ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 26 November 2020 | 11 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Unsur Utama Mengatasi Problem Pendidikan Anak Remaja

06 November 2020 08:00:01
Ustazah Aan Rohanah, akhlak mulia keluarga, Keluarga Muslim, , pendidikan remaja
Source: Guide Post

ChanelMuslim.com - Kepribadian anak remaja sangatlah berbeda dengan kepribadian di usia anak-anak. Apalagi di usia remaja itu sedang terjadi berbagai perubahan baik kemampuan berfikir, fisik, psikhis maupun aspek psikososialnya. Kedua orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang sesuai dengan semua perkembàngan tersebut.

Masa remaja itu adalah masa yang penuh dengan emosi ditandai dengan sikap yang kasar, keras kepala, sulit mengendalikan diri, agresif, jiwa yang masih labil belum bisa stabil disertai dengan minat seksual yang baru mulai tumbuh.

Maka kedua orang tua harus bisa mengokohkan aqidah dan memantapkan rukun iman dan islamnya agar bisa menjaga nilai-nilai agamanya. Karena itu, pendidikan agama yang diberikan kepada anak harus kuat dan kokoh.

Anak-anak remaja yang jiwanya belum stabil ini mudah sekali terpengaruh oleh kondisi keluarga yang tidak harmonis yang orang tuanya sering berelisih dan bertikai , sibuk dengan urusan mereka dan lupa memberikan kasih sayang, perhatian dan pendidikan yang baik kepada anak.

Sehingga sikap anak berubah tidak betah tinggal di rumah, murung, tidak respek dan tidak taat kepada orang tua . Selain itu ia perlu mencari hiburan dan ketenangan di luar rumah.

Maka keharmonisan keluarga harus dipupuk dan dijaga karena bisa membantu pada kelancaran pendidikan anak remaja. Jika pendidikan agama anak remaja belum kokoh maka ia tidak bisa memilih pertemanan yang baik dalam lingkungan yang baik.

Sedangkan ia di usia yan mudah terpengaruh, maka ia akan terpangaruh oleh hal-hal yg buruk yang merusak jiwa dan prilakunya yang kemudian akan terjadilah krisis akhlak di dalam pribadinya.

Maka keteladanan akhlak orang tua dan mendisiplinkan penerapan akhlak kpd anak sangat penting untuk diutamakan. Untuk menghindari prilaku yang menyimpang dari anak-anakbremaja maka orang tua harus melakukan pengawasan dan kontrol yang baik serta bijak kepada anak .

Selain itu, orang tua hendaknya ikut membantu memilihkan teman yg baik dalam lingkungan yang baik. Banyak hal-hal positif yang dimiliki anak remaja seperti sikap berani, siap menanggung resiko, sikap mandiri, serba ingin tahu dan mencoba hal-hal yang menantang. Maka orang tua harus memberikan pendampingan dan arahan yang baik kepadanya.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag

di akun instagramnya @aanrohanah_16. Ustazah Aan Rohanah adalah perempuan yang Peduli Keluarga dan Pendidikan Anak

[jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
ustazah aan rohanah
akhlak mulia keluarga
keluarga muslim
pendidikan remaja
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
21 November 2017 05:16:30

Gubernur Keren dan Banjir Jakarta Tahun 1975

 
USTADZAH
29 January 2019 10:46:52

Didiklah Anak dengan Visi Besar

 
USTADZAH
24 November 2020 08:00:02

10 Manfaat Ketika Orang Tua Bermain dengan Anak

 
USTADZAH
10 December 2018 12:00:02

Cerita Kencur dan Tidur

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284