekitar 3.000 orang berkumpul di Lapangan Syntagma dan berbaris melalui kota ke Kedutaan Besar AS, meneriakkan slogan-slogan yang mengutuk kekerasan polisi.

Marchers membacakan slogan-slogan yang terdengar di seluruh protes lain di dunia, "Aku tidak bisa bernapas" dan "Black Lives Matter."

Bentrokan terjadi antara polisi dan demonstran ketika mereka tiba di depan kedutaan AS.

Sejumlah demonstran bertopeng melempari polisi dengan batu dan bom bensin, dengan pasukan keamanan merespons dengan gas air mata dan granat kejut.

Tujuh orang telah ditangkap dalam protes sejauh ini. 

Paris

Ribuan orang berkumpul di Paris pada hari Selasa untuk memperingati Adama Traore, yang meninggal dalam tahanan polisi pada tahun 2016.

Para pemrotes menyamakan kematian Traore dengan kematian George Floyd dan bentrok dengan polisi, yang merespons dengan gas air mata.

Sumber kepolisian memperkirakan bahwa sekitar 20.000 orang ambil bagian dalam pertemuan itu. 

Berlin

Berlin, ibu kota Jerman, juga menyaksikan kerumunan besar berkumpul di depan kedutaan besar AS pada akhir pekan.

Demonstran menuntut diakhirinya pelanggaran HAM.[ah/anadolu]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
14 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga