ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 06 Juli 2020 | 16 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
WISATA

Pesona Masjid Terapung Amirul Mukminin Makassar

02 May 2018 05:48:20
Wisata, masjid terapung Makassar, Chanelmuslim
Masjid Terapung (Foto: Instagram @vegaviditama)

ChanelMuslim.com - Pesona Masjid Amirul Mukminin atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Terapung Makasar ini memang tak bisa diragukan lagi.

Berada di pinggiran Pantai Losari nan menawan dan dirancang menjadi Masjid terapung di sisi pantai.

Masjid Amirul Mukminin ini dibangun atas gagasan walikota makassar Sulawesi Selatan.

Masjid Amirul Mukminin dapat menampung sekitar 500-an Jemaah, berlantai tiga, ditopang oleh 164 tiang pancang dan mempunyai luas 1.683 meter persegi.

Untuk lantai teras yang berada tepat di bawah kubah banyak digunakan warga untuk melakukan kegiatan rekreasi, semisal melihat sunset di Pantai Losari.

Alamat Lengkap Masjid Amirul Mukminin

Jalan Penghibur No.289, Losari

Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Nama dan Rancangan

Pada mulanya pada tahap rancangan masjid ini dinamai Masjid 99 Al Makazzary namun kemudian Masjid Amirul Mukminin lah yang kemudian disandangkan kepada masjid ini, meskipun kemudian masyarakat lebih menygenalnya sebagai masjid terapung makasar.

.

Rancangan awal masjid ini sempat menuai kontroversi dengan bentuk rancangan menara kembarnya yang menyerupai badik makasar, Namun kemudian rancangan tersebut di ubah dan realisasi pembangunannya menara masjidini memang tidak menyerupai Badik seperti yang banyak di kecam oleh para netizen.

.

Arstektur

Lantai paling atas masjid merupakan tempat khusus untuk para pengunjung yang ingin melaksanakan shalat sendiri yang lebih khusuk. Lantai kedua dari masjid dipergunakan khusus untuk jemaah wanita dan lantai bawahnya untuk shalat jemaah pria. Di lantai bawah itu juga terdapat tempat wudhu pria yang berada di sebelah kanan, sementara untuk para wanita berada di sebelah kiri masjid.

Masjid "Amirul Mukminin" di Pantai Losari Makassar, dibangun pada masa walikota Ilham Arief Sirajuddin dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada tanggal 21 Desember 2012.

Pak JK sendiri menyebut masjid ini sebagai Masjid Pantai karena lokasinya yang berada di pantai, bukan masjid terapung seperti kebanyakan orang menyebutnya.

.

Pak JK sendiri secara pribadi turut berkontribusi dalam pembangunan masjid ini dengan menyumbangkan dana sebesar dua koma satu milyar rupiah, selain dari beliau dana pembangunan masjid ini berasal dari swadaya masyarakat.

.

Penyebutan sebagai masjid terapung bagi masjid ini semata mata karena lokasinya pembangunannya yang berada di atas air meski dengan tiang tiang pancang, sehingga pada saat air pasang bangunan masjid ini tampak “seolah olah” terapung di permukaan air.

.

Penasaran dengan Masjid Terapung?

Sumber : Masjid Info

(jwt/@masjidinfo)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
wisata
masjid terapung makassar
chanelmuslim
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
06 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
WISATA
11 November 2017 06:22:14

Yuk Wisata Edukasi di Tugu Pahlawan Surabaya

 
WISATA
22 December 2017 05:06:49

#Liburan, Yuk Ajak Keluarga Kunjungi Bayt Alquran

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga