ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 01 November 2020 | 16 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tujuh Tips Memasak bagi Pemula

18 September 2018 09:39:56
Tips memasak, kreasi memasak, cooking
Ilustrasi (Foto: zola.com)

ChanelMuslim.com - Memasak merupakan aktifitas rutin yang dilakukan setiap hari tidak saja bagi kaum hawa tetapi juga para kaum Adam. Apalagi tanpa memasak tentu kita tidak bisa memenuhi kebutuhan asupan makanan. Apalagi bagi yang sudah mulai dituntut dengan kondisi keluarga. Memasak menjadi hal wajib setiap harinya.

Berikut tips memasak bagi pemula agar kegiatan memasak semakin menyenangkan dan meningkat setiap harinya:

1. Belajar dari orang lain

Jadilah pribadi pembelajar dan jangan sungkan bertanya apapun kepada orang yang dianggap memiliki keahlian dalam memasak.

2. Kenali bumbu-bumbu dasar

Mengenal bumbu dasar beserta fungsinya akan sangat membantu saat memasak. Mulai dari gula, garam, merica, ketumbar, penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan daun salam.

Apalagi bagi pemula, bumbu-bumbu akan sering tertukar sehingga perlu terus diasah kemampuan mengenal bumbu-bumbu.

3. Kenali bahan makanan

Beda bahan makanan, beda pula cara mengolahnya. Sebelum diolah, bahan makanan harus dicuci bersih dan dipotong, lalu disimpan terpisah dengan bahan makanan lainnya.

Mengetahui sayuran mana yang harus dimasak terlebih dahulu agar nantinya semua bahan bisa matang merata.

Jagung, kentang, labu, dan ubi biasanya harus dimasak lebih lama agar empuk. Tapi sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan tauge harus dimasak cepat pada api besar agar matang namun warna hijau dan tekstur rasa pada sayuran tetap terjaga.

Untuk memasak daging sapi, ayam, seafood dan ikan, setelah dicuci bersih, rendam dengan perasan jeruk nipis dan garam. Biarkan beberapa saat hingga bau amis pada daging hilang. Setelah itu, baru kamu bisa mengolahnya. Ungkep ayam hingga setengah matang terlebih dahulu sebelum digoreng agar daging lebih cepat empuk dan bumbu lebih meresap.

Kalau memasak masakan dengan tambahan bumbu seperti cabe, kunyit, jahe dan lengkuas yang digiling halus, pastikan bumbu dimasak dahulu hingga matang sebelum ditambahkan bahan lainnya.

Ciri bumbu halus sudah matang adalah saat digoreng warna bumbu sudah lebih gelap, terlihat lebih berminyak dan tidak beraroma mentah lagi.

4. Hati-hati saat memasak

Cidera bisa terjadi saat memasak jika kurang berhati-hati. Pastikan dulu tidak ada bau gas di sekitar tungku dan dapur. Kemudian pastikan wajan atau panci yang akan digunakan sudah dalam posisi yang pas dan kokoh di atas kompor. Pegang selalu gagang wajan/panci saat akan mengaduk masakan agar tidak tumpah.

Jika gagang tidak terbuat dari bahan yang tidak menyerap panas, gunakan lap saat memegang gagang wajan.

Saat menggoreng, pastikan minyak di dalam wajan sudah panas. Masukkan perlahan makanan yang akan digoreng dari sisi wajan. Jika makanan dicelupkan terburu-buru ke tengah wajan, minyak akan meletup dan mengenai tubuh kita.

Goreng makanan hingga matang di salah satu sisinya, baru dibalik ke sisi lain. Balikkan makanan ke arah yang berlawan arah dengan badan kamu. Kalau takut terkena letupan minyak panas saat menggoreng ayam dan ikan, tutup wajan saat menggoreng.

Saat merebus air, jauhkan tangan/wajah dari lubang teko/panci karena akan mengeluarkan uap panas.

Jika badan kamu terlanjur kena cipratan minyak atau air panas, basuh bagian yang terkena dibawah air yang mengalir hingga rasa panas mulai mereda. Jangan oleskan pasta gigi atau kecap yang sebenarnya akan menambah lukanya tambah panas.

5. Baca Resep

Ikuti resep dan baca dengan seksama resepnya terlebih dulu sebelum memasak. Hal itu penting sekali dilakukan karena biasanya akan ada proses-proses yang harus dilakukan terlebih dulu atau memakan waktu yang lama sebelum memasak yang utama.

Misalnya proses ungkep, proses mendiamkan dalam kulkas beberapa menit, proses mendiamkan adonan roti hingga mengembang/terfermentasi, atau proses marinasi bahan dalam campuran bumbu.

Practice makes perfect, ungkapan itu benar sekali adanya. Seringlah memasak agar lidah kamu lebih peka terhadap rasa masakan dan lebih mudah membumbui tanpa harus bolak-balik melihat resep.

Oya, kalau ragu saat memasak, mintalah bantuan orang lain seperti anggota keluarga untuk mencicipi masakan. Jangan lupa selalu rapikan dan bersihkan kembali alat masak dan dapur setelah memasak agar tetap bersih.

6. Buat Catatan Khusus

Dengan membuat catatan khusus resep yang cocok dengan kita, maka akan memudahkan kita saat memasak menu tersebut kembali. Apalagi bagi yang kurang kuat hafalannya bisa sangat membantu.

7. Buat Daftar Menu dan Daftar Belanja

Menerapkan daftar menu setiap Minggu atau bulanan akan sangat membantu kita dalam membeli belanja. Sehingga bahan makan akan terjaga kesegarannya dan kita bisa beraktivitas lainnya. Selain itu juga hemat biaya dan waktu.

Selain itu, memasaklah dengan cinta agar rasa masakan semakin nikmat. Semoga bermanfaat. (jwt/resepkoki)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips memasak
kreasi memasak
cooking
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
15 April 2019 07:05:02

Tips Memilih Margarin yang Bagus dan Aman

 
TIPS
03 January 2017 04:38:17

Tips Berlibur Asik

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284