ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Jangan Percaya Politisi Seratus Persen

14 July 2019 09:36:45
Politik, Perempuan
Ilustrasi, foto: Medcom.id.

ChanelMuslim.com- Konstituen sebuah partai atau tokoh kerap kecewa ketika langkah partai atau tokoh tidak sesuai dengan apa yang diucapkan. Mereka menyatakan ke kanan, tapi kenyataannya melangkah ke kiri. 

Ada banyak hal yang memang harus dipelajari lebih dalam tentang dunia politik. Terutama politik praktis yang ingin menggapai kekuasaan. 

Politik praktis seperti yang kita amati saat ini sangat berbeda dengan politik dalam arti luas. Karena sejatinya, politik adalah upaya untuk memberikan maslahat untuk orang banyak. Bukan kelompok, apalagi diri sendiri.

Dengan bahasa sederhana,  seorang aktivis yang mengorbankan waktu dan tenaganya untuk secara suka rela memberikan kebaikan untuk orang banyak adalah seorang politisi. Walaupun, orang tidak menyebutnya sebagai politikus.

Sebutan politisi atau politikus saat ini lebih tertuju pada aktivis politik praktis yang selalu menjurus pada merebut kekuasaan, tentu dengan jalan yang sesuai aturan.

Dalam dunia politik seperti ini, berlaku sebuah “kesepakatan”, “Tidak ada musuh abadi. Tidak ada teman abadi. Yang ada adalah kepentingan abadi.” 

Dengan kata lain, para politisi ini berteman dan bermusuhan bukan karena idealisme atau keyakinan yang mereka miliki, seperti idealisme atau keyakinan dalam agama. Melainkan, semata-mata karena kepentingan.

Ketika kepentingannya berbeda, mereka seperti bermusuhan. Tapi ketika kepentingan tersebut menyatu maka permusuhan tersebut sirna, dan berganti menjadi persahabatan.

Persis seperti anak kecil yang bisa bergonta ganti teman dan musuh dalam tempo singkat. Bukan karena senang atau tidak senang, tapi karena kepentingan.

Repotnya, ketika politik praktis bersinggungan dengan kepentingan besar seperti agama. Maka, gap atau jarak persepsi menjadi begitu kentara.

Hal ini karena konstituen salah menerjemahkan sikap para politisi yang mereka dukung dan bela. Mereka mengira sosok politisi tersebut adalah pemimpin yang ideal, tapi ternyata hanya sekadar seorang politisi yang bisa berubah drastis sesuai kepentingan yang dituju.

Partai, calon gubernur, calon presiden, dan seterusnya tak lebih dari seorang politisi yang sedang berjuang untuk merebut kekuasaan. Mereka akan menggunakan berbagai cara, selama masih sah, untuk sukses dalam perebutan itu. 

Namun, tetap saja, titik utama dari dinamika dan warna warni perebutan itu adalah kekuasaan atau kepentingan. Ketika kepentingan telah mereka dapatkan, dinamika tersebut akan berhenti atau berubah sesuai kepentingan tersebut.

Jadi, seorang konstituen harus pandai-pandai membaca arah kepentingan yang dituju para politisi. Apakah memang sama atau sesuai dengan kepentingan yang kita inginkan, atau hanya imajinasi kita saja terhipnotis dengan kesamaan kepentingan tersebut.

Dalam politik praktis, tidak ada surga neraka. Tidak ada baik dan buruk. Bahkan tidak ada benar dan salah. Yang ada hanya kepentingan semata.

Dengan begitu, sepak terjang politisi dalam hal ini harus dimaknai sebagai kamuflase untuk meraih kepentingan. Bisa jadi, apa yang diucapkan berbeda dengan yang dikerjakan. Ucapan yang baru beberapa menit yang lalu bisa berubah drastis dengan ucapan berikutnya. 

Kalau ada “kesepakatan” dalam dunia politik praktis yang selalu tertuju pada kepentingan. Maka, konstituen pun mestinya, dan memang seperti itu harusnya, ada “kesepakatan” yang harus dialamatkan kepada para politisi.

Yaitu, siapa pun para politisi, jangan pernah percaya seratus persen ucapan mereka. (mh)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
politik
perempuan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
02 January 2018 20:55:50

Empat Rahasia Kesuksesan

 
KOLOM
08 May 2018 09:15:11

Monas versus Bundaran HI

 
KOLOM
17 August 2019 08:26:58

Peran Ulama dalam Memperjuangkan Kemerdekaan

 
KOLOM
26 January 2019 22:03:07

Sahabat Adalah Dirimu yang Kedua

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284