ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 02 Desember 2020 | 17 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
MASAK

Bercita Rasa Gurih dan Lezat, Ini Sejarah Asal Mula Keju di Dunia

15 November 2020 06:30:01
Asal muasalnya keju, Sejarah keju di dunia,
keju (source: Simple 30)

ChanelMuslim.com - Siapa yang tidak kenal dengan keju. Salah satu bahan makanan gurih yang diolah menjadi aneka makanan dan minuman ini sangat viral sepanjang masa dengan aneka kreasinya.

Keju dipinjam dari bahasa Portugis, queijo ini merupakan sebuah makanan padat yang dibuat dari air susu hewan. Hewan yang dijadikan sumber air susu biasanya adalah sapi. Tetapi perkembangan membuat banyak olahan keju lokal menggunakan air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau. digunakan pada beberapa tipe keju

Tapi tahukah dibalik rasa keju yang terbuat dari susu sapi , ada sejarah asal mula Keju yang patut kita ketahui.

Seperti dilansir laman National Day, menuliskan bahwa keju pertama kali dibuat diperkirakan sekitar tahun 8000 SM (sebelum masehi).

Salah seorang arkeolog, diyakini telah menemukan bahwa keju tersedia di beberapa tempat dan periode sejarah yang berbeda. Seperti di Polandia pada 5500 SM, Mesir pada 2000 SM, dan Tiongkok pada 3000 tahun lalu.

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa keju awalnya dibuat dengan tidak kesengajaan. Yaitu ketika para gembala sapi menyimpan susu di dalam perut hewan.

Enzim di perut hewan itu ternyata membuat susu menjadi kental dan terpisah menjadi dadih dan whey.

Keju sudah diproduksi sejak zaman prasejarah. Tidak ada bukti pasti dimana pembuatan keju pertama kali dilakukan, di Eropa, Asia Tengah, maupun Timur Tengah, tetapi praktek pembuatan keju menyebar ke Eropa sebelum zaman Romawi Kuno dan pembuatan keju telah menjadi usaha yang terkoordinasi pada masa Kekaisaran Romawi.

Perkiraan awal adanya pembuatan keju adalah antara 8000 SM (ketika domba mulai diternakkan) sampai 3000 SM. Pembuat keju pertama diperkirakan adalah manusia di Timur Tengah atau suku-suku nomaden di Asia Tengah. Bukti arkeologis pertama tentang pembuatan keju ditemukan pada mural di makam Mesir Kuno, yang dibuat pada 2000 SM

Hingga saat ini, pembuatan keju telah berkembang dengan pesat, dan sekarang sudah terdapat sekitar 1.400 macam keju di dunia. Keju yang paling dikenal adalah Keju cheddar, keju Permesan, Keju Mozzarella, Keju edam, keju Swiss dan banyak lagi.

Jadi sekarang makin tahu ya kalau keju ternyata salah satu makanan tertua yang sudah ada sejak dahulu. Masya Allah. [jwt[

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
asal muasalnya keju
sejarah keju di dunia
 
BERITA LAINNYA
 
 
MASAK
30 January 2018 06:25:01

Sarapan Pagi dengan Orak Arik Telur

 
 
MASAK
23 September 2017 09:10:00

Yuk Sarapan Pagi Ala American Breakfast

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284