ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
INFO BISNIS

Bangun Sinergi Edukasi Literasi Perbankan Syariah, BNI Syariah Bentuk JES Kendari

23 November 2018 14:52:59
Bangun Sinergi Edukasi Literasi Perbankan Syariah, BNI Syariah Bentuk JES Kendari
Bangun Sinergi Edukasi Literasi Perbankan Syariah, BNI Syariah Bentuk JES Kendari

ChanelMuslim.com--Kendari, 22 November 2018. Bertempat di Hotel Same, Kendari BNI Syariah bersama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) mengadakan acara “Bincang-bincang bersama Jurnalis” dengan tema Trend Perbankan Syariah 2018 bersamaan dengan Launching Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) serta pelantikan Asosiasi Perbankan Syariah (Asbisindo) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Kendari. Hadir dalam acara tersebut Perwakilan Walikota Kendari, Makmur; Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono; Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution; Perwakilan Ketua MUI Sultra, Sukring Syamsuddin; Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari, Muhammad Nur; Wakil Rektor Universitas Haluoleo, Weka Widayati; Direktur Kepatuhan dan Risiko BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi; Direktur Eksekutif Asbisindo, Herbudhi S. Tomo; Ketua Harian SPS Pusat, Ahmad Djauhar; Corporate Secretary BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari dan Pemimpin Cabang BNI Syariah Kendari, M. Hatta Tajang.

“Dengan telah diberlakukannya UU No. 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah maka perkembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi syariah secara cepat serta diharapkan dapat memberikan kontribusi besar perekonomian nasional sekaligus perekonomian di kota Kendari," pesan yang disampaikan Makmur, saat pengantar diskusi.

Lebih lanjut Makmur menyampaikan, “Karakteristik perbankan syariah berdasarkan prinsip keadilan memberikan alternatif system perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank. Mengutamakan aspek keadilan dalam bertransaksi, mengedepankan nilai kebersamaan serta persaudaraan dan menghindari spekulatif dalam transaksi sehingga perbankan syariah menjadi alternatif sistem yang kredibel dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat”.

“Perbankan syariah yang terus tumbuh perlu terus didorong melalui pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan syariah melibatkan seluruh stakeholders termasuk jurnalis dalam mempublikasikan informasi yang transparan, profesional, jujur, objektif, akurat dan berpihak pada kepentingan umum sesuai dengan harapan masyarakat. Kehadiran komunitas Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) Kendari berperan strategis dalam membantu mengembangkan industri syariah, praktisi syariah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah kota Kendari sangat mensuport dan apresiasi dalam kolaborsi kerjasama BNI Syariah dan rekan wartawan membentuk Jurnalis Ekonomi Syariah (JES). Kami menghimbau kepada seluruh pihak untuk berperan dalam mengembangkan ekonomi syariah di Kota Kendari”, pungkas Makmur.

Kepala Perwakilan BI Sultra, Minot Purwahono menyampaikan, “Indonesia memiliki harapan untuk menjadi pemain utama dalam produk ekonomi syariah melalui penguatan 3 pilar yang saling berhubungan yaitu halal supply chain dalam bentuk pembiayaan kepada UMKM, serta pengembangan kemandirian perekonomian syariah melalui pesantren. Selain itu, alternatif pembiayaan syariah dalam pengembangan infrastruktur diantaranya melalui surat berharga sukuk ritel, dan literasi perbankan syariah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat”.

“Jurnalis dapat mentransmisikan penyampaian kebijakan yang dikeluarkan oleh regulator serta mempublikasikan produk-produk lembaga keuangan syariah kepada masyarakat agar masyarakat dapat memahami memanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya,” papar Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution.

Ketua MUI Sultra, Sukring Syamsuddin menyampaikan, “Ekonomi syariah diperuntukkan bagi kemaslahatan umat, dengan tumbuhnya ekonomi syariah dapat meningkatkan keberkahan dan rizki dari Allah subhanahu wata’ala. Dalam hal ini Dewan Syarah Nasional (DSN) MUI memiliki fungsi dan tugas untuk turut serta dalam mendorong ekonomi umat,”

Kinerja dan Layanan BNI Syariah

BNI Syariah sebagai bagian dari BNI Incorporated merupakan anak perusahaan BNI diawali dari Unit Bisnis Strategis bagian dari BNI yang mulai beroperasi sejak 29 April 2000 kemudian statusnya meningkat (spin off) menjadi Bank Umum Syariah (BUS) pada 19 Juni 2010. Per September 2018 telah memiliki aset sebesar Rp38,9 Triliun dengan jumlah nasabah lebih dari 2,8 juta dan jaringan sebanyak 353 outlet yang tersebar diseluruh Indonesia ditambah lebih dari 1.584 Syariah Channeling Office (SCO) Kantor Cabang BNI yang dapat melayani pembukaan rekening BNI Syariah.

