ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 01 Juni 2020 | 10 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
NASIONAL

Pelatihan Usaha Telur Asin untuk Memajukan Perekonomian Warga Karangmojo

17 February 2020 16:20:55
Pelatihan Usaha Telur Asin untuk Memajukan Perekonomian Warga Karangmojo
Warga Karangmojo mengikuti pelatihan telur asin

ChanelMuslim.com - Telur asin tentu menjadi pelengkap hidangan yang memiliki cita rasa gurih dan bisa memanjakan lidah siapa pun penikmatnya. Selain menggoda lidah, telur asin juga dapat membawa berkah. Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) Karangmojo Gemilang, telur asin menjadi salah satu usaha andalan kelompok ini. Secara rutin KUB Karangmojo Gemilang binaan LAZ Al Azhar melakukan pelatihan cara membuat dan memasarkan telur asin bagi para ibu-ibu yang berasal dari keluarga dhuafa.

Pelatihan tersebut diadakan sebagai upaya dalam merubah nasib dan keadaan perekonomian menjadi lebih baik dan mandiri. Kelompok yang berdiri sejak satu tahun lalu ini, beranggotakan para perempuan tangguh yang memiliki keinginan untuk memiliki usaha sendiri. Bahkan, beberapa dari mereka merupakan seorang janda yang harus menghidupi anak dan anggota keluarga lainnya.

Lasiyem, selaku ketua kelompok mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya program pelatihan usaha tersebut. Selain menambah keterampilan dalam mengembangkan keahlian, secara rutin bersama anggota kelompok lainnya dapat belajar membaca Al Quran, menghapal surat pendek, mendengarkan tausiyah dan melakukan berbagai kegiatan positif.

Saat ini, mereka membuat telur asin dengan kiat tradisional yaitu dengan menggunakan abu gosok dan batu bata. Sepanjang pelatihan berlangsung, para anggota KUB Karang Mojo Gemilang begitu antusias dan penuh tawa.

“Untuk pengolahan telur asin sendiri, kami menggunakan cara tradisional dengan abu gosok, batu bata yang dicampur dengan garam. Dari telur bebek yang sudah diselimuti adonan tersebut, butuh waktu sekitar 10 hari untuk siap dipanen dan di pasarkan,” ujar Lasiyem.

Semoga pelatihan ini dapat menciptakan lebih banyak kebahagiaan bagi para ibu- ibu dhuafa untuk tetap berpenghasilan dan membantu perekonomian keluarga. Untuk saat ini pemasaran baru sekitar Karangmojo, Purwomartani, Kec. Kalasan, kab. Sleman, harapannya tentu saja untuk kedepannya produk telur asin ini bisa menembus pasar nasional bahkan manca negara. [Wnd/rls]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIONAL
27 February 2018 22:02:25

Senjata Terakhir Ahok Macet di MA

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284