ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 28 Mei 2020 | 6 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
ARSITEKTUR

Renovasi Rumah 2 lantai Tanpa Bongkar Bangunan Lama

06 September 2017 11:07:10
renovasi rumah, arsitektur,
Renovasi Rumah 2 lantai Tanpa Bongkar Bangunan Lama

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di ChanelMuslim.com, saya memiliki rumah satu lantai yang ingin saya renovasi. Rencananya saya ingin ada 2 kamar tidur anak di bawah, dengan kamar mandi yang berdekatan, lalu ruang tidur utama + wc nya, ruang tamu khusus, ruang makan dan ruang keluarga, dapur, carport untuk 2 mobil, parkir sepeda dan kolam renang.

Di atas saya ingin ada 1 ruang tidur tamu, mushalla, ruang wudhu, kamar mandi, ruang kerja, ruang cuci jemur, gudang dan balkon. Saya juga ingin ada void yang membuat rumah tidak pengap dan cahaya masuk lebih banyak.

Lampiran data awalnya saya email ke Pak Andan. Semoga bisa segera mendapat tanggapan. Karena pekerjaan tukang sebentar lagi akan dimulai. Jadi kami di Makassar bisa mendapat panduan gambar teknis yang jelas.

Terima kasih atas tanggapannya. Wassalaamu’alaikum wrwb

Darwis – Makassar

Wa’alaikum salam wrwb

ak Darwis di Makassar dan segenap netters chanelmuslim dimana pun anda berada, semoga Allah menerima pahala hewan kurban kita. Semoga Allah memberikan kelapangan rezki bagi kita agar dapat rutin berkorban setiap tahunnya.

Netters sekalian, in sha Allah kali ini kita akan membahas renovasi hemat biaya dari Pak Darwis di Makassar. Beliau menginginkan renovasi yang tidak banyak bongkar. Hingga rumah lama desain nya masih banyak yang di pakai. Jadi tidak mubadzir.

Setelah saya pelajari pola atap rumah lama dan denah awalnya, maka saya mulai membuat bangunan baru di belakang. Ia berupa ruang tidur utama dan wc nya. Kemudian menerus ke belakang adalah dapur dan parkir motor sebagai akses samping.

Pola ini membentuk jalur sirkulasi yang nyaman ke kolam renang. Rumah lama tetap utuh karena 2 kamar tidur dan wc lama tetap. Hanya bagian depan saja yang saya tambahkan ruang tamu terpisah sesuai keinginan Pak Darwis.

Carport cukup untuk 2 mobil. Karena ruang tamu agak mepet ke jalan samping. Dengan teras kecil di depan membuat façade bangunan muka menjadi indah. Ada permainan tampak muka rumah yang dinamis. Menerus ke atas mengikuti perpaduan atap lama dan atap baru.

Perpaduan ini menjadi cantik dan hemat biaya karena mushalla saya selipkan di bawah atap lama. Dengan pola ruang mezzanine yang membentuk void di lantai 2. Hingga boleh dibilang atap baru hanya ada di bagian belakang lantai 2. Atap yang menaungi ruang tidur tamu dan ruang kerja.

Denah lantai 2 menjadi sangat praktis. Karena pola sirkulasi nya berakhir di ruang cuci jemur yang bersifat service area. Tangga yang menerus ke mushalla mezzanine mengikuti kemiringan atap akan menemukan ruang lapang di belakang. Yaitu ruang kerja dan akan berakhir di balkon di sisi eksterior dan cuci jemur di sisi interior.

Paduan ini membuat pola desain potongan rumah ini menjadi mudah. Struktur lantai 2 nya tidak berbelit – belit. Bahkan pengerjaan nya bisa dibuat bertahap jika dana terbatas. Dengan menunda area cuci jemur dan balkon yang menjadi ruang sekunder.

Penjelasan desain terakhir adalah area luar yang menjadi pandangan terakhir mata dari sisi eksterior. Kolam renang anak akan terbatasi dengan tembok pagar. Agar privacy keluarga tetap terjaga. Namun sirkulasi hawa dan cahaya juga tetap optimal.

Carport sebagai bagian utama eksterior parkir mobil menjadi indah karena ada portal utama sebagai gerbang pintu masuk rumah. Gagah tampil di pinggir jalan sebagai penanda alamat rumah. Namun tetap tidak menjadi penghalang pandangan mata karena posisi atap lantai 2 masih tetap lebih megah. Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Alhamdulillah Allah memberi karunia saya ilmu bangunan arsitektur rumah tinggal. Hingga gambar yang saya kirim ke Makassar ini dapat dengan mudah dipahami oleh tukang di sana.

Walaupun terbentang jarak yang jauh, antara Bekasi dan Makassar namun sambung rasa tetap bisa terjalin. Ukhuwah melalui desain rumah Islami. Sambungan rezki melalui kemudahan teknologi yang Allah berikan.

Semoga bermanfaat artikel ini. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan/order desain dan pelaksanaan ke:

andanarsitek@gmail.com

hp sms only : 0817-496- 5742

Hp wa only : 0813 1901 0400

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
renovasi rumah
arsitektur
 
BERITA LAINNYA
 
 
ARSITEKTUR
31 August 2017 19:23:34

Renovasi Hemat Rumah Minimalis 6 x 13,5 M

 
ARSITEKTUR
08 September 2017 09:24:30

Renovasi Rumah Murah Meriah dan Hemat

 
ARSITEKTUR
31 January 2019 14:44:36

Renovasi Hemat, Minimalis dan Praktis

 
 
ARSITEKTUR
25 August 2018 18:38:55

Renovasi Muka Rumah Hanya 4 Meter

Tunaikan Zakat Fitrah bersama Chanel Muslim
 
 
 
TERBARU
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
TERPOPULER
 
 
Muhasabah Akbar Akhir Ramadhan, Sambut Idul Fitri, Selamatkan Negeri
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284