ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

15 Cara untuk Bahagia

09 July 2019 19:16:18
15,cara,menjadi,bahagia
rawpixel.com

ChanelMuslim.com – Siapa pun di dunia ini ingin hidup bahagia. Kebahagiaan adalah hal penting yang terkadang sangat sulit diperoleh. Banyak orang cenderung merasa tidak bahagia karena berbagai alasan, mulai dari hubungan yang tidak harmonis hingga masalah uang. Faktanya adalah salah satu hal terpenting dalam hidup yang dapat memengaruhi kesejahteraan kehidupan kita.

Bagaimana kita bisa bahagia? Beberapa cara sederhana untuk bahagia disebutkan di bawah ini.

1. Lakukan hal baik

Banyak orang berkomitmen untuk melakukan hal yang baik setiap hari. Hal ini sangat bagus dan penting untuk melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri juga. Tidak peduli seberapa besar atau kecil, hal yang baik tetaplah hal yang baik dan kita akan merasa lebih bahagia setelah melakukannya. Jangan berpikir apakah kita pantas atau tidak, apakah ada yang memperhatikannya, apakah ada yang akan memuji atau apakah orang lain akan mencibur, lakukan saja, untuk diri kita sendiri.

2. Dengarkan diri sendiri

Cobalah berbicara dengan diri sendiri. Ajak hati berbincang sejenak tentang apa yang sedang terjadi, tentang apa yang diinginkannya, tentang apa yang dirasa. Jangan bersikap atau berbicara kasar dengan diri kita sendiri bahkan pada saat kita mengkritik diri sendiri. Belajarlah untuk berbicara tentang diri sendiri dengan rasa yang lebih penuh cinta karena ini dapat berdampak pada kebahagiaan juga.

3. Berilah maaf

Setiap orang membuat kesalahan dan itu adalah bagian dari sifat manusia. Jika kamu seorang yang perfeksionis tidak lantas kamu sempurna dan tidak melakukan kesalahan. Kita harus belajar untuk memaafkan diri sendiri untuk melanjutkan kehidupan, dan menjadi lebih bahagia dengan diri sendiri.

4. Menerima diri sendiri

Pahamilah bahwa kita bukan perempuan Super, meskipun kita mungkin berusaha menjadi perempuan super. Terimalah kenyataan jika tidak ada satu pun manusia yang sempurna baik secara fisik dan batinnya. Jangan terlalu sering menyalahkan diri sendiri. Pahamilah jika kita bebas untuk membuat jalan kita sendiri. Kehidupan pernikahan atau karier jangan sampai merenggut kita dari diri kita sendiri. Merangkul diri sendiri adalah salah satu langkah terbesar untuk memastikan kebahagiaan bisa bertahan lama.

5. Menghindari racun-racun kehidupan

Kita tidak diharuskan berada di dekat orang-orang yang beracun. Jika ada orang0orang atau lingkungan yang hanya merenggut kebahagiaan kita lebih baik kita hindarkan. Baik itu klien, mitra bisnis, investor, karyawan, atau bahkan teman, minimalkan interaksi dengan mereka yang menurut kita berdampak negatif pada kehidupan Anda. Kita tidak harus bergaul dengan orang-orang yang tidak baik dalam hidup kita.

6. Perhatikan kesehatan

Kesehatan fisik juga memengaruhi kesehatan mental. Karena itu, kita perlu memprioritaskan kesehatan kita agar bisa bahagia secara berkelanjutan.

7. Jangan melewatkan jam makan

Semakin sibuk seseorang, semakin sering dia melupakan makan. Gaya hidup seperti ini sangat tidak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik orang tersebut. Cobalah makan sesuatu. Bisa sesederhana salad sayuran dan buah-buahan, tetapi bisa membantu fungsi tubuh menjadi lebih baik.

8. Tarik  nafas dalam-dalam

Setiap kali merasa cemas, tertekan atau kesal, ingatlah untuk mengambil napas dalam-dalam beberapa saat sebelum membuat keputusan. Ini dapat membantu kita menenangkan diri dan membantu kita mengatur pikiran sebelum bertindak. Ini juga meningkatkan kecerdasan kebahagiaan secara dramatis.

9. Kerjakan hal yang mudah terlebih dahulu

Cobalah untuk melakukan hal-hal sederhana di rumah sebelum kita disibukkan oleh pekerjaan yang melelahkan. Misalnya merapikan tempat tidur di pagi hari sehingga ketika kita telah sibuk seharian bisa langsung istirahat dengan nyaman. Kendalikan kondisi rumah agar kita bisa hidup lebih bahagia.

10. Keluarlah bermain bersama matahari

Banyak orang cenderung memilih bekerja di dalam ruangan. Meskipun ini mungkin baik untuk sementara waktu, penting bagi kita untuk terkena sinar matahari. Kita akan merasakan kehangatan tidak hanya pada kulit tetapi juga pada pikiran kita. Hal ini dapat membantu kita tetap merasa bahagia sepanjang hari.

11. Manjakan diri

Ini tidak berarti bahwa kita harus menjadi shopaholic, banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri, misalnya minum secangkir teh sambil mendengarkan lagu favorit. Ketika kita melakukan sesuatu untuk diri sendiri maka kebahagiaan akan kembali muncul. Inilah yang dinamakan mengendalikan kebahagiaan diri sendiri. Kebanyakan orang cenderung menghabiskan uang dan waktu untuk orang yang mereka cintai, tetapi tidak pernah melakukannya untuk diri sendiri. Membahagiakan diri sendiri bukan berarti selalu membelikan diri barang-barang yang disukai dan berharga mahal. Bisa saja kita melakukan sesuatu seperti bersedekah kepada orang lain namun itu dilakukan bukan hanya untuk membahagiakan orang lain namun juga membahagiakan diri kita.

12. Jumping Jacks

Jika Anda merasa sangat sedih, cobalah melakukan latihan aerobik sederhana seperti jumping jacks. Jumping jack telah terbukti meningkatkan mood dan dapat membantu mengatasi stres yang mungkin sedang kita rasakan. Bahkan, latihan aerobik telah terbukti sebagai pengobatan yang efektif untuk mengatasi depresi tingkat sedang.

13. Bergaul

Setiap orang membutuhkan interaksi dengan teman dan keluarga setiap hari agar hidup bahagia dan sehat. Hubungan pribadi sangat penting, dan memiliki efek positif yang lebih lama. Telepon dan ucapkan salam untuk ayah, ibu dan keluarga yang tinggal berjauhan. Pergi ke luar rumah dan bercengkrama dengan teman. Hal-hal seperti ini akan memberikan energy bahagia setiap harinya.

14. Bersyukurlah

Buatlah sebuah jurnal tempat kita menuliskan segala hal yang membuat kita bersyukur setiap hari. Selalu mencari hal-hal baik bahkan di balik sebuah kejadian yang menyulitkan kita. Bersyukur dan kerja keras adalah faktor terbesar yang bisa membuat kita bahagia. Lakukanlah kebiasaan ini selama lebih dari 6 bulan dan kesehatan mental dan fisik kita akan meningkatkan secara dratis.

15. Selalu berpikir positif

Selalu berpikir positif akan membantu kita di saat sedang menghadapi situasi yang sulit. Ketika kita sedang gelisah menunggu hasil pengumuman suatu proyek, coba bayangkan skenario terbaik untuk diri sendiri daripada membayangkan scenario yang terburuk. Proyeksikan diri kita sebagai versi terbaik diri kita sendiri. Ini adalah cara yang dapat mengubah hidup kita dan kita juga bisa menjaga kesehatan. Bahkan berpura-pura menjadi seorang yang optimis dapat menipu otak untuk menenangkan tubuh secara efektif sehingga kita bisa mengontrol emosi kita dengan baik.

Menjadi bahagia sangat penting bagi setiap orang karena hal itu berdampak pada semua sisi kehidupan manusia. Kita harus berusaha untuk selalu bahagia sebisa mungkin, bahkan ketika segalanya tidak berjalan dengan baik. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekurangan, sehingga kita tidak harus sempurna di dunia ini untuk berhasil. [Maya/Sumber: firstCryparenting.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
15
cara
menjadi
bahagia
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SUAMI ISTRI
27 November 2018 09:52:50

Mengapa Masih Hobi Berghibah?

 
SUAMI ISTRI
20 October 2018 06:55:06

Resep Pernikahan Langgeng Hingga Hari Tua

 
SUAMI ISTRI
01 February 2019 08:29:02

Keteladanan Khadijah RA

 
SUAMI ISTRI
23 September 2019 12:37:19

10 Alasan Mengapa Pernikahan Gagal di Tengah Jalan

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284