ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KELUARGA

Keluarga, Harta Paling Mahal yang Dimiliki Seorang Muslim

16 January 2019 10:22:58
Keluarga
Ilustrasi, foto: Alamy.

ChanelMuslim.com- Keluarga bukan sekadar kelompok manusia yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Lebih dari itu, keluarga merupakan kekayaan seseorang yang tidak akan senilai dengan benda apa pun.

Setiap orang selalu memiliki keluarga. Ia bisa sebagai ayah, ibu, atau anak. Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa tingginya nilai sebuah keluarga.

Terlebih lagi sebagai muslim. Keluarga bukan lagi sekadar kebutuhan sosial yang paling dekat, melainkan sebuah aset yang tidak akan mengenal kata bekas dan akan terus langgeng hingga di kehidupan berikutnya.

Aset dunia dan akhirat

Hubungan orang tua dan anak adalah hubungan abadi yang tidak mengenal kata bekas. Rumah bisa menjadi bekas ketika sudah dijual. Begitu pun dengan harta-harta yang lain.

Namun, hubungan orang tua dan anak-anak tidak akan putus karena dipisah oleh kematian. Keduanya akan saling terhubung satu sama lain. Dan saling memberikan keuntungan berupa doa, pahala, dan keberkahan; di dunia dan akhirat.

Allah swt. berfirman dalam Surah Ath-Thur ayat 21.

firman-Nya:

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ رَهِين

Orang-oranng yang beriman, dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikit pun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” 

Sebagai benteng dari keburukan dunia dan azab neraka

Sebelum berinteraksi dengan dunia luar yang beraneka warna, seorang manusia bergaul dan hidup bersama anggota keluarga. Inilah umat atau jamaah pertama manusia yang saling memberikan penjagaan satu sama lain. 

Penjagaan ini bersifat permanen, mulai dari bayi hingga seorang manusia menemukan kematian. Penjagaan bisa mencakup fisik yang terlindungi dan terjaga kesehatan dan kesejahteraannya; juga penjagaan kejiwaan berupa keimanan dan ketakwaan untuk senantiasa berada ridha Allah swt. hingga datang kematian.

Allah swt. berfirman, 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

[at-Tahrîm/66:6]

Ketika ada kelalaian, masing-masing anggota keluarga wajib memberikan teguran dan arahan. Suami terhadap isteri, juga sebaliknya. Dan, orang tua terhadap anak-anak, juga sebaliknya. 

Semua terbingkai dalam saling memberikan wasiat dalam kebenaran, kesabaran, dan kasih sayang. 

Masih banyak keutamaan lain dari tingginya nilai sebuah keluarga. Karena itu, penumbuhan, perawatan, dan penjagaan keutuhan keluarga menjadi prioritas yang dilakukan seorang muslim.

Apa pun boleh hilang, bisa tak lagi menjadi bagian hidup kita. Tapi keluarga, ia tak akan menyamai dengan harta apa pun yang dimiliki. 

Keluarga harus mendapatkan pembiayaan yang lebih utama dari pembiayaan harta apa pun yang kita miliki. Terutama, pembiayaan pendidikan, agama, dan kesalehan mereka.

Tidak ada warisan yang paling berharga yang diberikan para orang tua kepada anak-anak mereka melebihi pewarisan keimanan dan ketakwaan. (mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
24 February 2017 21:47:43

Menjaga Anak Remaja

 
KELUARGA
24 May 2018 22:33:30

Ramadan dan Muatan Keharmonisan Keluarga

 
KELUARGA
01 April 2017 21:56:06

Every Childs is Unique

indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284