ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 15 November 2018 | 6 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Matang di Usia Akil Balig

26 May 2018 20:00:17 #remaja #kecerdasan #emosional #teen #parenting
pexels.com

 

 

ChanelMuslim.com – Ketika anak-anak tumbuh dan memasuki masa remaja, orangtua mulai merasa kehilangan anak-anaknya yang dulu lucu, imut, dan menggemaskan. Tiba-tiba seperti ada jarak antara anak dan orangtuanya. Mereka sudah tidak mau dipeluk, ya paling tidak sudah tidak mau dipeluk di depan umum. Mereka juga asyik dengan pergaulannya bersama teman-temannya. Sudah jarang mau ikut jika diajak Ayah Bundanya untuk menghadiri undangan kerabat atau sekedar jalan-jalan ke mall atau pasar.

Secara umum fase kehidupan di dalam Islam tidak dikenal istilah fase remaja. Islam mengenal empat fase, yaitu fase Bayi, thufulah (anak2), tamyiz (Bisa Membedakan), dan taklif atau masuk masa balig (Bertanggung jawab/akalnya telah sampai). Sehingga dengan demikian tidak dikenal istilah remaja dalam fase kehidupan Muslim. Begitu dia taklif (akil balig) dia telah bertanggung jawab sebagai seorang yang dewasa.

Namun dalam dunia psikologi praktis, ada fase remaja dengan segala cirinya. Pada fase ini, anak memasuki masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Biasanya ada beberapa tugas perkembangan yang terlewatkan ketika sang remaja tersebut menginjak dewasa (taklif).

Baca juga : Darimana Anak Belajar Mem-Bully?

Contohnya, kemandirian dan tanggung jawab sudah harus matang pada masa remaja sehingga ketika dia masuk ke masa dewasa sudah tidak lagi gagap pada hal kemandirian dan tanggung jawab. Pengajaran tentang kemandirian dan tanggung jawab ini sebenarnya sudah bisa dimulai sejak dini sesuai dengan tahapan usia masing-masing.

Cara mempersiapkan kemandirian dan sikap tanggung jawab bisa dimulai sejak balita. Misalnya ajarkan anak untuk membereskan mainannya. Ketika usia sekolah, anak juga sudah harus terbiasa mandiri mengerjakan tugas-tugasnya seperti membereskan meja belajar, tempat tidur atau membantu pekerjaan rumah yang mudah. Awalnya harus sering diperintah kemudian diingatkan lama kelamaan sudah menjadi kebiasaan. Jangan biarkan anak memasuki masa balig tanpa memahami tanggung jawabnya dan kewajibannya sendiri.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah soal kematangan emosionalnya. Pada masa remaja, seharusnya kecerdasan emosional anak sudah matang. Mereka sudah mampu mengutarakan pendapatnya dan mengekspresikan perasaannya dengan cara yang tepat.

Kematangan kecerdasan emosional dilakukan juga sejak dini. Sejak balita anak sudah diperkenalkan tentang beragam perasaan seperti gembira, sedih atau marah. Mereka juga mulai mampu mengkomunikasikan perasaan mereka kepada Ayah Bunda, misalnya, “Ayah, aku sedang kesal.”

Baca juga : Apa Kabar Ayah?

Kematangan kecerdasan emosional juga bisa membuat anak usia sekolah mampu memilah mana yang patut atau tidak patut, mana teman yang bisa menjadi sahabat mana yang tidak. Untuk mencapai kematangan kecerdasan sosial tentunya tidak bisa dalam waktu singkat. Dibutuhkan pembiasaan sesuai tingkatan usia dan perhatian orangtua dalam memberikan motivasi dan pengajaran lewat keteladan, diskusi dan penjelasan terus menerus.

(MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
remaja
kecerdasan
emosional
teen
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
26 June 2018 07:19:31

Melatih Sabar dan Empati dalam Perjalanan Mudik

 
ADVERTORIAL
15 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
23 October 2018 17:05:30

Bendera di Tanah Airku

 
PARENTING
07 March 2018 06:00:02

Nama Yang Indah Untuk Ananda

 
PARENTING
22 February 2018 07:38:34

Doa Orangtua Pelita bagi Anak

 
PARENTING
30 March 2018 12:31:52

5 Pemicu Stres Pada Anak



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga