ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

6 Tips Puasa Gadget di Bulan Ramadhan

07 May 2019 09:18:50
puasa,gadget,ramadhan
pexels.com

ChanekMuslim.com – Telepon pintar, gadget, atau gawai. Setiap orang memiliki satu telepon pintar dan banyak dari kita tidak bisa hidup tanpanya. Telepon telah melalui perjalanan panjang dan sekarang memungkinkan kita untuk mengakses banyak informasi melalui ujung jari kita. Telepon pintar kita terus menerus memberi pemberitahuan dari aplikasi media sosial, game atau dari pesan pintar dengan suara, “Ping!” Di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini, kita tidak boleh membiarkan telepon pintar kita mengambil alih segela kesempatan baik kita. Mari gunakan bulan ini untuk lebih dekat kepada Allah. 6 tips ini akan membantu Anda 'berpuasa' dari ponsel di bulan Ramadhan ini.

1. Matikan Notifikasi

Waktu kita di bulan Ramadhan terlalu berharga untuk disia-siakan apalagi hanya untuk memeriksa notifikasi di berbagai aplikasi media sosial yang kita miliki. Jika kita menggunakan gawai untuk tujuan pekerjaan atau hal-hal penting lainnya, tidak memeriksa email atau beberapa pean lewat aplikasi obrolan bukan opsi yang tepat. Yang dapat kita lakukan adalah membatasi kegiatan pemeriksaan. Kita bisa menggunakan sekitar 10-15 menit untuk memeriksa semua email dan pemberitahuan Anda. Pastikan kita tidak akan melewatkan pesan-pesan yang penting dan kita tidak harus terus memeriksa setiap kali notifikasi terdengar dari gawai kita.

Adapun pemberitahuan dari aplikasi olah pesan semacam whatsaap segera matikan. Atau setidaknya matikan semua notifikasi grup dan sisakan notifikasi dari individu sehingga jika seseorang ingin mengirimi kita pesan penting, kita akan melihatnya.

2. Tinggalkan Grup WhatsApp

Mari kita akui ini, kita semua mungkin masuk ke dalam begitu banyak grup WhatsApp yang hanya membuang-buang waktu di mana pesan terus-menerus dikirim sepanjang hari. Telusuri semua grup tempat Anda ditambahkan ke dalam grup-grup whatsaap dan tinggalkan grup yang menurut kita tidak bermanfaat. Kita tidak akan menyesalinya, percayalah.

3. Tinggalkan Ponsel Anda di rumah

Pilihan yang paling ekstrim adalah meninggalkan ponsel kita di rumah. Pada saat-saat tertentu ponsel kita pernah tertinggal di rumah. Yang muncul kemudian adalah perasaan gelisah dan kehilangan. Berbagai pertanyaan muncul di kepala, bagaimana jika seseorang mencoba menelepon saya? Apa yang dibicarakan teman saya di WhatsApp? Bagaimana saya akan memeriksa berapa banyak menyukai foto dan status saya pada hari ini?

Hal di atas mungkin merupakan tanda bahwa kita telah kecanduan gawai. Cara terbaik untuk mengalahkan kecanduan adalah dengan melepaskan kecanduan itu. Salah satu caranya adalah ketika kita pergi ke masjid untuk sholat taraweh, tinggalkan telepon di rumah agar kita dapat fokus selama salat. Selama Taraweh, kita akan melihat banyak orang memeriksa ponsel mereka setelah setiap 4 rakaat atau pada saat ceramah, padahal saat ini seharusnya digunakan untuk mengingat Allah, berdzikir dan salawat pada Nabi saw. Jika kita meninggalkan ponsel kita di rumah, kita akan selamat dari gangguan selama Tarawih.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Jika meninggalkan telepon di rumah terlalu sulit maka cobalah ini ... telepon memiliki fitur mode 'pesawat' yang menonaktifkan komunikasi masuk dan keluar. Dengan fitur diaktifkan, tidak ada panggilan telepon atau teks yang akan kita terima dan internet dinonaktifkan. Mode pesawat adalah fitur yang cocok untuk menonaktifkan sementara ponsel tanpa harus mematikan seluruh telepon. Dengan menonaktifkan fitur tertentu pada ponsel, kita akan terbebas dari  gangguan dalam sehari.

5. Ambil Mushaf

Ada banyak aplikasi al quran yang tersedia. Aplikasi al quran pada ponsel memungkinkan kita untuk membaca al quran di berbagai kesempatan. Namun lebih baik jika kita membaca al quran dari mushaf yang kita bawa atau tersedia  di masjid. Sepuluh menit atau bahkan bisa setengah jam kita gunakan waktu kita untuk berselancar di dunia media sosial. Padahal waktu sebanyak itu lebih baik kita gunakan untuk berdzikir atau membaca al quran.

6. Kembali ke retro

Kita bisa memilih untuk menggunakan telepon lama kita yang hanya bisa menelpon dan ber-SMS. Menjadi retro berarti hanya akan memiliki akses ke fungsi-fungsi dasar seperti panggilan telepon dan teks. Tetapi bagaimana Anda akan hidup tanpa internet dan semua aplikasi itu? Nah, sebelum kedatangan ponsel pintar yang diaktifkan internet, orang-orang baik-baik saja bukan. Dan bagian yang terbaik adalah, kita bisa bertahan hidup selama berhari-hari tanpa perlu mencari-cari stop kontak untuk mengisi daya.

Mari kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya di bulan Ramadhan dengan berhenti dari kecanduan gadget. [Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
puasa
gadget
ramadhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SUAMI ISTRI
17 April 2018 17:30:31

Bahagia adalah Nama Tengahku

 
SUAMI ISTRI
01 February 2019 08:29:02

Keteladanan Khadijah RA

 
SUAMI ISTRI
27 November 2018 09:52:50

Mengapa Masih Hobi Berghibah?

 
SUAMI ISTRI
21 November 2018 07:36:48

Mengatasi Masalah Rumah Tangga dengan Shalat Sunnah

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284