ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Memulai Tahun Baru dengan Resolusi Hidup Nol Sampah

04 January 2019 08:34:57
zero,wate,nol,sampah
Mali Maeder @ pexels.com

ChanelMuslim.com – Pada akhir tahun 2018 ditemukan bangkai ikan paus sperma di wilayah perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dalam perut paus tersebut ditemukan banyak terdapat sampah plastik sebesar 5,9 kilogram, yang terdiri atas 115 gelas plastik (750 gram), 19 plastik keras (140 gram), empat botol plastik (150 gram), 25 kantong plastik (260 gram), dua sandal jepit (270 gram), satu karung nilon (200 gram), 1.000 lebih tali rafia (3.260 gram), dan lain-lain.

Dalam sepuluh tahun terakhir jumlah sampah terus meningkat. Berbagai upaya terus dilakukan untuk mengurangi sampah. Kampanye 3R (reduce, reuse, dan recycle) terus digaungkan agar masyarakat mengolah sampahnya sendiri. Kita bisa mengubah gaya hidup untuk mengurangi sampah dengan menggunakan konsep zerowaste (nol sampah).

Sebelumnya membawa botol minum sendiri dianggap tidak biasa. Sekarang kita sudah terbiasa dan menjadi pemandangan umum membawa botol minuman sendiri. Begitu juga dengan membawa kantong belanja sendiri. Sekarang sudah menjadi hal biasa jika berbelanja membawa kantong belanja sendiri. Kita memegang peran penting untuk menjaga lingkungan. Gaya hidup minim sampah dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengurangi pemakaian barang yang berpotensi menjadi sampah di rumah masing-masing.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup minim sampah.

1. Hentikan penggunaan Styrofoam

Penggunaan Styrofoam tidak baik untuk kesehatan tubuh dan lingkungan. Styrofoam mengandung benzene yang menyebakan kanker. Zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya bisa masuk lewat sel-sel darah dan merusak sumsum tulang belakang. Masih menggunakan CFC, zat yang menyebabkan global warming. Sifatnya sulit terurai dan berdampak buruk bagi lingkungan. Limbahnya mengganggu kesehatan organisme laut.

2. Membawa Tas belanja sendiri

Belanja banyak maupun sedikit tetap menggunakan tas belanja sendiri. Usahakan untuk bijak dan hemat dalam berbelanja. Berbelanja secukupnya saja.

3. Hentikan penggunaan sedotan

Salah satu produk plastik sekali pakai yang menyumbang polusi laut ini adalah sedotan plastik sekali pakai. Dilansir dari National Geographic Indonesia berdasarkan data yang dimiliki oleh Divers Clean Action, kelompok pemerhati lingkungan khususnya laut, pemakaian sedotan di Indonesia mencapai 93.244.847 batang setiap harinya. Jika batang sedotan plastik sekali pakai ini direntangkan, maka panjang yang dihasilkan adalah 16.784 km atau sama dengan jarak tempuh Jakarta menuju Meksiko.

4. Membawa botol minuman sendiri

Gunakanlah botol minuman sendiri. Lebih bersih, ekonomis dan estetis. Botol minuman menjadi kepribadian seseorang. Selain itu bisa mengurangi sampah botol plastik.

5. Membawa kotak makanan sendiri

Memakan masakan rumahan memang lebih sehat. Terkadang kita ingin jajan makanan di luar rumah. Untuk itu selalu siapkan kotak makanan untuk makanan yang dibawa pulang.

Kelima hal di atas bisa kita terapkan dalam rumah kita sendiri. Menjadikan konsep minim sampah atau bahkan nol sampah bisa ita jadikan gaya hidup. Hidup lebih ramah lingkungan sudah menjadi kebutuhan agar bumi menjadi lestari. (May)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
zero
wate
nol
sampah
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
17 February 2019 23:44:59

Mengenal Kecerdasan Majemuk pada Anak

 
PARENTING
21 February 2018 07:00:59

Melatih Anak untuk Shalat Subuh di Masjid

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284