Kinerja BNI Syariah triwulan 3 tahun 2018 mengalami pertumbuhan yang semakin positif. Laba bersih mencapai Rp306,6 Miliar atau naik 24,3 persen dari bulan September tahun 2018 sebesar Rp246,6 Miliar. Cerminan pertumbuhan terlihat dari aset BNI Syariah pada triwulan 3 tahun 2018 yang mencapai Rp38,9 Triliun atau naik sebesar 21,5 persen year on year (yoy) dari triwulan 3 tahun 2017. Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan industri sebesar 14,2 persen (data SPS per Agustus 2018 BUS-UUS).

Dari sisi bisnis, BNI Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp26,9 Triliun atau naik 19,3 persen yoy dengan kontribusi pembiayaan terbesar pada segmen Konsumer sebesar Rp13,6 Triliun (50,8%) diikuti oleh segmen Komersial sebesar Rp6,1 Triliun (22,5%), segmen Kecil dan Menengah Rp5,8 Triliun (21,5%), segmen Mikro Rp1,0 Triliun (3,8%) dan Hasanah Card Rp394 Miliar (1,5%).

Selain pembiayaan, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp33,5 Triliun atau naik 21,4 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan industri sebesar 9,6 persen (data SPS per Agustus 2018 BUS-UUS) dengan jumlah nasabah sebesar 2,8 juta.

Sejalan dengan pertumbuhan kinerja BNI Syariah yang positif, kinerja Kantor Cabang Kendari juga terus meningkat. Alhamdulillah hal ini membuktikan kehadiran BNI Syariah diterima baik oleh warga Sulawesi Tenggara. Per Oktober 2018 aset BNI Syariah Kendari mencapai Rp 264,9 Milyar dengan total Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun sebesar Rp 95,4 Milyar dan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 169,4 Milyar. BNI Syariah memiliki Kantor Cabang di Wilayah Sulawesi Tenggara sebanyak 6 outlet yaitu 2 outlet di Kendari dan 1 outlet masing-masing di Kolaka, Kolaka Utara, Raha serta Baubau dengan didukung 12 outlet Shariah Channeling Office (SCO) BNI. Kantor Cabang Utama BNI Syariah Kendari berlokasi di Jl. MT Haryono No. 155.

BNI Syariah senantiasa menjadi mitra yang Hasanah (Hasanah Banking Partner) dengan mendampingi seluruh nasabah melalui layanan dan produk unggulan sejak lahir sampai mempersiapkan kehidupan di akhirat kelak yang kami namakan dengan Hasanah Way seperti tabungan BNI iB Hasanah, BNI Griya iB Hasanah, BNI iB Hasanah Card dan produk unggulan lainnya. Saat ini perkembangan era digital dan financial technologi, mendorong BNI Syariah untuk terus ber-inovasi dengan meluncurkan aplikasi Wakaf Hasanah, Hasanah Personal, dan Tapcash untuk pembayaran tol, kereta, commuterline, busway, parkir dan pembayaran lainnya yang bekerjasama dengan BNI. Berkat kepercayaan dari seluruh mitra stakeholders inilah sampai dengan Oktober 2018 BNI Syariah telah memperoleh 40 penghargaan dari media dan berbagai institusi, salah satunya kinerja terbaik 5 tahun berturut-turut dari Infobank serta penghargaan The Best Islamic Finance Commercial Bank in Indonesia tahun 2018 di wilayah Asia Tenggara dari Alpha Southeast Asia.

Jurnalis Ekonomi Syariah (JES)

JES merupakan forum wartawan yang meliput tentang ekonomi syariah didirikan di Rumah Jambu Luwuk, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 6 November 2010 bersamaan dengan press gathering BNI Syariah. Sampai saat ini telah terbentuk forum wartawan JES di 13 kota yaitu Jakarta, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Makassar, Palu, Banda Aceh, Padang, Bandung, Medan dan Balikpapan. Pada kesempatan ini akan dibentuk JES ke-14 di Kendari mencakupi wilayah Sulawesi Tenggara.

Selain acara diskusi, dilakukan pelantikan pengurus JES Kendari dimana pembentukannya telah dilakukan sehari sebelumnya bertepatan saat Musyawarah Cabang SPS di Hotel D’Blitz, Kendari (21/11). Selain itu, dalam kesempatan yang sama dilaksanakan juga pelantikan kepengurusan Asbisindo dan MES Propinsi Sulawesi Tenggara.

