ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Tiga Hal yang Disukai dan Tiga Hal yang Dibenci oleh Allah swt

17 August 2019 21:21:26
Tiga Hal yang Disukai dan Tiga Hal yang Dibenci oleh Allah Swt
Foto: blogfiction

Oleh: Ustaz Rikza Maulan, Lc., M.Ag

ChanelMuslim.com - "Sesungguhnya Allah menyukai tiga perkara dan membenci tiga perkara. Allah menyukai kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun; kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta."

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا، فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا، وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا، وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَال،َ وَكَثْرَةَ السُّؤَال،ِ وَإِضَاعَةِ الْمَالِ (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya Allah menyukai tiga perkara dan membenci tiga perkara. Allah menyukai kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun; kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta." (HR. Muslim, hadits no 3236)

Hikmah Hadits:

1. Ada tiga hal atau tiga amalan yang apabila dilakukan oleh seseorang maka niscaya Allah swt akan ridha dan mencintainya. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut.

Menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan Allah terhadap sesuatu apapun juga (tidak syirik). Yaitu senantiasa berusaha istiqamah dalam tauhidullah sepanjang hayat dengan merealisasikan ibadah serta menjauhi segala hal yang mengandung unsur kemusyrikan kepada Allah swt.

Berpegang teguh terhadap tali agama Allah swt, yaitu berpegang teguh pada hukum dan aturan Allah swt, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Alquran maupun juga disabdakan oleh Nabi ﷺ dalam sunnahnya. Dengan kata lain, berusaha untuk melaksanakan segala yang diperintahkan Allah swt dan meninggalkan segala yang diharamkan oleh Allah swt.

Tidak berpecah belah antara sesama umat Islam. Karena sesama orang-orang yang beriman adalah bersaudara, maka harus menjadikan sesama muslim sebagai saudara bahkan seharusnya sesama muslim adalah ibarat satu tubuh, yang apabila salah satu bagian tubuh ada yang sakit, maka bagian tubuh lainnya akan merasakan sakit juga.

2. Selain menjelaskan tentang tiga hal yang dicintai dan diridhai Allah swt, hadits di atas juga menggambarkan tentang tiga hal yang dibenci oleh Allah swt, yang apabila seseorang melakukannya niscaya Allah swt akan membencinya. Tiga hal tersebut adalah sebagai berikut.

▪️Qila wa qala, yaitu menyebar berita yang tidak jelas sumbernya, yaitu berita atau informasi atau apapun namanya, baik secara lisan maupun melalui media sosial. Terlebih di era sekarang ini, banyak di antara kita yang terjebak pada sharing berita atau informasi melalui media sosial sebelum jelas informasi atau sumbernya sehingga tidak jarang menimbulkan keresahan bahkan merusak ukhuwah Islamiyah.

Terlalu banyak bertanya, yaitu terlalu banyak bertanya pada hal-hal yang tidak perlu yang justru akan menimbulkan kesulitan. Adapun bertanya perihal ilmu pengetahuan, atau terhadap hal yang bermanfaat adalah boleh bahkan bisa jadi dianjurkan.

Menyia-nyiakan harta, seperti boros dalam pengeluaran uang, atau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak ada/ kurang manfaatnya. Termasuk juga di dalamnya terlalu mewah dalam membeli suatu barang tertentu, seperti hp, kendaraan, jam tangan, pakaian, dan sebagainya. Karena harta sebaiknya dimanfaatkan utk hal-hal yang mendatangkan maslahat, seperti nafkah yang baik kepada keluarga dan juga digunakan untuk zakat, infak dan shadaqah.

3. Mudah-mudahan kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang senantiasa mendapatkan cinta dan ridha dari Allah swt serta terhindar dari segala bentuk kemurkaan dan kebencian Allah swt. Amiiin Ya Rabbal Alamiin..

Wallahu A'lam.

[ind/majelismanis]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tiga hal yang disukai dan tiga hal yang dibenci oleh allah swt
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SYARIAH
11 March 2019 21:46:57

Soal Shaum di Bulan Rajab

 
SYARIAH
20 September 2019 09:07:31

Status Sholat Jumat bagi Musafir

 
SYARIAH
17 March 2019 20:30:07

Bulan Rajab, Pahala dan Dosa Diganjar Besar

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284