ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 23 Oktober 2020 | 7 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Konsumsi Kunyit Tingkatkan Memori dan Mood Belajar

30 January 2018 12:35:59
sehat, memori, belajar, kunyit, kognitif
Foto: Organic Daily Post

ChanelMuslim.com – Kunyit sebagai salah satu bahan untuk membuat minuman tradisional berupa jamu ini memang sudah terbukti berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan meminum minuman hasil olahan kunyit seperti jamu atau jus kunyit. Ternyata, mengonsumsi kunyit juga membantu meningkatkan memori otak dan mood untuk belajar.

Dikutip dari IndianExpress, penelitian yang dilakukan terhadap empat puluh orang dewasa berusia 50 hingga 90 tahun untuk menjalani penilaian kognitif pada awal penelitian hingga selama 6 bulan dan dilakukan pengawasan terhadap level kurkumin dalam darah pada awal penelitian hingga setelah 18 bulan. Sejumlah orang kunyit mengalami perbaikan secara signifikan dalam hal ingatan dan kemampuan perhatian mereka.

Dalam tes ingatan, orang yang mengonsumsi kurkumin yang banyak terdapat dalam kunyit meningkat 28 persen selama 18 bulan. Mereka yang mengonsumsi kurkumin juga mengalami perbaikan dalam mood belajar dan pemindaian PET otak mereka menunjukkan sinyal amiloid yang jauh lebih sedikit di amigdala dan hipotalamus. Amigdala dan hipotalamus adalah daerah otak yang mengendalikan beberapa memori dan fungsi emosional.

"Hasil ini menunjukkan bahwa kandungan kurkumin yang relatif aman dalam kunyit bisa memberi manfaat kognitif yang berarti selama bertahun-tahun," kata Gary Small, dari University of California, Los Angeles di Amerika Serikat.

Sebelumnya, kurkumin dalam kunyit telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kurkumin memiliki kemampuan juga untuk mengurangi peradangan otak yang bisa dikaitkan dengan penyakit Alzheimer dan depresi berat. Untuk itu disarankan bagi para penderita Alzheimer agar selalu mengonsumsi kunyit setidaknya dua kali sehari sebanyak 90 miligram.

Jadi, jangan tunda lagi untuk rutin mengonsumsi kunyit sejak dini agar daya ingat tetap kuat dan stabilitas emosional tetap terjaga terutama untuk meningkatkan mood belajar. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
sehat
memori
belajar
kunyit
kognitif
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
 
KESEHATAN
04 December 2017 12:34:08

Musim Penghujan Datang, Jaga Keluarga dari Penyakit Ini

 
KESEHATAN
29 March 2019 05:45:03

Mengenal Quinoa dan Manfaat Kesehatannya

 
KESEHATAN
21 March 2019 10:21:06

Manfaat Kesehatan Konsumsi Seledri

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284