ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 16 November 2018 | 7 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Sinar Biru yang Berbahaya bagi Buah hati

27 July 2018 07:14:15 #sinar #biru #berbahaya #mata
Marta Branco via Pexels.com

ChanelMuslim.com – Andi mengeluh pada ibunya, “Bu, mataku kenapa yah. Sekarang aku tidak bisa melihat jelas ke papan tulis di kelas.” Anak SD kelas empat itu mengerjapkan matanya. Esok harinya, ibu membawa Andi ke dokter mata untuk memeriksa matanya. Dari pemeriksaan itulah akhirnya diketahui jika  mata Andi sudah harus menggunakan kacamata. Yang kiri minus 2 dan yang kanan minus 2,5. Dokter sempat bertanya, apakah Andi punya kebiasaan berlama-lama menggunakan gawai. Ibu menjawabnya, “Ah Andi itu gila main game di handphone, Dok. Bisa berjam-jam di depan handphone lalu pindah main di laptop.”

Penggunaan gawai memang bisa memudahkan kehidupan manusia. Namun jika digunakan secara berlebihan, dampaknya tidak baik bagi kesehatan kita. Penggunaan komputer, laptop, ponsel cerdas, atau alat elektronik lain yang memancarkan radiasi sinar biru akan menyebabkan eye strain. Eye Strain adalah ketegangan pada retina mata yang dapat berdampak pada kerusakan mata.

Radiasi sinar biru langsung diterima oleh mata yang dapat menyebabkan ketegangan (eye strain). Eye strain dapat menyebabkan kerusakan mata. Kerusakan tersebut dihasilkan dari radikal bebas yang dipicu oleh radiasi sinar biru. Radikal bebas yang dimaksud adalah senyawa-senyawa yang mampu menembus jaringan terdalam mata dan merusak jaringan tersebut seperti debu, bakteri dan lainnya.

Sinar biru merupakan sinar yang spektrumnya berada di dekat sinar ultraviolet (UV) dengan panjang gelombang 400-495 nm1. Sedangkan radiasi sinar biru yang dipancarkan oleh piranti elektronik (ponsel cerdas, televisi, komputer, dll) mempunyai panjang gelombang 400-440 nm2 .

Gejala penyakit akibat eye strain ini diantaranya adalah sakit kepala (pusing), penglihatan kabur, susah tidur, serta mata terasa kaku dan tegang. Eye strain ini menempati peringkat ketiga dalam penyebab kebutaan.

Baca juga : Adab Memasuki Kamar Orangtua

Inilah alasan mengapa Ayah Bunda perlu membatasi penggunaan gawai pada anak. Salah satunya adalah bahayanya sinar biru bagi mata anak-anak yang baru saja berkembang. Organisasi Dokter Anak Amerika, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak hingga usia dua tahun tidak sama sekali terpapar gawai. Orangtua harus focus pada tumbuh kembang anak agar anak tumbuh dengan sehat dan gembira. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
sinar
biru
berbahaya
mata
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
16 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
30 March 2018 12:31:52

5 Pemicu Stres Pada Anak

 
PARENTING
24 July 2018 21:50:02

Panduan Penggunaan Gawai bagi Anak

 
PARENTING
14 September 2018 10:35:06

Great Mother Great Family


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga