ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 02 Desember 2020 | 17 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Panduan Mengikuti Kajian Online Bagi Muslimah

28 April 2020 06:23:13
Panduan Mengikuti Kajian Online Bagi Muslimah
Foto: Freepik

ChanelMuslim.com - Dampak dari diberlakukannya lockdown akibat pandemi COVID-19 yaitu maraknya kajian online yang dapat diikuti di media sosial seperti YouTube dan Facebook, juga aplikasi meeting online seperti Zoom. Namun, bagi muslimah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengikuti kajian online tersebut.

Mengikuti kajian online memang berbeda dengan kajian secara offline. Saat mendengarkan kajian online lewat YouTube dan Facebook, ibu-ibu bisa sambil memasak atau melakukan kegiatan lain karena tidak ada fitur interaktif seperti video yang memungkinkan pengguna terlihat di media sosial. Namun, lain halnya dengan aplikasi meeting online seperti Zoom dan Google Meet yang mempunyai fitur Video sehingga pengguna terlihat di layar. Untuk itu, perlu ada panduan khusus yang dipahami pengguna, terutama muslimah saat mengikuti kajian online tersebut.

Pertama, pakailah pakaian yang menutup aurat saat mengikuti kajian online. Usahakan berbusana muslimah yang rapi seperti saat mengikuti kajian di masjid. Ini merupakan salah satu adab dalam bermajelis dan menuntut ilmu.

Sebelum menekan tombol "Join Meeting", periksalah fitur Audio dan Video. Sebaiknya, fitur Audio dimatikan supaya tidak mengganggu jalannya kajian. Begitu pula fitur Video, jika tidak diperlukan untuk terlihat wajah pengguna, sebaiknya dimatikan. Apalagi jika kajian online diikuti oleh umum (muslim dan muslimah), mematikan fitur video sehingga tidak terlihat wajah dan aktivitas di dalam rumah merupakan salah satu bentuk menghindari fitnah.

Sebelum mengikuti kajian online, aturlah tempat duduk agar nyaman dan sebaiknya pilih latar dinding polos sebagai background. Beberapa kejadian dalam kajian online menyebabkan aurat rumah terlihat kepada publik karena fitur Video tidak dimatikan serta pemilihan tempat duduk yang tidak tepat, seperti di dekat kamar mandi atau kamar tidur. Contoh: istri atau anak perempuan tidak menggunakan hijab lewat di belakang pengguna, atau rumah berantakan dan lain-lain.

Gunakan fitur Chat saat tanya jawab dan nyalakan fitur Audio jika diizinkan Admin saat sesi tanya jawab. Siapkan buku catatan kecil untuk menulis hal-hal penting saat kajian. Dan yang terpenting adalah mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kajian online, bukan hanya aktif mengikuti banyak kajian tetapi tidak berpengaruh terhadap keimanan dan ketakwaan. Wallahua'lam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
panduan mengikuti kajian online bagi muslimah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
25 April 2020 08:00:01

Ramadan, Jadikan Rumah Bertipe Masjid

 
KHAZANAH
11 June 2020 06:14:36

Menikah, Antara Cinta dan Ibadah

 
KHAZANAH
03 May 2020 14:34:27

Mana yang Benar: Zakat Fitrah atau Zakat Fitri

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284