ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Ini 7 Kegiatan Itikaf agar Tetap Semangat Raih Keberkahan Malam Lailatul Qadar

30 May 2019 08:52:15
Itikaf, kian itikaf, semangat itikaf,
Ilustrasi

ChanelMuslim.com - Tak terasa sudah di penghujung Ramadan. Hari ini sudah memasuki Hari ke 25 Ramadan dan jangan sampai semangat kita lemah karena semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri.

As Syaikh Shalih Al Fauzan Hafidzahullahu berkata "Barang siapa yang telah menyia-nyiakan hari-hari yang telah lewat, maka hendaklah dia memperbaikinya pada sisa bulan ini dan amal itu tergantung pada kesudahannya,".

Nah, jadi jangan sampai akhir Ramadan kita hanya diisi dengan hal yang sia-sia. Tetap fokus dengan amalan-amalan yang disunnahkan sampai akhir Ramadan dan lanjut hingga bulan-bulan berikutnya.

Nah, agar Itikaf mu kian bermakna berikut 7 Kegiatan yang bisa dilakukan di sisa-sisa Ramadan:

1. Menghidupkan sisa malam-malam Ramadan dengan amalan ibadah seperti sholat malam, tilawah, zikir, mentadabburi Alquran.

2. Maksimalkan ibadah Sunnah

Jika kita telah selesai dengan ibadah wajib maka maksimalkan dengan ibadah Sunnah. Perbanyak sholat Sunnah, berdiam di masjid, bersedekah dan amalan lain.

3. Perbanyak zikir

Salah satu hal yang dianjurkan selama Ramadan adalah berzikir. Mengagungkan Allah Azza Wa Jalla.

4. Memperbanyak Doa

Dilansir laman rumaysho.com,, ada doa yang pernah diajarkan oleh Rasul kita shallallahu ‘alaihi wa sallam jikalau kita bertemu dengan malam kemuliaan tersebut yaitu do’a:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni

(Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits ini dibawakan oleh Imam Tirmidzi dalam bab “Keutamaan meminta maaf dan ampunan pada Allah”. Hadits di atas disebutkan pula oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Marom pada hadits no. 706.

5. Siapkan Target Ibadah dan Strategi Ibadah agar Ibadah Produktif

Sebagai seorang muslim tentu itikaf yang kita lakukan hanyalah mengharapkan ampunan Allah semata.

Jadi agar semua terwujud maka lakukan semuanya dengan maksimal dan berikan prioritas utama di setiap ibadah yang kita lakukan.

6. Membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran

Salah satu amalan yang luar biasa kita kerjakan di Bulan Alquran adalah membaca Alquran, mengkhatamkan dan mempelajarinya kemudian mengamalkan apa yang ada di dalam Alquran tersebut.

7. Mengikuti Kajian Keilmuan

Biasanya di sela itikaf, masjid juga mengadakan kajian keilmuan di beberapa waktu. Ikuti dan jangan lupa tulis apa yang disampaikan dalam kajian tersebut.

Yakinlah Allah akan memberikan pahala berlipat ganda di setiap amalan yang kita lakukan. Bahkan kita dianjurkan memperbanyak doa saat berada majlis ilmu karena malaikat akan turun di tempat-tempat kajian yang membahas Alquran dan As Sunnah.

Semoga kita bisa meraih keberkahan Ramadan hingga takbir Syawal berkumandang. Jangan kendor terus bersemangat. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
itikaf
kian itikaf
semangat itikaf
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
03 October 2019 08:20:18

4 Tips Mudah Mengupas Telur agar Tidak Rusak

 
 
TIPS
10 January 2019 16:38:03

Tips Memasak Beras Merah agar Pulen dan Lembut

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284