ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 19 Juni 2019 | 15 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Meraih Hidup Tenang dengan Shalat dan Sabar

11 June 2019 11:44:03
hidup,tenang,shalat,sabar
pexels.com

 

ChanelMuslim.com – Ranti sedang bersedih. Komunikasi dengan suaminya tidak berjalan dengan baik. Selalu ada selisih paham. Puncaknya terjadi dua hari lalu, Ranti marah pada suaminya karena selalu pulang malam tanpa kabar. “Kenapa nggak kasih kabar kalau pulang malam, Mas. Ditelpon juga nggak bisa!” Suaminya malah menyebutnya tidak pengertian. Ranti kesal dan cuma bisa menangis. Selama dua hari dia dan suaminya saling diam.

Dalam hidup, tidak terkecuali dalam kehidupan pernikahan masalah akan selalu mewarnai hidup kita. Selisih paham antar suami istri hingga persoalan ekonomi akan menjadi makanan sehari-hari. Sebesar apa pun masalahnya, semua itu pasti akan bisa diatasi seiring kita memohon solusi kepada Allah dengan sabar dan shalat

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

Aid Al-Qarni dalam buku fenomenalnya La Tahzan menuturkan bahwa jika Rasulullah diimpa sebuah ketakutan, maka beliau akan segera melakukan shalat. Suatu waktu beliau berkata kepada Bilal, “Ketenanganku ada pada shalat.”

Lebih lanjut Aid Al-Qarni menjelaskan, “Jika hati terasa sesak, masalah yang dihadapi terasa sangat rumit dan tiup muslihat sangat banyak, maka bersegeralah datang ke tempat shalat, dan shalatlah.”

Kita banyak menemukan riwayat yang menuturkan bahwa Nabi di kala shalat sungguh sangat thuma’ninah dan bisa dikatakan cukup panjang, utamanya kala beliau shalat sendiri di malam hari. Bahkan Aisyah ra pernah menuturkan, kaki Rasulullah sampai bengkak karena lamanya shalat beliau.

Semua itu tidak lain karena beliau sedang mengadu, memohon, dan berharap kepada Allah agar segala rusan yang berkaitan dengan umat Islam diberikan jalan, diberikan kemudahan, diberikan keberkahan, sehingga umat Islam bisa menjadi umat terbaik yang mampu menjadi tauladan bagi seluruh umat manusia di muka bumi ini.

Apa yang Rasulullah lakukan menjadi teladan kita dalam melakukan permohonan kepada Allah melalui shalat, tentu sangat tidak santun jika dilakukan dengan tergesa-gesa. Shalat harus dilakukan dengan tenang dan sabar.

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقاً نَّحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya.” (QS. Thaha [20]: 132).

Shalat bukanlah ibadah ritual semata, ia adalah sumber kekuatan dan ketenangan kita. Shalat adalah saat manusia menyerap kekuatan Ilahiyah untuk menghadapi kehidupan di dunia yang serba fana ini sehingga kita bisa menghadapi setiap persoalan hidup dengan tenang dan cerdas. Sejatinya dalam shalat ada saat seorang hamba sangat dekat dengan Robnya yaitu ketika sedang sujud.

“Sedekat-dekat seorang hamba kepada Tuhannya yaitu ketika ia sujud, maka perbanyaklah berdo’a di dalam sujud.” (HR. Muslim).

Bersama dengan shalat, dalam menghadapi masalah kita juga harus bersabar. Menurut Aid Al-Qarni sabar adalah kemampuan jiwa untuk senantiasa berlapang dada, berkemauan keras, serta memiliki ketabahan yang besar dalam menghadapi masalah kehidupan.

Sabar adalah perkara tersulit yang bisa dilakukan oleh manusia karena sifat dasar manusia itu tergesa-gesa. Kita selalu ingin segalanya selesai dalam waktu yang singkat. Padahal ada hal-hal yang membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya. Ketika doa-doa tidak juga terkabul, kita langsung terpuruk dan menjadi malas beribadah. Kita lupa jika Allah berjanji akan ada kabar gembira bagi orang-orang yang sabar.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 155).

Mungkin akan membutuhkan waktu dalam setiap persoalan. Mungkin tidak cukup hanya sehari, seminggu atau sebulan setiap persoalan itu bisa diatasi. Bahkan mungkin membutuhkan tahun-tahun yang harus dijalani dengan kesabaran. Tugas kita sebagai manusia adalah terus berusaha dan tidak berputus asa. Yakinlah Allah akan selalu memberikan kita yang terbaik dan yakinlah bahwa segala doa akan selalu dikabulkan oleh Allah. Semua akan indah pada akhirnya.

Ranti baru saja melipat sejadahnya. Dia habis mengadukan sesak hatinya kepada Allah. Matanya sembab dan hidungnya merah. Jam menunjukan pukul delapan malam ketika sebuah pesan singkat dari suaminya masuk ke telepon genggamnya. Pesan singkat itu tertulis, Aku lagi di tukang sate padang. Kamu mau nggak? [Maya]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
hidup
tenang
shalat
sabar
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
01 May 2018 21:06:58

Memperluas Ruang Pandang

 
SUAMI ISTRI
20 July 2018 07:00:02

Rizki Minallah

 
SUAMI ISTRI
08 October 2018 20:20:47

Fenomena Tanah Bergerak dan Kampung yang Tenggelam

 
SUAMI ISTRI
21 July 2018 06:00:02

Adam dan Hawa

 
SUAMI ISTRI
17 December 2018 08:55:00

Kelakar Poligami, Pelecehan Seksual?


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284