Susunan kepengurusan JES Kendari:

Ketua : Rustam Zamaluddin-Tenggaranews.com

Wakil Ketua : Emilya-Kendari Pos

Sekretaris : Supriyanto-Harian Rakyat Sultra

Bendahara : Clara-Penasultra.com

Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah Asbisindo (DPW Asbisindo) Propinsi Sulawesi Tenggara Periode 2018 – 2021

Badan Penasehat :

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Propinsi Sulawesi Tenggara

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kendari

Badan Pengawas :

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Propinsi Sulawesi Tenggara

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Propinsi Sulawesi Tenggara

Pengasuh Pondok Pesantren Mu’az Bin Jabal Kendari (Ustadz Zezen Zainal Mursalin)

Badan Pengurus :

Ketua Umum : Andi Muhammad Hatta Tajang (BNI Syariah)

Sekretaris : Fitrawan (Muamalat)

Bendahara : Anton Wibisono (BNI Syariah Mandonga)

Ketua Bidang 1 Eksternal :

M. Aksar Saweringading (Mega Syariah)

Asri Sulistyo (BTPN Syariah)

Masriyadi Majid (BNI Syariah)

Zayanah (BTPN Syariah)

Firmansyah (BNI Syariah Mandonga)

Ketua Bidang 2 Internal :

Renov Islami Reza (BRI Syariah)

Dadang Ruhiyat (Bank Syariah Mandiri)

Muh. Iqbal Azis (BRI Syariah)

Akbar (Mega Syariah)

Musrifin (Muamalat)

Sinta Ayu (Bank Syariah Mandiri)

Susunan Kepengurusan Masyarakat Ekonomi Syariah (DPW MES) Propinsi Sulawesi Tenggara

Dewan Pembina

Ketua : Gubernur Sulawesi Tenggara

Sekretaris : Ketua MUI Prov. Sultra

Anggota :

Ketua DPRD Prov. Sultra

Kakanwil Kemenag Prov. Sultra

Walikota Kendari

Kepala Perwakilan BI Prov. Sultra

Kepala Kantor OJK Prov. Sultra

Ketua PW NU Sultra

Ketua PW Muhammadiyah Sultra

Dewan Pakar

Ketua : Prof. Abdullah Alhadza

Sekretaris : DR. H. Nur Alim, MPd

Anggota :

Ust. Zainal Murzalin

DR. Amiruddin, M. Hum

Prof. Hasan Aedy

Khaerul K. Raden

Ketua Asbisindo Sultra, Andi Muhammad Hatta Tajang

Direktur LPPOM – MUI

Badan Pengurus Harian

Ketua Umum : Ahmad Al Jufri

Ketua I : Samsul Anam, SE, M. Ec. Dev

Ketua II : DR. La Utu, SE, MM

Sekretaris : La Ode Ali Musa

Wakil Sekretaris : Rahayu

Bendahara : Evi Sutriana

Wakil Bendahara : Kumala Rauf

Bidang Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Insani

Prof. DR. Samdin, SE.,M.Si (Ketua)

DR. H. Musadar Mappasomba

DR. Gamsir

H. Muh. Syukur, SE, M.Si

H. Abdul Kadir, S.Ag.,MM

Irna Eliza S.Psi

Bidang Sinergi Industri Keuangan dan Pasar Keuangan Syariah

Amiruddin Muhidu (Ketua)

Dadang Ruchiat

Fitrawan

Renov (BRI Syariah)

Asri (BTPN Syariah)

Aksar (Mega Syariah)

Anton (BNI Syariah)

Sitti Zakiah

Amal (BMT Amanah)

Bidang Pemberdayaan dan Kemitraan

Surya Alamsyah (Ketua)

Asman Hadianto

Ibu Nurhayati Marzuki

Megawati Nasir

Samsul Marhalim, SP

Zaenal (BSM)

Makmur Ibnu Hajar, SE.,M.Sc

Mahmud Al-Habsy

Bidang Perhotelan, Travel, Ekonomi Kreatif dan Destinasi Wisata Halal

Mukhlis (Hotel D’Blitz)

H. Nurdin Tompo (Hotel Putri Wisata)

Ketua IPEMI Sultra

Amir Ali

Isnawaty

Widya Yamin

DR. Alifuddin, S.Ag

Rafiudin, SKM

Bidang Perdagangan, Logistik dan Produk Halal

Reni E. Daga, Apt

Muhammad Ali

Ibu Salmawati Dachri

Nasrullah

H. Iksan Naharuddin

H. Hasanuri, SH.,M.Hi

Dr. Kamarudin

[ind/rilis]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
bangun sinergi edukasi literasi perbankan syariah
bni syariah bentuk jes kendari
 
BERITA LAINNYA
 
 
INFO BISNIS
27 November 2017 09:32:15

Harta Produktif vs Harta Pakai

 
INFO BISNIS
28 December 2017 15:35:47

Pessona Hotel, Hotel Berkonsep Halal di Kota Semarang

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284