ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 27 November 2020 | 12 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
USTADZAH

4 Cara Mendengar Efektif bagi Seorang Ibu

05 November 2019 08:00:01
Dreamstime, catatan Ustazah Aan Rohanah, komunikasi efektif seorang ibu, keluarga
Ilustrasi (source: dreamstime)

ChanelMuslim.com - Cara membuat ibu mendengar dengan efektif:

1. Mendengar harus tuntas dari awal sampai akhir. Jika mendengar dilandasi oleh hati yang bersih dan akal yang sehat maka telinga akan berfungsi sebagai sarana pendengar yang efektif, bahkan telinga bisa melanjutkan apa yang didengar menjadi hidayah di dalam hati.

Karenanya mendengar harus sampai tuntas. Disini perlunya sering mengkhatamkan Al-Qur'an (membaca dan bertadabbur dari awal ayat dan awal surat hingga Khatam), agar bisa memahami, meyakini dan mengamalkan seluruh isi alquran secara utuh.

2. Mendengar jangan hanya sampai di telinga , tapi harus sampai ke dalam hati karena nilai-nilai ketika bisa sampai ke hati.

Maka akan jadi hidayah untuk bisa diyakini dan diamalkan. Allah Subhanallahu Wa Taala berfirman: اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَاۤ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓئِكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ.

"Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya. Dan mereka berkata, kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali." (QS. Al-Baqarah :285)

Ayat tersebut

Ayat tersebut menjelaskan bahwa hati yang sudah meyakini kebenaran akan menimbulkan ketaatan dan mudah untuk mengakui kesalahan sehingga bisa segera bertaubat dan selalu siap kembali kepada Allah

3. Mendengar yang bisa menimbulkan keyakinan dan keimanan

Bukan menimbulkan keraguan dan kebimbangan yang berakibat pada munculnya penolakan dan pengingkaran, tapi malah semakin yakin dan tidak menjadi beban untuk diamalkan.

Allah Subhanallahu Wa Taala berfirman: . رَبَّنَاۤ اِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُّنَادِيْ لِلْاِيْمَانِ اَنْ اٰمِنُوْا بِرَبِّكُمْ فَاٰمَنَّا ۖ رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّاٰتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْاَبْرَارِ.

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu), Berimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti." (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 193)

Dari ayat tersebut maka kita faham mengapa orang sering ngeyel?

Karena mendengarnya tidak dengan hati yang penuh iman.

4. Mendengar yang bisa mendatangkan kebaikan.

Allah berfirman: . مِنَ الَّذِيْنَ هَادُوْا يُحَرِّفُوْنَ الْـكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖ وَ يَقُوْلُوْنَ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاسْمَعْ غَيْرَ مُسْمَعٍ وَّرَاعِنَا لَـيًّۢا بِاَ لْسِنَتِهِمْ وَطَعْنًا فِيْ الدِّيْنِ ۗ وَلَوْ اَنَّهُمْ قَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا وَاسْمَعْ وَانْظُرْنَا لَـكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَاَقْوَمَ ۙ وَ لٰـكِنْ لَّعَنَهُمُ اللّٰهُ بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا. . "

(Yaitu) di antara orang Yahudi, yang mengubah perkataan dari tempat-tempatnya. Dan mereka berkata, Kami mendengar, tetapi kami tidak mau menurutinya. Dan (mereka mengatakan pula), Dengarlah, sedang (engkau Muhammad sebenarnya) tidak mendengar apa pun. Dan (mereka mengatakan), Ra‘ina, dengan memutarbalikkan lidahnya dan mencela agama. Sekiranya mereka mengatakan, Kami mendengar dan patuh, dan dengarlah, dan perhatikanlah kami, tentulah itu lebih baik bagi mereka dan lebih tepat, tetapi Allah melaknat mereka karena kekafiran mereka. Mereka tidak beriman kecuali sedikit sekali." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 46)

Buktikan ketaatan dengan amal sholeh. mendengar mungkin hanya sekali tetapi amal dilakukan berkelanjutan terus menerus.

Wallahu a'lam bishshawaab.

Catatan Ustazah Dr. Aan Rohanah Lc., M.Ag di akun instagramnya @aanrohanah_16

Ustazah Aan Rohanah adalah praktisi pendidikan yang Peduli Keluarga & Pendidikan Anak

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
dreamstime
catatan ustazah aan rohanah
komunikasi efektif seorang ibu
keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
USTADZAH
06 September 2018 13:29:44

Dakwah dengan Keteladanan

 
USTADZAH
19 October 2018 05:46:40

Guru-pun Butuh Trauma Healing

 
USTADZAH
19 March 2019 12:00:03

Kesempurnaan dalam Keluarga

 
USTADZAH
24 October 2019 05:47:12

Menjaga Akhlak Bisa Menjaga Persatuan Umat

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284