ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 23 Zulhijjah 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Mengenal Vernix Caseosa, si Lapisan 'Keju' pada Bayi Baru Lahir

01 February 2019 09:08:23
Mengenal Vernix Caseosa, si Lapisan \'Keju\' pada Bayi Baru Lahir
Foto: mediterranio.diarrio16

ChanelMuslim.com--Pernahkah Bunda melihat ada semacam lapisan keju pada bayi baru lahir? Ada mitos yang berkembang seputar hal itu, misalnya: sang Ibu yang kebanyakan makan lemak, makan bakso, dll. Tapi, apakah sebenarnya lapisan tersebut?

Menurut Ibupedia, Vernix caseosa merupakan lapisan pelindung pada kulit bayi baru lahir. Tampilan warnanya putih mendekati krem seperti keju. Lapisan ini berkembang di kulit bayi ketika ia masih berada di dalam rahim. Sisa vernix caseosa bisa muncul di kulit bayi setelah ia lahir.

Apa fungsi lapisan ini? Untuk memahami fungsi dari vernix caseosa, Ibu bisa bayangkan bagaimana respon kulit jika terpapar air yang terlalu banyak? Setelah berenang atau mandi, tidak butuh waktu lama untuk jari dan kulit jadi mengkerut, bukan? Cairan ketuban memiliki efek yang sama pada janin. Ingat, bayi berenang di cairan ketuban selama 40 minggu lho. Nah, lapisan vernix caseosa inilah yang melindungi kulit janin dari cairan ketuban tersebut. Tanpa perlindungan ini, kulit bayi bisa berkerut.

Vernix caseosa membuat bayi memiliki kulit yang lembut setelah lahir, juga melindungi kulit bayi dari infeksi ketika ia berada di rahim. Jumlah vernix caseosa pada kulit bayi menurun mendekati hari perkiraan lahir. Jika bayi baru lahir yang lahir cukup bulan memiliki lapisan ini di kulitnya, maka itu adalah kondisi yang normal.

Bila Ibu melahirkan melewati Hari Perkiraan Lahir (HPL), biasanya bayi baru lahir memiliki lebih sedikit lapisan vernix caseosa. Bayi prematur cenderung memiliki lapisan vernix caseosa lebih banyak dibanding bayi yang lahir cukup bulan.

4 Manfaat vernix caseosa untuk bayi baru lahir

Manfaat vernix caseosa tidak hanya terbatas saat bayi masih di rahim. Lapisan ini bermanfaat untuk bayi selama dan setelah kelahiran. Sedikit atau banyak jumlah vernix caseosa yang ada di kulit bayi setelah lahir, cobalah pertahankan lapisan ini tetap di kulit bayi baru lahir selama mungkin. Ini artinya sebaiknya Ibu menunda mandi pertama bayi baru lahir.

Vernix caseosa dipercaya bisa melindungi bayi dari infeksi, jadi kebanyakan rumah sakit zaman sekarang biasanya tidak langsung memandikan bayi baru lahir dan vernix caseosa juga tidak langsung dibersihkan. Vernix caseosa dengan cepat akan terserap ke kulit dan menghilang. Kadang vernix caseosa masih terlihat di lipatan kulit, seperti pada area ketiak, untuk jangka waktu lebih lama. Beberapa ahli berpendapat vernix caseosa membantu proses persalinan normal jadi lebih mudah. Vernix caseosa juga bagus untuk kulit Ibu lho, karena itulah sekarang ini banyak produk krim wajah mengklaim memiliki kandungan vernix caseosa. Jadi bila Ibu melahirkan bayi yang tertutup vernix caseosa, pastikan juga untuk menggosokkannya ke wajah Ibu ya. Berikut ini beberapa manfaat perlindungan alami dari vernix caseosa yang perlu Ibu tahu:

1. Memiliki kandungan antimikroba

Bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan yang rapuh. Ini berarti bayi baru lahir lebih rentan terhadap penyakit. Menyusui memang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir, tapi ini bukan satu-satunya cara. Vernix caseosa bisa juga melindungi bayi baru lahir dari infeksi. Ini karena lapisan vernix caseosa memiliki kandungan antioksidan, anti infeksi, serta anti peradangan. 

2. Pelumas untuk melewati jalan lahir

Vernix caseosa tidak hanya menjadi penghalang cairan di rahim, tapi juga menurunkan gesekan ketika bayi melewati jalan lahir selama proses kelahiran. 

3. Membantu mengatur suhu tubuh bayi baru lahir

Selama kehamilan, tubuh ibu berperan penting dalam mengatur suhu tubuh bayi. Butuh waktu agar bayi baru lahir bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Ini sebabnya penting untuk menyelimuti tubuh bayi dan menjaga suhu ruangan tetap nyaman. Membiarkan vernix caseosa pada kulit bayi baru lahir selama mungkin bisa secara alami menstabilkan suhu tubuhnya. 

3. Melembabkan kulit bayi baru lahir

Vernix caseosa juga berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit bayi saat lahir dan setelahnya. Kandungan seperti keju ini merupakan pelembab alami untuk bayi yang melindungi kulit dari kekeringan dan pecah-pecah.

Jadi, sekarang Bunda sudah paham bahwa lapisan seperti keju pada bayi baru lahir ternyata tidak berbahaya bahkan bermanfaat bagi bayi. Jangan kaget lagi ya.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
mengenal vernix caseosa
si lapisan \'keju\' pada bayi baru lahir
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
24 January 2019 14:01:56

Kenali 4 Tanda Bayi Alami Lonjakan Pertumbuhan

 
TUMBUH KEMBANG
25 February 2018 14:22:21

Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

 
TUMBUH KEMBANG
01 February 2019 09:08:23

Mengenal Vernix Caseosa, si Lapisan 'Keju' pada Bayi Baru Lahir

Muslim Life Festival
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284