ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Januari 2019 | 12 Jumadil Awwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Mewarisi Kearifan dan Kecintaan pada Alam

22 June 2018 05:51:59
#mewarisi #kearifan #cinta #alam #parenting
@fathiyahmadinah

ChanelMuslim.com - Indonesia boleh berbangga. Pada April 2018 lalu UNESCO telah menjadikan Geopark Nasional Ciletuh-Pelabuhan Ratu menjadi bagian dari Global Geopark Network (GGN). Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu memiliki konsep utama konservasi, maka kelestarian akan keragaman geologi dan hayati perlu dijaga dan dikelola dengan baik sehingga tidak terjadi kerusakan. Kawasan ini berfungsi sebagai pendidikan, pelatihan dan penelitian illmu kebumian untuk sekolah dasar, sekolah menengah sekolah atas dan perguruan tinggi serta masyarakat umum.

Ada banyak tujuan wisata yang sering dikunjungi, yaitu; Puncak Darma, Bagian tertinggi dari Geopark, Curug Sodong, Curug Awang, pantai Palangpang, bukiit Panenjoan, Curug Cimarinjung, pantai Palabuhanratu, gua Lalay, dan pemandian air panas Palabuhanratu.

Sejak tujuh bulan lalu, pemerintah daerah telah membangun jalur baru yang langsung menuju kawasan Geopark Ciletuh. Jalur baru yang berawal dari Simpang Loji ini menyajikan pemandangan eksotis dan indah. Gugusan pantai yang indah, aneka ragam hayati seperti sawah, hutan dan juga jermal yang terhampar di lautan pelabuhan ratu.

Pada kesempatan libur hari raya lalu, ribuan orang mengunjungi kawasan geopark Ciletuh yang menyebabkan kemacetan yang luar biasa. Masyarakat berdatangan menggunakan berbagai kendaraan. Mulai kendaraan kecil seperti sepeda motor hingga kendaraan besar seperti truk dan bus.

Para pengunjung yang jumlahnya ribuan ini membuat kondisi di sekitar pantai Palangpang tidak terkendali. Kendaraan parker bahkan hingga di bibir pantai. Mereka menginap di sekitar pantai. Ada yang mendirikan tenda atau bahkan tidur hanya beralas tikar atau selimut. Padahal tidak sedikit dari mereka membawa balita.

Baca juga : Anak Rohis Manis Bukan Terorisme

Mereka juga melakukan aksi masak-masak dan membakar sampah di pinggir pantai. Belum lagi sampah yang ditinggal begitu saja di sepanjang pantai. Ada tumpukan menggunung berisi botol-botol bekas air minum. Kondisi abainya para pengunjung ini akan menjadi catatan besar bagi konservasi Geopark Ciletuh.

Alam ini telah mewariskan kekayaan pada kita, namun jika kita tidak mewariskan sikap kearifan pada anak-anak kita, apalah artinya segala warisan kekayaan itu. Mengajarkan kecintaan pada alam dimulai dari rumah. Dimulai dari membuang sampah pada tempatnya kemudian mengajarkan untuk mengolah sampah sendiri. Dimulai dari menanam pohon kemudian merawatnya. (MAY)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
mewarisi
kearifan
cinta
alam
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
PARENTING
08 October 2018 12:30:47

Belaroa, Kampung yang Ditelan Bumi

 
PARENTING
21 November 2018 06:15:46

Tangis Pemuda Andalusia

 
PARENTING
02 August 2018 09:00:04

10 Alasan Gawai Harus Dilarang Penggunaannya Bagi Anak

 
PARENTING
21 November 2018 07:03:30

Meningkatkan Daya Baca Masyarakat Indonesia

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284