ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

Merekat Kasih dan Berbagi Cinta

22 December 2018 11:00:02
Merekat Kasih dan Berbagi Cinta
Foto: Aan Rohanah

ChanelMuslim.com – Hari liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh keluarga, baik umi, abi, anak-anak dan nenek serta kakek. Saat liburan seluruh anggota keluarga berkumpul, menyatukan hati, pikiran dan kegiatan sehingga bisa berbagi segalanya dan selalu terasa indah bagi semua.

Waktu liburan bisa digunakan untuk beristirahat sejenak dari segala beban yang berat, dari kesepian dan kesendirian, dari duka dan nestapa, dari himpitan dan kepiluan.

Karena itu hendaknya kita bisa mengelola waktu liburan untuk merekat kasih dan berbagi cinta dengan keluarga. Tampakkanlah kasih sayang dan cinta bagaikan lautan yang tak bertepi, luas dan dalam, juga bagaikan bunga merekah berwarna warni yang indah di hamparan taman yang sangat luas.

Karena itu buatlah beberapa kegiatan bersama keluarga yang bisa merekat kasih dan berbagi cinta untuk terus bersatu dalam bahagia selamanya hingga di surga.

Kita bisa membuat beberapa kegiatan bersama keluarga saat liburan, diantaranya:

1. Kegiatan menguatkan cinta kepada Allah:

A. Shalat berjamaah

Seluruh keluarga kompak untuk shalat di awal waktu dengan berjamaah. Kekompakan dalam taat kepada Allah membuat hati dan pikiran mudah dipersatukan.

B. Khatam Qur'an bersama

Sebanyak 30 juz dibagi kepada seluruh anggota keluarga agar bisa 1 kali khatam. Hati semakin teduh jika kita selalu berinteraksi dengan Alquran dan bertambah nikmat jika tilawah Alquran dilakukan bersama dengan keluarga.

C. Membaca ma'tsurat

Di pagi hari atau di sore hari bersama-sama dengan keluarga membuat jiwa semakin lapang dan hidup lurus dan istiqamah jauh dari gangguan setan.

Diantaranya, rihlah atau wisata bersama keluarga, bersama-sama menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, masak bersama makan bersama, rapat keluarga membicarakan rencana program masing-masing setahun ke depan, olahraga bersama, silaturrahmi ke rumah nenek dan kakek atau keluarga terdekat, kunjungan ke pesantren-pesantren yang akan menjadi alternatif tempat belajar anak-anak, tukar menukar hadiah dengan sesama anggota keluarga, saling membantu menyelesaikan tugas, menegakkan nilai-nilai ukhuwah, bekerja dengan riang sambil bercanda dengan yang lain, banyak berkomunikasi satu sama lain, menampakkan kepedulian satu sama lain, berlapang dada dan bermuka ceria.

Kebersamaan dalam banyak kegiatan dengan keluarga dalam keadaan senang di saat libur bisa merekatkan ukhuwwah, kasih sayang, dan berbagi cinta tanpa ada beban. Silakan mempraktekkannya. Semoga bermanfaat.

Catatan Ustazah Aan Rohanah di akun Instagram pada 20 Desember 2018

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
29 November 2018 09:58:55

Remaja Dinamis dengan Berkegiatan Sosial

 
USTADZAH
23 August 2018 05:51:06

Doa Teruntuk Lombok

 
USTADZAH
26 October 2017 06:02:35

Kepemimpinan Dalam Islam

 
USTADZAH
20 December 2017 09:33:09

8 Cara Menjaga Tumbuh Kembang Anak

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284