ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 22 Mei 2019 | 17 Ramadhan 1440 H
Login | Register

 
Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

Jangann Takut Berzakat Karena Zakatmu Sangat Bermanfaat Tunaikan Zakat

 
 
 
 
AYAH BUNDA

7 Persiapan Menyambut Ramadhan

25 April 2019 15:06:36
persiapan,ramadhan
pexels.com

ChanelMuslim.com – Ramadhan tinggal menghitung hari. Kita akan memasuki bulan yang penuh dengan kebaikan dan pintu keberkahan serta pengampunan. Rasanya tidamenjadi optimal jika kita tidak mempersiapkan Ramadhan kita dengan baik. Ada tujuh langkah yang bisa kita lakukan dalam mempersiapkan Ramadhan,

1. Senantiasa bertobat dengan tulus

Jangan tunggu sampai Ramadhan untuk bertobat. Bertobatlah sekarang dan minta Allah untuk mengampuni dosa-dosa sehingga kita pergi ke bulan Ramadhan tanpa dosa.

Terus ucapkan 'Astaghfirullah' saat kita berjalan, memasak, tertidur, dan dalam aktifitas lainnya. Jadikan ucapan istigfar menjadi kata yang biasa keluar dari lidah kita.

2. Menahan diri dari dosa-dosa kecil

Ramadhan adalah kesempatan untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasan ini seringkali kita lakukan sehingga terkadang kita tidak menyadarinya jika itu salah. Kebiasaan-kebiasaan itu misalnya berkata kasar atau berbohong. Buatlah daftar semua kebiasaan buruk yang harus kita tinggalkan sebelum Ramadhan dan mulailah mengerjakannya sebelumnya. Ketika Ramadhan datang, insyaAllah Anda akan mudah meninggalkan kebiasaan buruk itu.

3. Ganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik

Nabi SAW berkata, Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik‘” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih’)

Perbuatan baik akan menghapuskan perbuatan buruk. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti menghidupkan kembali sunnah kecil dalam kehidupan kita. Mulailah melakukan shalat shalat Sunnah jika belum sempat melakukannya dan berikan sedikit amal sesekali. Semoga melakukan lebih banyak perbuatan baik akan membantu kita meninggalkan kebiasaan buruk.

4. Perbanyak doa yang tulus

Jangan pernah meremehkan kekuatan doa. Ketika kita mengangkat tangan memohon kepada Allah, melakukan percakapan pribadi dan emosional dengan Allah. Kesempatan yang luar biasa bukan, Masya Allah Tabarakallah.

Mintalah kepada Allah untuk memberi kita kemampuan untuk berubah menjadi lebih baik dan mohonlah pada Allah agar kita dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara sebaik mungkin sehingga menjadi lebih dekat dengan-Nya.

5. Mencari ilmu, mengamalkan dan menyebarkannya

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Mencari pengetahuan tentang ibadah-ibadah sebelum Ramadhan sehingga kita bisa memastikan jika kita melakukan ibadah dengan benar dan optimal. Cari tahu hal-hal mana yang membatalkan puasa dan hal-hal lain yang terkait dengannya. Kita akan menghargai setiap detik waktu yang kita habiskan dalam mencari pengetahuan.

6. Jadwalkan tilawah al quran dan cobalah untuk memahaminya

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” (QS. 38:29)

Jadikan Al quran sebagai bagian dari kehidupan kita sehari-hari, meski itu hanya melafalkan beberapa ayat dan juga mencoba membaca terjemahan dari apa yang kita baca. Kita juga bisa mendatangi majelis kajian tafsir untuk mendengar seorang ahli tafsir al quran menerangkan tentang al quran sehingga kita mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Senantiasa untuk melakukan wudhu dan tilawah quran. Latihlah pikiran kita untuk memiliki kebiasaan spiritual itu setidaknya beberapa menit sehari untuk memulai, kemudian tingkatkan waktunya.

7. Buat daftar tujuan yang ingin kita capai selama bulan Ramadhan

Sangat penting untuk membuat rencana dan menetapkan tujuan yang ingin kita capai. Ini bisa berupa apa saja seperti mempelajari doa, surat baru atau mencoba membaca Al quran satu juz atau lebih setiap hari selama bulan Ramadhan sehingga begitu Ramadhan selesai kita bisa mengkhatamkan membaca al quran sekali atau lebih.. Buatlah rencana harian dan cobalah untuk menetapkan sendiri target yang realistis dan dapat dicapai.

Ada pepatah, “jika Anda gagal merencanakan, Anda berencana untuk gagal’. Mari kita dapatkan semua keberkahan sebagai tabungan menuju surga sepanjang bulan Ramadhan. Semoga kita Allah menyampaikan hidup hingga ke bulan Ramadhan yang diberkahi, bulan di mana iman dan pengetahuan tentang Islam kita tumbuh. Aamiin ya Rabb. [Maya]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
persiapan
ramadhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
16 March 2019 15:04:18

Resep Gembira untuk Orang Tua ala Seto Mulyadi

 
AYAH BUNDA
09 October 2018 22:12:17

Simak Tips Penting Digital Parenting ala Rifky Syabani

 
AYAH BUNDA
24 February 2019 21:16:14

Wah, Anak Hebat

 
AYAH BUNDA
21 December 2017 21:22:43

Bahagia Rekayasa

 
AYAH BUNDA
30 September 2018 16:51:15

Mien Uno: Orang tua Harus Kompak dalam Mendidik Anak


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284