ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 Januari 2021 | 3 Jumadil Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Empat Rahasia Makanan Berbalut Tepung jadi Renyah

17 June 2020 09:00:01
Tips dapur, tips agar bumbu tidak langu, tips makanan berbalut tepung jadi renyah,
Ilustrasi (source: Allrecipes)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, menghasilkan gorengan yang crispy dan renyah tahan lama merupakan dambaan setiap orang. Tapi kadang apa yang diinginkan dengan hasil sering tidak sama. Sering sekali hasil makanan berbalut tepung

lembek, keras dan tidak renyah.

Tahukah, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan agar makanan berbalut tepung menjadi crispy lho. Berikut rahasianya:

1. Gunakan dua adonan saat mengolah: adonan basah dan adonan kering

Pastikan saat mengolah makanan berbalut tepung, siapkan dua adonan yaitu adonan basah dan kering. Setelah makanan seperti ayam, udang, cumi, tempe dan makanan lainnya dicelupkan ke adonan basah maka langkah selanjutnya celupkan ke adonan kering. Kemudian goreng hingga matang merata. Tiriskan dan dinginkan. Simpan di wadah kedap udara. Insha Allah makanan akan renyah dan tahan lama.

2. Gunakan beberapa gabungan tepung

Kesalahan kita hanya menggunakan satu tepung saat akan mengolah makanan. Padahal rahasia makanan berbalut tepung menjadi renyah adalah mencampurkan beberapa tepung saat mengolahnya.

Campurkan tepung maizena, 1-2 sdm tepung maizena dan tepung beras dalam adonan tepung terigu.

Caranya kedua ini tidak perlu menyiapkan adonan kering dan basah. Cukup menyiapkan adonan kering dengan takaran 1:5. Artinya jika kita menggunakan 5 sdm tepung terigu maka gunakan 1 sdm tepung maizena atau tepung beras ke dalam adonan. Selain menambahkan tepung kita juga bisa menambahkan garam atau bumbu lainnya untuk menambah rasa tepung. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing ya.

Empat Rahasia Makanan Berbalut Tepung jadi Renyah Source: Yummy

3. Gunakan minyak banyak dan makanan yang digoreng tenggelam sempurna

Nah, rahasia berikutnya adalah menggunakan minyak yang banyak. Seperti yang dilakukan oleh abang-abang gorengan di pinggir jalan. Hampir semua gorengan mereka jadi renyah meski sudah digoreng lama.

Jika menginginkan makanan berbalut tepung yang renyah maka pastikan makanan tersebut digoreng dengan minyak yang banyak dan makanan tenggelam sempurna. Percayalah minyak akan membuat makanan menjadi kering dan renyah merata.

4. Gunakan Air Kapur Sirih

Rahasia berikutnya membuat makanan berbalut tepung menjadi renyah adalah penggunaan air kapur sirih pada olahan makanan. Tapi caranya ini membutuhkan ketelitian menakar karena kebanyakan air kapur sirih bisa menyebabkan makanan menjadi terlalu keras dan pahit ya sahabat muslim.

Nah, itulah empat rahasia yang bisa diterapkan jika ingin menyajikan makanan berbalut tepung yang renyahnya tahan lama. Semoga bermanfaat sahabat muslim. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips dapur
tips agar bumbu tidak langu
tips makanan berbalut tepung jadi renyah
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
28 January 2020 11:00:01

10 Manfaat Alumunium Foil yang Belum Diketahui

 
TIPS
30 September 2019 09:36:53

Tips Hilangkan Getah Nangka di Tangan dan Pisau

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284