ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
DUNIA

McDonald's Hadapi Ancaman Boikot di India karena Sajikan Daging Halal

26 August 2019 20:35:26
McDonald's Hadapi Ancaman Boikot di India karena Sajikan Daging Halal

ChanelMuslim.com - McDonald's menghadapi seruan boikot dari sayap kanan Hindu India setelah jaringan resto makanan cepat saji global itu mengatakan gerai-gerainya melayani daging halal.

Kontroversi meletus setelah McDonald's India mengatakan di Twitter bahwa semua restorannya bersertifikat halal.

"Semua restoran kami memiliki sertifikat HALAL. Anda dapat meminta Manajer restoran terkait untuk menunjukkan kepada Anda sertifikat untuk kepuasan dan konfirmasi Anda," kata perusahaan makanan cepat saji itu dalam menjawab pertanyaan pengguna.

"Daging yang kami gunakan, di seluruh restoran kami, memiliki kualitas tertinggi dan bersumber dari pemasok yang disetujui pemerintah yang bersertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)," kata twit McDonald's.

Namun, jawaban itu membuat marah banyak orang di Twitter, yang menyerukan boikot terhadap resto cepat saji AS itu, dengan tren tagar #BoycottMcDonalds di India.

Banyak yang mempertanyakan mengapa McDonald's menyajikan daging halal di India di mana 80 persen dari 1,3 miliar orang beragama Hindu.

Seorang pengguna menulis: "Ini adalah serangan terang-terangan dan disengaja pada kepercayaan Hindu. India adalah 80% Hindu, dan ada 4% Jain, Sikh & Budha di samping itu. Tapi, McDonald's telah mengkhianati 84% orang ini hanya untuk menenangkan para 14% Muslim.

"Sudah waktunya orang-orang dari semua Agama India #BoycottMcDonalds," tambahnya.

Banyak pengguna Twitter juga menyinggung kemunafikan beberapa orang yang awal bulan ini telah memanggil Muslim untuk tidak menyembelih hewan kurban pada Idul Adha dan merayakan Idul Adha yang "ramah lingkungan".

Beberapa aktivis mengatakan itu adalah contoh lain dari kelompok-kelompok Hindu sayap kanan yang menemukan kesempatan untuk menyerang kaum Muslim.

"Ini adalah suasana yang benar-benar Islamofobik yang ada di India sekarang dan setiap kesempatan digunakan oleh umat Hindu sayap kanan untuk menyerang umat Islam," ungkap Shabnam Hashmi, seorang aktivis yang berbasis di New Delhi, mengatakan kepada Al Jazeera.

"Ini adalah hak ekstrem yang menyatakan diri untuk mengubah India menjadi negara Hindu."

Tetapi Wisnu Gupta, presiden nasional Hindu Sena - kelompok sayap kanan - mengatakan bahwa McDonald's mengabaikan kepekaan umat Hindu.

"McDonald's tidak bisa memaksakan daging halal pada sebagian besar umat Hindu yang makan jhatka," katanya mengacu pada pembantaian jhatka, di mana kepala hewan itu dipotong dalam satu pukulan.

"Sensitivitas mereka tidak dapat diabaikan. Jika McDonald's dapat tetap mempertimbangkan sensitivitas kelompok tertentu, mengapa ia mengabaikan yang lain?" katanya pada Al Jazeera.

Gupta memperingatkan: "Jika Mcdonald's tidak mengubah kebijakannya, dan mulai melayani halal dan jhatka di outletnya di seluruh India, segera orang-orang kita akan memprotes rantai makanan itu di jalan-jalan."

McDonald's bukanlah perusahaan pertama yang menghadapi kemarahan kelompok-kelompok Hindu sayap kanan di India karena menyajikan daging halal.

Bulan lalu, IndiGo, sebuah maskapai penerbangan berbiaya rendah, menghadapi kampanye online yang menyerukan boikot karena menyajikan daging halal dalam penerbangannya.[ah/aljazeera]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
07 October 2019 16:48:10

Israel Ungkap Kota Kuno Berusia 5.000 Tahun

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284