ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 10 Desember 2019 | 13 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
NASIONAL

26 Tahun Dompet Dhuafa Ciptakan Karya untuk Berdayakan Sesama

04 July 2019 07:21:34
26 Tahun Dompet Dhuafa Ciptakan Karya untuk Berdayakan Sesama

ChanelMuslim.com - Genap berusia 26 tahun, bagi Dompet Dhuafa merupakan usia matang bagi sebuah organisasi. Pada 2 Juli 1993, 26 tahun lalu Dompet Dhuafa berdiri dengan landasan ide membantu para dai di daerah Gunung Kidul. Dimana saat itu para dai hanya mengandalkan uang bantuan para mahasiswa. Kemudian dibukalah satu kolom di Republika, bertajuk Dompet Dhuafa. Rubrik "Dompet Dhuafa" mendapat sambutan luar biasa. Hal tersebut ditandai dengan adanya kemajuan signifikan dari pengumpulan dana masyarakat. Maka, muncul kebutuhan memformalkan aktivitas yang dikelola Keluarga Peduli di Republika. Rabu (03/07).

Pada 4 September 1994, Yayasan Dompet Dhuafa Republika berdiri. Profesionalitas Dompet Dhuafa kian terasah seiring meluasnya program kepedulian dari yang semula hanya bersifat lokal menjadi nasional, bahkan internasional. Tidak hanya berkhidmat pada bantuan dana bagi kalangan tak berpunya dalam bentuk tunai. Dompet Dhuafa juga mengembangkan bentuk program yang lebih luas seperti bantuan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bantuan bencana.

Kini setelah 26 tahun berdiri, Dompet Dhuafa Bersama para donatur, mitra korporasi dan stake holder berjalan bersama, bersinergi melayani umat dan memberdayakan para mustahik hingga menjadi para mustahik yang terangkat derajatnya. Dengan mengusung tema Mustahik Move to Muzaki (M3), menciptakan program-program inovatif untuk kebermanfaatan yang lebih luas.

Di Pendidikan Dompet Dhuafa menelurkan program SMART Ekselensia, SSC Sekolah SMART Cibinong, SMART Tahfidz, dan berbagai program beastudi lainnya. Di Kesehatan, ada RS RST dan jaringan rumah sakit lainnya yang berkhidmat melayani para dhuafa dalam mengakses kesehatan yang layak. Tercatat 8 RS yang dikelola oleh Dompet Dhuafa berbasis wakaf (Rumah Sehat Terpadu Parung, RS AKA Sribhawono Lampung Timur, RS Ahmad Wardi Serang, RSIA Sayyidah Jakarta, RS Lancang Kuning Riau, RS Griya Medika Lampung Utara dan masih dalam progress adalah RS Hasyim Ashari dan RS Haji Pasuruan). Di bidang Ekonomi, Dompet Dhuafa meluncurkan program BMT sebagai pemberdayaan wirausaha kecil menengah, Kampung Ternak yang memberdayakan para mitra peternak binaan, Karya Masyarakat Mandiri yang menaungi UMKM dan Kawasan Zona Madina di Parung, serta masih banyak lagi.

Untuk Social Response Kemanusiaan, Dompet Dhuafa melahirkan DMC sebagai organ yang khusus menangani berbagai masalah kebencanaan, Lembaga Pelayan Masyarakat yang akan memudahkan setiap urusan mustahik, mendekati mereka yang membutuhkan. Cordofa, sebagai ujung tombak pelayanan keumatan.

Sejak berdiri hingga kini, hampir Rp. 2,6 triliun dana umat terkelola secara professional, transparan dan akuntabel. Tercatat 19,3 juta jiwa terbantu dan terentaskan dari masalah kemiskinan yang mendera sebagian masyarakat Indonesia.

Beragam program telah dilakukan oleh Dompet Dhuafa untuk menjalankan visi misinya, Dompet Dhuafa adalah Lembaga Filantropi Islam bersumber dari dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) dan dana halal lainnya yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship).

Apa yang berhasil dicapai Dompet Dhuafa saat ini adalah hasil kerja cerdas dan kerja ikhlas dari banyak pihak, secara berkesinambungan. Dukungan dari masyarakat sangat berarti untuk Dompet Dhuafa, salah satunya dari Gubernur DKI Jakarta, Dr. Anies Rasyid Baswedan: “26 tahun Dompet Dhuafa telah menjadi garda terdepan untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan. Saya menyampaikan apresiasi kepada semua yang terlibat dari mulai pendirian sampai dengan kegiatan hari ini. Insyaa Allah makin banyak yang terlibat dan insyaa Allah Dompet Dhuafa terus menjadi contoh pengelolaan yang professional, akuntabilitas yang luar biasa, dan insyaa Allah ini semua akan membuat lebih banyak lagi dari seluruh komponen masyarakat yang mau menunaikan kewajibannya melaksanakan kesempatan berpahala lewat organisasi seperti Dompet Dhuafa dan seperti semangatnya, Jangan Takut Berbagi mari kita terlibat, mari kita ikut mendukung, Selamat untuk Dompet Dhuafa, insyaa Allah 26 tahun kemarin 26 tahun penuh berkah”.

Di usianya yang ke 26 ini, Dompet Dhuafa juga semakin mengukuhkan Namanya di papan atas Top Brand Nasional dengan hasil sebagai Lembaga nomor satu Top Brand Badan Zakat dan Amal dengan nilai 32,6%. Dengan hasil ini, semoga menjadikan Dompet Dhuafa tetap sebagai Lembaga yang profesional, istiqomah dalam mengemban amanah umat. [Lam]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
06 May 2018 09:54:45

Meriahnya Kampanye Tarhib Ramadhan di CFD

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284