ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 03 Juli 2020 | 13 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KOLOM

Balfour: 100 Tahun Deklarasi yang Menyengsarakan Bangsa Palestina

02 November 2017 07:37:01
Palestina,  Balfour,  Nurjanah Hulwani,  Adara Relief Internasional
Foto : Nurjanah Hulwani (Ketua Adara Relief Internasional) memberikan pidato dalam Konferensi Para Pegiat Palèstina di Turki Oktober lalu/Adara

Oleh: Nurjanah Hulwani, S.Ag, M.E

(Ketua Adara Relief International)

ChanelMuslim.com-Hari ini, tanggal 2 November 2017 bertepatan dengan 100 tahun dikeluarkannya surat perjanjian Balfour -dikenal dengan Deklarasi Balfour- yang membuat bangsa Palestina menderita hingga kini. Perjanjian Balfour merupakan perjanjian yang dilakukan Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur James Balfour kepada Lord Rotschild, wakil Federasi Zionis Yahudi, yang memuat tentang 'izin' dan dukungan terhadap zionis Yahudi untuk menjadikan tanah Palestina menjadi tanah air bangsa Yahudi.

Inilah awal mula penderitaan bangsa Palestina, hingga saat ini. Kebiadaban penjajah Yahudi mencaplok wilayah Palestina pada perang Nakbah di tahun 1948 membuat 700.000 penduduk Palestina terusir. Wilayah Palestina terus dikuasai sedikit demi sedikit dan hingga saat ini sudah 78% tanah Palestina dikuasai zionis Yahudi.

Saat ini, jumlah penduduk Palestina 12.070.000 orang, namun hampir 7 juta warga Palestina tinggal di luar Palestina dan berstatus sebagai pengungsi.

Penjajah Yahudi tidak hanya merampok tanah Palestina yang merupakan tanah wakaf umat Islam, tetapi juga menguasai masjid Al-Aqsha. Setiap hari, selama 69 tahun, tentara dan warga sipil Israel menodai kesucian Al-Aqsha yang memiliki luas 14 ha ini. Masjid ini merupakan masjid yang istimewa bagi kaum muslim setelah Masjidil Haram di Mekah dan masjid Nabawi di Madinah.

Kejahatan kemanusiaan lainnya yang dilakukan zionis Israel adalah menghujani wilayah Gaza dengan penderitaan yang tiada henti. Selama 12 tahun ini, Gaza diblokade dengan dikelilingi tembok berkedalaman 10 meter dan ketinggian 8 meter. Listrik dijatah hanya 3 jam tiap hari hingga menghambat aktivitas warga. Belum lagi penyerangan membabi buta yang dilakukan Israel terhadap Gaza di tahun 2008, 2012 dan 2014.

Semua kejahatan kemanusiaan yang dilakukan zionis Israel kepada bangsa Palestina adalah ingin menuntaskan perampokan hingga mereka bisa menguasai 100% tanah Palestina dan ingin merobohkan masjid Al-Aqsha dan membangun kuil Haikal tempat ritual ibadah mereka.

Dengan sejarah panjang penderitaan bangsa Palestina, sudah semestinyalah umat Islam sadar dan menjadikan persolan Palestina sebagai prioritas utama sebelum yang lainnya. Di pundak umat Islamlah tersemat amanah untuk mengembalikan tanah Palestina yang dirampok zionis Yahudi ke tangan  umat Islam (Palestina), komplek masjid Al-Aqsha harus juga kembali ke pangkuan umat Islam (Palestina). Juga tujuh juta penduduk Palestina yang menjadi pengungsi harus kembali ke tanah airnya dan semua warga Palestina yang sudah puluhan tahun berada dalam tahanan zionis Israel yang setiap saat mengalami penyiksaan, harus bebas. Kesejahteraan dan kebahagiaan bagi keluarga Palestina harus diwujudkan. Amanah-amanah tersebut adalah amanah umat Islam sedunia, bukan hanya amanah bangsa Palestina semata.

Atas dosa besar yang telah dilakukan kepada bangsa Palestina, sudah seharusnyalah hari ini Inggris meminta maaf kepada bangsa Palestina sekaligus mencabut keputusannya yang tertuang di surat perjanjian Balfour 100 tahun yang lalu.

(ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
palestina
balfour
nurjanah hulwani
adara relief internasional
 
BERITA LAINNYA
 
 
KOLOM
23 April 2020 14:15:57

RA Kartini, Alquran, dan Ramadan

 
ADVERTORIAL
03 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KOLOM
26 January 2020 06:03:26

Tantangan Tiga Masalah Gizi di Indonesia

 
KOLOM
22 April 2018 19:16:09

20 Tahun PK/PKS: Mendaki Jalan Terjal

 
KOLOM
13 February 2018 20:44:44

Empat Cara Bijak Atasi Anak Bermasalah

 
KOLOM
14 December 2018 21:22:13

Krisis Identitas

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284