ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 20 Juni 2019 | 16 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Metode Penanam Aqidah Yang Menggugah Jiwa

13 March 2018 08:25:47
#parenting #islam #ayahbunda #ibnuabbas #kids
pexels.com

ChanelMuslim.com - Abdullah ibnu ‘Abbas –radhiyallahu ‘anhuma– menceritakan, suatu hari saya berada di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda, “Wahai pemuda, aku ajarkan kepadamu beberapa untai kalimat: Jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya kau dapati Dia di hadapanmu. Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah, dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh umat bersatu untuk memberimu suatu keuntungan, maka hal itu tidak akan kamu peroleh selain dari apa yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan andaipun mereka bersatu untuk melakukan sesuatu yang membahayakanmu, maka hal itu tidak akan membahayakanmu kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk dirimu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad)

Abdullah Ibnu Abbas adalah anak Abbas, paman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia lahir tiga tahun sebelum hijrah. Ketika Rasulullah wafat, dia baru berumur tiga belas tahun.

Ketika dia lahir, ibunya membawa dia untuk menemui Rasulullah yang kemudian men tahnik Abdullah Ibnu Abbas yang baru lahir. Inilah ikatan pertama yang dilakukan Rasulullah kepada Abdullah ibnu Abbas.

Ketika kanak-kanak, Abdullah mengikuti Rasulullah kemana saja. Dia mengambilkan air untuk wudhu kemudian berdiri di samping Rasulullah ketika shalat. Dia juga menemani Rasulullah dalam setiap perjalanan.

Abdullah lahir tiga tahun sebelum hijrah dan Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam mendoakannya “Ya Allah berilah ia pengertian dalam bidang agama dan berilah ia pengetahuan takwil (tafsir)”. Allah mengabulkan doa Nabi-nya dan Ibnu Abbas belakangan terkenal dengan penguasaan ilmunya yang luas dan pengetahuan fikihnya yang mendalam , menjadikannya orang yang dicari untuk di mintai fatwa penting sesudah Abdullah bin Mas’ud, selama kurang lebih tiga puluh tahun. Tentang Ibnu Abbas, Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah berkata :”Tak pernah aku melihat seseorang yang lebih mengerti dari pada Ibnu Abbas tentang ilmu hadits Nabi Shallallahu alaihi Wassalam serta keputusan2 yang dibuat Abubakar ,Umar , dan Utsman“.

Dalam hadits di atas, Rasulullah mengajarkan kita untuk menanamkan aqidah yang benar ke dalam jiwa anak-anak kita. Pengajaran ini, beliau lakukan saat berkendaraan. Beliau berbincang-bincang dengan Ibnu Abbas perihal Allah di atas kendaraan. Ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita dalam perjalanan, kita bisa melakukan pendidikan kepada anak lewat perbincangan yang santai dan menyenangkan.

Hal lain, Rasulullah memulai kalimatnya dengan kata, “Wahai pemuda,” hal ini merupakan kalimat tekanan, agar Ibnu Abbas memusatkan perhatian, pikiran dan hatinya pada apa yang akan Rasulullah katakan. Kalimat ini menimbulkan rasa penasaran dan ingin tahu pada diri Ibnu Abbas. Rasulullah menarik perhatiannya untuk segera meraih ilmu dari perkataannya tentang kaidah agama yang mendidik intelektual, menggugah pikiran, menerangi akal, dan mengokohkan aqidah. Rasulullah menanamkan kalimat yang abadi tentang menjaga Allah dengan metode yang bijak sana. (Maya Agustiana)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
parenting
islam
ayahbunda
ibnuabbas
kids
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
31 December 2018 00:16:38

Seorang Anak Muslim Uyghur Ditemukan Tewas Membeku

 
PARENTING
21 April 2018 15:28:30

Nak, Sebentar Lagi Ramadhan Tiba

 
PARENTING
12 April 2019 10:57:35

Audrey, Gambaran Generasi Milenial yang Kebablasan


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284