ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Januari 2019 | 11 Jumadil Awwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Kebiasaan Berkeluh Kesah

13 August 2018 12:14:02
Kebiasaan Berkeluh Kesah
Pexels

oleh: KH. Abdullah Gymnastiar

ChanelMuslim.com-Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah subhanahu wata'ala, Dzat Yang Maha Mendengar segala suara, pembicaraan hingga bisikan terhalus di dalam hati kita. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad shalallahu 'alayhi wasallam.

Saudaraku, salah satu hal yang membuat kita tidak nyaman, dan membuat orang lain juga tidak nyaman berada dekat kita adalah kebiasaan berkeluh kesah. Tanpa kita sadari, sering lisan kita melontarkan ucapan, dan tubuh kita memperlihatkan sikap mengeluh terhadap apa yang sedang dijalani atau terhadap kenyataan yang kita hadapi.

Orang yang mudah berkeluh kesah itu menandakan beberapa hal, di antaranya adalah ketidakridhaan terhadap takdir Allah. Padahal takdir Allah adalah hal yang mesti kita imani. Tidak ridha kepada takdir Allah menandakan rasa tidak yakin bahwa Allah Mahakuasa, Allah Mahatahu, dan Allah Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Apa yang Allah takdirkan terjadi pasti mengandung kebaikan. Nah, orang yang berkeluh kesah tidak meyakini hal ini, atau belum terampil untuk memiliki keyakinan yang istiqomah kepada Allah subhanahu wata'ala.

Baca juga : Ibnu Battuta: Sang Penjelajah Dunia

Nah, daripada berkeluh kesah, jauh lebih nyaman jika kita membiasakan diri berdzikir menyebut nama Allah setiap kali menghadapi kenyataan, baik itu yang sesuai dengan harapan kita maupun yang tidak. Sembari terus-menerus memperbaiki diri.

Rasulullah shalallahu 'alayhi wasallam. bersabda, “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia beriman pada qadar baik dan buruk dari Allah, dan sampai yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.” (HR. Tirmidzi)

Berkeluh kesah juga tanda dari rasa kurang bersyukur pada Allah subhanahu wata'ala. Orang yang mudah berkeluh kesah jika diberi apel yang ranum dan manis dua buah, maka akan mengeluh karena ingin lima buah. Sementara dua apel yang sudah dimilikinya tidak dia syukuri. Betapa rugi menjadi orang yang demikian.

Semoga kita termasuk orang-orang yang terus bermujahadah menjauhkan kebiasaan berkeluh kesah atas hidup yang kita jalani, dan kita termasuk orang-orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah dan yakin bahwa setiap ketentuan Allah pasti mengandung kebaikan. Aamiin.

Baca juga : Perhatian Al-Azhar terhadap Ilmu

11 Juli 2017

[ind]

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
kebiasaan berkeluh kesah
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
25 October 2018 05:54:42

Kenalkan Tuhan Sejak Dini

 
KHAZANAH
24 October 2018 18:57:24

Gadget Ibarat Api

 
KHAZANAH
13 June 2018 19:29:47

Beberapa Adab dan Sunnah Berhari Raya (Bag. 2)

 
KHAZANAH
11 August 2017 21:43:37

Profesi Istri-Istri Rasulullah (2)

dompet dhuafa, zakat di kita aja, zakat dhompet dhuafa, berawal dari zakat, ayo zakat, zakat penghasilan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284