ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 20 Juni 2019 | 16 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Korban Selamat Tsunami Banten Waspadai Penyakit Pneumonia

27 December 2018 16:36:53
Korban Selamat Tsunami Banten Waspadai Penyakit Pneumonia
foto: pixabay

ChanelMuslim.com – Korban selamat tsunami Banten dan Lampung perlu mewaspadai penyakit pneumonia. Namun, penyakit pneumonia ini bukan pneumonia biasa, tapi kemungkinan berisiko mengalami pneumonia aspirasi air laut.

Meski gejala hampir sama,ada perbedaan penyakit pneumonia biasa dengan pneumonia air laut. Ciri-ciri umum pneumonia air laut berawal dari sesak napas, nyeri dada dan memiliki riwayat tenggelam.

"Pneumonia biasa diakibatkan infeksi kuman melalui udara saat pasien batuk atau bersin. Sedangkan pneumonia aspirasi disebabkan adanya benda asing yang masuk ke dalam jaringan paru,” ujar Fahmi Alatas, dokter ahli paru Rumah Sakit Umum Persahabatan, Rabu (26/12).

Jika ada korban selamat yang mengalami penyakit pneumonia air laut, benda asing yang dimaksud berupa air laut itu sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan paru dan saluran napas.

Dalam mengurangi faktor risiko penyakit pneumonia, cara mudahnya seperti mengeluarkan air yang masuk ke saluran pernapasan dengan batuk. Cara ini memang bisa dilakukan, jika korban hanya tersedak air laut dalam jumlah terbatas.

Namun, risiko tidak bisa dikurangi, saat korban mendapatkan dampak air laut yang jumlahnya banyak.

Pengobatan yang tepat bagi para korban seharusnya menjalani bronkoskopi. Cara ini berguna untuk membersihkan saluran pernapasan (bronchial washing atau bronchial toilette).

Nantinya, ada alat yang dibilas dengan cairan steril berulang kali untuk menjamin kebersihan saluran napas. Metode bronkoskopi biasanya memakan waktu kurang dari 15 menit. Dokter akan memeriksa lubang hingga ke dalam paru-paru dengan teleskop fleksibel (bronkoskop).

Dokter juga akan menggunakan bronkoskop untuk memeriksa saluran udara. Dalam membantu membuat diagnosis, dokter dapat melakukan biopsi dan memasukkan sejumlah kecil cairan di paru-paru dan kemudian membuangnya.Bronkoskopi juga diterapkan untuk mengambil sampel mikroorganisme yang mungkin masuk bersamaan dengan air laut

 

Selain itu, pneumonia aspirasi air laut juga bisa terjadi pada pasien yang tersedak muntahnya sendiri. akan tetapi, dampak muntah sendiri masih berisiko kecil dari pada air laut.

Pneumonia aspirasi air laut memiliiki ciri dan sifat yang beda dengan cairan tubu. Hal ini membuat kerusakan paru-paru dan saluran napas harus dirasakan tubuh lebih dalam dan besar.

Adanya risiko yang besar, para korban selamat perlu bertanya dengan relawan dan tenaga kesehatan setempat. Jika korban selamat benar-benar mengalami penyakit pneumonia air laut, korban setidaknya bisa langsung dirujuk ke rumah sakit yang lebih baik.

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
25 December 2014 14:54:44

Makan & Minuman yang Membantu Perkembangan Otak

 
KESEHATAN
15 January 2018 19:33:19

Mau Subur? Makan Wortel, Yuk

 
KESEHATAN
18 March 2019 19:15:02

Pesan Ulama Tentang Istitaah Kesehatan

 
KESEHATAN
20 April 2018 16:21:42

Perhatikan Gejala Awal Kanker Serviks Ini


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284