ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 13 November 2018 | 4 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
PARENTING

Gersangnya Pohon-Pohon Kehidupan dalam Rumah Kita

23 July 2018 12:00:04 pohon, kehidupan, parenting
pexels.com

 

ChanelMuslim.com – Ada seorang Ayah yang rajin beribadah. Anak-anaknya melihat ia terus menerus melakukan shalat dan membaca Alquran. Sayangnya hatinya sangat gersang. Hampir tidak pernah ada kalimat lembut yang meluncur dari mulutnya. Selalu kalimat keras dan kasar yang ia ucapkan kepada istri dan anak-anaknya.

Sementara itu, ayah di tetangga sebelah sangat lembut dan hangat kepada istri dan anak-anaknya. Terlihat kasih sayang terpancar dari setiap ucapan dan tingkah lakunya. Padahal ayah di tetangga sebelah tidak rajin beribadah.

Lalu anak dari ayah yang rajin beribadah yang berusia lima tahun berkata kepada ibunya, “Ibu, Ayah tetangga sebelah sangat baik pada keluarganya. Bagaimana kalau ayah kita diganti sama ayah tetangga saja, Bu.”

Gersangnya komunikasi antara orangtua dan anak-anak akan menghasilkan beragam persoalan. Anak-anak akan mencari kenyamanan di luar rumah ketika kebutuhan psikologisnya tidak terpenuhi. Akhirnya mereka menemukan kenyamanan semu pada narkoba dan pergaulan bebas.

Baca juga : Kampung dengan Satgas Pengawas Gadget untuk Anak-Anak

Keluarga mempunyai peran yang begitu besar dan strategis. Dari keluarga-keluarga yang kuat akan melahirkan bangsa yang kuat. Lalu bagaimana membangun keluarga yang kuat.

- Hubungan yang hangat, dekat dan bersahabat

Menjalin hubungan yang hangat antar anggota keluarga. Orangtua harus telaten membangun komunikasi dan ikatan dengan anak-anaknya. Dengan telaten membangun komunikasi dan ikatan yang baik akan membangun kepercayaan anak kepada orangtua.

- Memahami perkembangan fisik dan psikis remaja

Baca juga : Hantu Itu Bernama Era Digital

Dengan memahami perkembangan fisik dan psikis remaja, orangtua akan dengan mudah menentukan tahapan-tahapan pendidikan anak.

- Komunikasi yang terbuka dan suportif

Dengan membangun komunikasi yang terbuka dan suportif, anak-anak akan semakin terbangun motivasi untuk menjadi manusia yang lebih baik da bermanfaat untuk dirinya sendiri dan orang lain.

- Bukan hanya menjalani ritual tapi kesadaran dan pengalaman menjalani akhlak Rasulullah.

Menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan dan menunjukkan akhlak seperti Rasulullah. Keteladanan Rasulullah merupakan keteladanan nyata yang harus bisa kita bangun dalam diri kita.

- Bersikap lemah lembut ke orangtua dan keluarga.

Berbakti kepada orangtua juga merupakan satu keteladanan juga. Sehingga anak-anak bisa melihat bagaimana orangtuanya bersikap kepada kakek dan neneknya. Dengan bersikap lemah lembut kepada orangtua dan keluarga juga akan menghasilkan pribadi-pribadi tawadhu yang doanya diijabah oleh Allah. (MAY)

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
pohon
kehidupan
parenting
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 
PARENTING
14 February 2018 22:11:54

Perjalanan Menuntut Ilmu Bersama Ayah Bunda

 
PARENTING
05 November 2018 14:45:19

Manfaat Menulis dengan Tangan

 
PARENTING
16 April 2018 07:00:02

Anak Kinestetik, Si Trouble Maker



media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga