ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 07 Agustus 2020 | 18 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
DUNIA

Hewan Kurban di Asia Selatan Dijual Secara Online untuk Cegah Penyebaran Corona

29 July 2020 10:25:30
Hewan Kurban di Asia Selatan Dijual Secara Online untuk Cegah Penyebaran Corona

ChanelMuslim.com - Berdiri di depan kamera dengan surai pirangnya yang tertiup angin, "007" adalah salah satu dari ribuan kambing yang dijual secara online saat umat Islam bersiap untuk festival keagamaan penting yang digoncang tahun ini oleh pandemi virus corona.

Jutaan kambing, domba, dan sapi disembelih setiap tahun selama Idul Adha - festival pengorbanan - salah satu dari dua hari suci utama yang diamati oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk sekitar 600 juta di Asia Selatan.

Pandemi itu, bagaimanapun, telah melanda India, Bangladesh dan Pakistan, yang telah menutup atau membatasi pasar-pasar utama, sementara kekhawatiran akan terjangkit virus membuat pelanggan jauh dari festival utama pada hari Sabtu.

"Kami trauma dengan hilangnya dua paman saya karena COVID-19 dan tidak ingin mengorbankan seekor hewan," kata Saddid Hossain kepada kantor berita AFP di ibukota Bangladesh, Dhaka.

"Tapi kita harus tetap dalam tradisi agama kita, jadi kita lebih suka membeli dari penjual sapi online."

Menghadapi pasar yang sepi, peternak dan pedagang ternak telah beralih ke situs web, aplikasi, dan media sosial untuk memamerkan hewan mereka.

Fahad Zariwala mempromosikan kambing seperti 007 dari peternakan di seluruh India di saluran YouTube-nya, yang memiliki lebih dari 800.000 pengikut.

"Saya merekam video gerakan lambat dengan musik yang indah, dan saya menjadikannya [kambing] populer," kata Zariwala, yang berbasis di Mumbai.

"Mereka memiliki kepribadian dan ... sebagian besar dinamai film Bollywood dan karakter trending di Bollywood," katanya kepada AFP.

Zariwala telah menyaksikan peningkatan besar dalam pemirsa dari Australia, Inggris, Amerika Serikat dan Timur Tengah, yang semuanya memiliki diaspora besar di Asia Selatan.

Satu peternakan yang ia promosikan menyelenggarakan kontes kecantikan online untuk menggoda pelanggan potensial, yang mungkin membeli kambing untuk keluarga mereka di India, rumah bagi 200 juta Muslim.

PashuBajaar, yang menjual ribuan kambing untuk petani India, mengatakan penjualan online telah melonjak dari beberapa lusin tahun lalu menjadi lebih dari 2.500 dalam tiga bulan terakhir.

"Kami bahkan telah menerima pesanan online untuk ribuan ekor pada tahun depan," kata Kepala Eksekutif Sanjeev Kumar kepada AFP.

Hewan-hewan dikirim ke pembeli dengan truk yang dapat membawa 10 hingga 15 hewan sekaligus.

Di Pakistan yang berpenduduk mayoritas Muslim, rumah bagi 215 juta orang, puluhan aplikasi dan situs web bermunculan.

Pembeli dapat memilih binatang dan mengirimkannya ke depan pintu mereka, disembelih atau disumbangkan ke badan amal.

Kepala eksekutif Qurbani App Muhammad Ali Chaudhry mengatakan: "Pesanan telah melewati atap."

Sementara itu petani kambing Islamabad, Muhammad Naeem, mengatakan transaksi digitalnya telah melonjak dari 20 persen penjualan menjadi hampir setengahnya.

Namun kenaikan penjualan online telah disertai dengan jatuhnya harga.

Penjual Mumbai, Walid Dawood Jat, yang menjual enam kambing online saat lockdown di India, mengatakan mereka hanya mendapatkan setengah dari harga biasanya.

"Kami dulu menjual kambing seharga 500-600 rupee [$ 6,70- $ 8,00] per kilo," katanya, seraya menambahkan harga telah turun setengahnya.

"Pembeli tawar-menawar dengan kita. Mereka bilang tidak punya uang, penghasilan mereka turun."

Di pasar ternak terbesar di Dhaka, penjualan ternak turun dari 400.000 per minggu di tahun-tahun sebelumnya menjadi 30.000.

"Tahun lalu banyak orang datang. Kami sangat sibuk," kata pedagang Kalu Bepari, yang melakukan perjalanan 245km (150 mil) ke pasar dengan 13 ekor, tetapi hanya menjual dua "dengan harga yang sangat murah".

"Tahun ini, nyaris tidak ada orang karena ketakutan akan virus corona. Tidak ada yang bahkan menanyakan harganya."[ah/afp]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
DUNIA
26 October 2017 21:23:59

Israel Kembali Hancurkan Rumah Keluarga Palestina

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga