• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Sabtu, 13 Juni, 2026
No Result
View All Result
FOKUS+
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Healthy

Diet Ternyata akan Pengaruhi Kesehatan Mental

11/09/2021
in Healthy
Diet Ternyata akan Pengaruhi Kesehatan Mental

Diet Ternyata akan Pengaruhi Kesehatan Mental

76
SHARES
588
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

ChanelMuslim.com – Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa pepatah lama “Anda adalah apa yang Anda makan” mungkin ada benarnya. Orang dapat mengoptimalkan kesehatan mental mereka melalui diet dan pilihan gaya hidup mereka, kata sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari New York’s Binghamton University menemukan.

Baca juga: Diet Keto Ternyata Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

“Ada semakin banyak bukti bahwa diet memainkan peran utama dalam meningkatkan kesehatan mental, tetapi semua orang berbicara tentang diet sehat,” kata rekan penulis laporan dan asisten profesor studi kesehatan dan kebugaran, Lina Begdache, dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh universitas.

Studi yang memakan waktu lima tahun untuk menyelesaikannya, melibatkan analisis diet, rutinitas olahraga, dan pilihan gaya hidup 2.600 orang. Mereka juga menyelesaikan kuesioner pada berbagai waktu sepanjang tahun. Setiap kelompok peserta penelitian mengungkapkan beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup utama selama periode peningkatan kecemasan dan depresi.

Tim membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok usia karena perkembangan otak manusia berlanjut hingga akhir 20-an, menurut pernyataan itu.

Terapi kesehatan mental harus mempertimbangkan perubahan kematangan otak untuk orang-orang dalam kelompok usia 18 dan 29 tahun (dewasa muda) dan mereka yang berusia 30 tahun ke atas (dewasa), menurut Begdache.

“Kita perlu mempertimbangkan spektrum perubahan pola makan dan gaya hidup berdasarkan kelompok usia dan jenis kelamin yang berbeda. Tidak ada satu diet sehat yang akan bekerja untuk semua orang. Tidak ada satu perbaikan pun,” katanya.

Orang dewasa muda masih membentuk koneksi baru antara sel-sel otak serta membangun struktur; oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi untuk melakukan itu,” kata Begdache.

Karena morfologi otak dan konektivitas berbeda antara pria dan wanita, tim membagi responden berdasarkan jenis kelamin biologis. Otak laki-laki seharusnya “terkabel” untuk memungkinkan koordinasi dan persepsi sementara otak perempuan dibangun untuk mendukung analisis dan intuisi, menyebabkan tim percaya bahwa perbedaan kognitif ini dapat mempengaruhi kebutuhan nutrisi mereka.

Sarapan setiap hari, berolahraga dengan intensitas sedang secara teratur, dan mengurangi asupan makanan cepat saji dan kafein terbukti meningkatkan kesehatan mental wanita muda. Namun, pada wanita dewasa, hal yang sama diterapkan dengan penambahan peningkatan asupan buah-buahan dalam makanan mereka.

Untuk pria muda, olahraga setiap hari dan diet yang terdiri dari daging dan susu, dan lebih sedikit makanan cepat saji dan kafein, ditemukan meningkatkan kesejahteraan kesehatan mental mereka, menurut penelitian tersebut. Ini juga berlaku untuk pria yang lebih dewasa dengan tambahan asupan kacang sehat setiap hari.

Kafein terkait dengan tekanan mental yang lebih besar
Setelah temuan ini, para peneliti sepakat bahwa orang dewasa muda cenderung mengalami tekanan mental yang lebih besar ketika diet mereka mengandung kekurangan gizi atau buruk secara umum, menambahkan bahwa kafein terbukti menyebabkan tekanan mental pada orang dewasa yang lebih muda.

“Kafein dimetabolisme oleh enzim yang sama yang memetabolisme hormon seks: testosteron dan estrogen, dan orang dewasa muda memiliki kadar hormon ini yang tinggi,” kata Begdache.

“Ketika pria dan wanita muda mengonsumsi kafein tingkat tinggi, kafein tetap berada di sistem mereka untuk waktu yang lama dan terus merangsang sistem saraf, yang meningkatkan stres dan akhirnya menyebabkan kecemasan.”

Jenis kelamin dan kesehatan mental
“Saya telah menemukannya dalam beberapa penelitian saya sejauh ini, bahwa pria cenderung tidak terpengaruh oleh diet daripada wanita,” katanya. “Selama mereka makan makanan yang sedikit sehat, mereka akan memiliki kesehatan mental yang baik. Hanya ketika mereka kebanyakan mengonsumsi makanan cepat saji, kita mulai melihat tekanan mental.

“Perempuan, di sisi lain, benar-benar perlu mengonsumsi seluruh spektrum makanan sehat dan berolahraga agar memiliki kesejahteraan mental yang positif,” tambahnya. “Dua hal ini penting untuk kesejahteraan mental pada wanita di berbagai kelompok umur.”

Ahli gizi juga percaya bahwa rekomendasi saat ini untuk asupan makanan yang tepat semuanya didasarkan pada kesehatan fisik daripada kesehatan mental.

“Saya berharap dapat melihat lebih banyak orang melakukan penelitian di bidang ini dan mempublikasikan penyesuaian diet berdasarkan usia dan jenis kelamin. Saya berharap suatu hari nanti, institusi dan pemerintah akan membuat rekomendasi diet untuk kesehatan otak.”[ah/alarabiya]

Tags: dietkesehatan mental
Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

Novel Baru Membawa Lebih Banyak Representasi Muslim Kulit Hitam ke Sastra

Next Post

Selamatkan Wanita Berusia 90 Tahun, Anjing di Korsel Dinobatkan Sebagai Anjing Penyelamat Kehormatan

Next Post
Anjing di Korsel Dinobatkan Sebagai Anjing Penyelamat Kehormatan

Selamatkan Wanita Berusia 90 Tahun, Anjing di Korsel Dinobatkan Sebagai Anjing Penyelamat Kehormatan

Arab Saudi Perpanjang Visa Iqama dan Gratiskan Visa Keluar Masuk Bagi Ekspatriat

Arab Saudi Perpanjang Visa Iqama dan Gratiskan Visa Keluar Masuk Bagi Ekspatriat

India Luncurkan Saluran TV yang Hanya Menyajikan 'Kabar Baik'

India Luncurkan Saluran TV yang Hanya Menyajikan 'Kabar Baik'

  • Bun, Yuk Kenali Gangguan Pencernaan pada 1.000 Hari Pertama Bayi

    124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    8636 shares
    Share 3454 Tweet 2159
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    944 shares
    Share 378 Tweet 236
  • Doa untuk Palestina Lengkap beserta Artinya

    2210 shares
    Share 884 Tweet 553
  • Doa Ibu yang Mengubah Nasib Anak

    3887 shares
    Share 1555 Tweet 972
  • Hukum Membakar Pakaian Bekas

    11437 shares
    Share 4575 Tweet 2859
  • Doa Rabithah dan Keutamaan Membacanya

    2307 shares
    Share 923 Tweet 577
  • Apa itu Liqo? Pentingkah untuk Diikuti?

    875 shares
    Share 350 Tweet 219
  • Keutamaan Doa Rodhitu Billahi Robba

    3407 shares
    Share 1363 Tweet 852
  • Al-Aqsha Dinistakan Berulang Kali, Masihkah Umat Islam Diam?

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Warna Celana Netral yang Cocok dengan Baju Coklat

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga