ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 18 November 2018 | 9 Rabiul Awwal 1440 H
Login | Register

 
Kode Transfer 427 BNI Syariah

Kode Transfer 427 BNI Syariah

 
 
 
 
NASIONAL

IHW Berharap Industri Halal Menjadi Kebijakan Utama Negara

03 November 2018 14:14:39 IHW Berharap Industri Halal Menjadi Kebijakan Utama Negara

ChanelMuslim.com - Indonesia adalah satu- satunya negara yang mewajibkan sertifikasi halal (Mandatori Sertifikasi Halal) bagi semua produk yang beredar di masyarakat meliputi; makanan, minuman, obat, kosmetika , produk rekayasa tehnologi dan barang gunaan wajib bersertifikasi halal. Kewajiban tersebut dimulai pada bulan Oktober tahun 2019 kecuali terhadap produk asing yang sudah mulai harus diberlakukan.

Dalam Presentasi dan paparanya di hadapan delegasi 42 Negara Anggota World Halal Council ( WHFC),  Ikhsan Abdullah menegaskan, bahwa Halal Act No 33 Year 2014 atau UUJPH adalah bentuk perlindungan negara terhadap warganegaranya. Sesuai konstitusi negara, yakni UUD 1945. Dan menjadi Negara utama yang mewajibkan semua produk beredar wajib bersertifikasi halal (Mandatori) karena negara lain di dunia internasional masih bersifat Voluntary (Sukarela) kecuali Malaysia.

Kedepan melalui UU No 33 tahun 2014 tentang JPH Indonesia akan menjadi Negara utama yg akan memimpin Industri Halal Dunia, sebab Indonesi dengan daya dorong Undang-Undang Jaminan Produk Halal, yakni UU No 33 Th 2014 harus mampu mengenjiner kemajuan perdagangan dan industri dalam negeri maupun perdagangan internasional. Sesuai Theori Rescoe Pon " Law is a tool social engenering" Hukum harus mampu menjadi penggerak kemajuan Sosial.

Antusiasme delegasi Negara anggota ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari negara peserta yang sangat ingin mengetahui secara detail UUJPH. Karena bagi mereka menjadi agenda utama untuk bagaimana memahami UUJPH sekaligus dapat menyesuaikan dengan UUJPH dalam hubungan Kerjasama saling pengakuan ( Recognize) dalam relasi kerjasama Internasional antar negara anggota WHFC.

Kami juga memberikan oleh-oleh kepada peserta Ddelegasi berupa UUJPH yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Knowladge untuk membantu peserta negara anggota yang hadir sejak hari selasa di Indonesia untuk mengikuti Annual General Meeting World Halal Council di Jakarta. 

Baca juga : Ini Capaian Sistem Layanan Sertifikasi Halal Online MUI Selama 6 Tahun

Memberikan pemahaman tentang UUJPH menjadi bagian dalam pertemuan Internasional. Agar dunia Internasional memahami UUJPH dan Sistem Jaminan Halal yang telah dijalankan oleh LPOMMUI sampai Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dapat berfungsi. Hal ini sesuai amanat UUJPH Pasal 59 dan 60.[ah/rilis]

Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
18 November 2018 06:00:00

Mau Transfer ke BNI Syariah ? Gunakan Kode transfer 427

 

 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
Almatour Haji dan Umroh
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga