ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 14 November 2019 | 17 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Rahasia Mahasiswa S3 Universitas Pakuan dapat Studi Banding ke Luar Negeri

04 March 2019 21:47:33
Rahasia Mahasiswa S3 Unpak dapat Studi Banding ke Luar Negeri
Fifi. P. Jubilea selaku fasilitator kegiatan studi banding mahasiswa S3 Unpak ke 4 lembaga di Malaysia

ChanelMuslim.com--Studi banding menjadi sebuah keharusan bagi mahasiswa doktoral (S3). Karena studi banding merupakan cara mengembangkan pikiran dan pencerahan wawasan terkait disiplin ilmu yang dipelajari berdasarkan pengalaman yang dilakukan perguruan tinggi sejenis di tempat lain. Syarif Yunus, mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan menceritakan rahasia bagaimana dia dan teman-temannya bisa melakukan studi banding ke luar negeri di antara waktu yang padat.

Selain aktivitas perkuliahan di dalam kelas, studi banding diharapkan mampu memberi "pengalaman langsung" yang berguna dalam memperluas cara berpikir, di samping memicu komitmen penyelesaian studi melalui informasi dan pengalaman orang lain. Belajar untuk berhasil dari apa yang dilakukan orang lain. Begitulah niat studi banding yang seharusnya.

Namun faktanya, tidak mudah menyelenggarakan studi banding bagi mahasiswa S3 program Doktoral. Karena rata-rata, mahasiswa S3 pasti sibuk dengan pekerjaannya. Bahkan waktu untuk berkoordinasi pun seringkali terbentur dan terbatasnya waktu. Pantas, banyak mahasiswa S3 kesulitan untuk melakukan studi banding ke perguruan tinggi sejenis lainnya, apalagi ke luar negeri.

Lalu bagaimana cara melakukan studi banding ke luar negeri bagi mahasiswa S3?

Menggagas studi banding yang penuh dengan konten ilmu, namun tetap ceria dan kompak dalam menjalaninya tidaklah mudah. Harus ada cara jitu untuk menjadikan studi banding ke luar negeri secara menarik dan berkesan. Bahkan kekompakan dan fleksibilitas acara pun harus jadi acuan. Tidak kaku namun tetap berorientasi pada tujuan.

Studi banding ke luar negeri membutuhkan kerja sama dan pengambilan peran dari tiap mahasiswa untuk memastikan tercapainya tujuan studi banding. Agar tidak dikesankan hanya jalan-jalan atau bersenang-senang semata.

Berangkat dari kondisi itulah, mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan (Unpak) pun berbagi pengalaman dalam menyelenggarakan Studi Banding dan Visitasi Pedagogi ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Islamic International University Malaysia (IIUM), Sekolah Al Amin dan Sekolah ADNI Kuala Lumpur pada 26 Feb - 2 Mar 2019. 

Bisa jadi, di kalangan mahasiswa S3, inilah studi banding terpadat yang dijalankan. Satu hari satu kunjungan studi banding tiada henti. Selain seremoni, selalu ada presentasi, diskusi dan tanya jawab terkait prinsip-prinsip pedagogi dan studi yang berlangsung di institusi tersebut. Bahkan hebatnya,  20 mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak yang menjadi peserta bahu membahu dan mengambil peran masing-masing demi lancarnya studi banding sesuai dengan rencana.

Apa saja rahasia bisa melakukan studi banding ke luar negeri?

Bertajuk "Xplore Education", studi banding mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Upnak ke Malaysia tergolong unik dan menyenangkan. Berikut adalah 5 cara jitu mahasiswa S3 lakukan studi banding ke luar negeri, khususnya Malaysia yaitu sebagai berikut:

1. Koordinasikan jadwal dan kelengkapan administrasi (paspor) dan biaya studi banding yang direncanakan. Ada baiknya persiapan untuk hal ini dilakukan 3 bulan sebelum pelaksanaan. Setiap mahasiswa harus kompak dan komit untuk mendukung kegiatan studi banding ini. Karena bila tidak, sulit untuk direalisasikan

2. Dapatkan jadwal kunjungan studi banding dari perguruan tinggi di luar negeri yang dituju. Pastikan perguruan tinggi yang dituju telah mengkonfirmasi kesiapan menerima studi banding dan kedatangan kita. Tanpa hal ini, studi banding akan sia-sia dan bisa jadi hanya jalan-jalan belaka. 

3. Pastikan ada yang memimpin jadwal acara selama studi banding sehingga waktu demi waktu di negara yang dituju akan berjalan efektif. Konten acara akademik dan nonakademik harus terkoordinasi dengan baik. Mana saja peran mahasiswa studi banding dan mana peran penyelenggara. 

4. Fleksibilitas acara selama studi banding. Karena apa yang direncanakan belum tentu sesuai dengan realitas lapangan. Maka acara harus fleksibel agar efektif dan tidak membuat peserta studi banding merasa bosan.

5. Jaga kekompakan selama studi banding. Hal yang paling penting dalam studi banding adalah menjaga kekompakan selama studi banding. Agar semangat dan perasaan senang selalu terjaga selama berada di luar negeri. Berapapun lamanya, bagaimana pun keadaannya, semua peserta studi banding harus senang.

Bersyukur, mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak punya cara jitu itu semua dalam berkunjung untuk studi banding dan visitasi pedagogi ke 4 perguruan tinggi/sekolah di Malaysia. 

Tentu berkat komitmen dan kekompakan yang tiada tara. Khususnya dari fasilitator studi  banding Ibu Fifi Proklawati Jubilea, panitia Harris Effendi, dan ketua kelas Arif Fadhilah serta dukungan  Prof. Dr. Soewarto Hardhienata dan Dr. Eri Sarimana selaku pimpinan Pascasarjana Unpak.

Sungguh, apapun yang direncanakan harus diikuti ikhtiar dan doa yang pas. Agar semua bisa berjalan dengan efektif, termasuk studi banding ke luar negeri bagi mahasiswa S3. [ind/kompasiana]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
rahasia mahasiswa s3 unpak dapat studi banding ke luar negeri
 
BERITA LAINNYA
 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284