ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Brussels Jadi Tuan Rumah Festival Kuliner Para Pengungsi

27 June 2018 01:54:48
Brussels Jadi Tuan Rumah Festival Kuliner Para Pengungsi

ChanelMuslim.com - Pengungsi asal Iran keturunan Afghanistan berada di antara sekelompok pengungsi yang menjadi chef selama beberapa hari di beberapa restoran di Brussels pada pekan lalu. Mereka ambil bagian dalam festival internasional yang bertujuan menyatukan orang-orang dari berbagai kalangan di meja makan.

Dalam Festival Kuliner Pengungsi, para pengungsi bisa memasak makanan khas daerahnya di berbagai restoran dan para penduduk setempat juga mendapat kesempatan mencoba berbagai makanan baru. Kegiatan tersebut bertujuan menghilangkan ketegangan yang mewarnai isu imigrasi di Eropa menyusul krisis pengungsi pada 2015.

"Hari pertama tidak mudah, tapi hari ini semuanya berjalan lebih baik," kata seorang pengungsi bernama Akbari, seperti dikutip oleh Reuters. Akbari sering memasak di rumah, tapi dia bukan koki profesional.

"Saya senang dengan pengalaman baru ini, teman-teman baru dan mencicipi kuliner baru. Dan menemukan pengalaman kuliner baru. Ini kesempatan yang sangat berharga buat saya."

Festival yang dimulai dua tahun lalu di Paris, kini telah menjadi acara global yang diselenggarakan oleh Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) dan sebuah lembaga swadaya masyarakat, Food Sweet Food. Restoran-restoran di berbagai kota, seperti New York, Cape Town dan Amsterdam, menyambut para pengungsi bekerja di dapur-dapur mereka.

"Ide utama Festival Kuliner Pengungsi adalah makan bersama-sama, berbagi dan makan bersama," kata penyelenggara Raphael Beaumont.

Para pelanggan juga menyambut antusias inisiatif tersebut. Pemilik restoran Le Mess, Marie-Pascale Van Hamme, mengatakan sebagian besar kliennya yang tidak datang untuk sekedar mencicipi sajian Akbari, malah memesan makanannya. Pelanggan lainnya mengatakan mereka memang datang dengan tujuan untuk mencicipi makanan Iran yang disajikan dalam tiga tahap.

"Karena kita hidup di tengah masa-masa yang sulit karena migrasi, kegiatan-kegiatan seperti ini membangkitkan rasa kemanusiaan dan membuat kita menjadi lebih dekat," kata Barbara Verjans, seorang pelanggan, sambil menikmati makanan penutup buatan Akbari.

Bagi sebagian orang, festival itu menjadi batu loncatan. Seorang pengungsi Suriah berhasil mendapat pekerjaan sebagai pembuat minuman koktail di festival musik Belgia, Pukkelpop, yang biasanya dihadiri artis-artis terkenal seperti Rihanna dan Foo Fighters. Dan keberhasilan itu berkat partisipasinya di Festival Kuliner Pengungsi.

Untuk festival Belgia berikutnya, para penyelenggara berharap bisa memperluas program tersebut di kota-kota lain di negara itu.[ah/voa]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga