ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Sepuluh Renungan Menjelang Ramadhan

29 April 2019 08:36:12
Renungan,jelang,ramadhan
Ali Arapoglu @pexels.com

ChanelMuslim.com – Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ramadhan bisa menjadi awal dari segala perubahan menuju perbaikan. Ada banyak hal yang perlu kita renungkan selama hidup menjadi manusia.

Berikut 10 hal yang perlu direnungkan sebelum Ramadhan tiba:

1. Bagaimana saya menghabiskan Ramadhan? Apakah saya sudah benar dalam menjalankan ibadah saya saya? bagaimana saya dapat meningkatkan ibadah saya di hari-hari Ramadhan?

2. Dosa-dosa apa yang telah saya lakukan? Apakah saya bisa bertaubat dan menghentikan melakukan dosa-dosa itu di bulan Ramadhan? Dosa-dosa yang tidak bisa saya hindari di bulan Ramadhan mungkin adalah sifat buruk terbesar saya karena saya tidak bisa menghentikannya selama waktu yang penuh berkah. Dosa-dosa ini memerlukan perhatian dan usaha dan perhatian khusus.

3. Amalan apa yang akan saya unggulkan di bulan Ramadhan? Berpuasa adalah yang paling jelas. Bagaimana dengan membaca Al-Qur'an, dzikir, doa, sholat lima waktu, sedekah, mengunjungi masjid, ibadah malam hari, menahan lidah saya, makan bersama sebagai keluarga, berbagi makanan dengan orang lain, mencari konten online yang bagus, dan lainnya. Semua bisa kita lakukan.

4. Apa yang harus saya kurangi? Sudah jelas makanan harus  dikurangin. Lalu apa lagi? Tontonan yang tidak pantas di TV, merokok, berkata kasar, menggunjing, dan berdebat.

5. Pengetahuan tentang Islam yang mana yang harus saya tingkat? Mungkin selama ini cara shalat saya belum benar. Saya juga tidak membaca Al-Qur'an dengan baik dan bahkan saya tidak tahu apa isi Al-Qur'an. Saya tidak tahu banyak tentang doa-doa. Saya juga hampir tidak tahu sejarah kehidupan Nabi saya. Segala kekurangan ini bisa kita atasi dengan membaca buku dan mengikuti majelis-majelis ilmu keislaman.

6. Bagaimana dengan pembelajaran anak-anak saya? Apakah mereka membaca quran dengan baik, memiliki pengetahuan yang baik tentang Islam, tampak tertarik pada agama? Atau jangan-jangan mereka agak cuek dengan agamanya? Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memikirkan religiusitas seluruh keluarga dan memikirkan solusi.

7. Bagaimana perlakuan saya terhadap orang tua saya? Perilaku buruk terhadap orang tua adalah salah satu dosa terbesar dari dosa besar. Kita harus memperhatikan mereka dan memastikan kita bersikap baik pada mereka.

8. Apakah ada hubungan dengan orang lain yang perlu saya perbaiki? Tidak terlalu terlambat. Sambung silaturahmi sebelum Ramadhan atau saat Ramadhan. Memperbaiki hubungan memperkaya secara spiritual dan emosional, dan memutus ikatan keluarga adalah dosa. Dan jangan lupakan hubungan kita dengan tetangga.

9. Bagaimana dengan tempat kerja? Apakah teman-teman saya membawa saya lebih dekat kepada agama atau malah menjauhkan saya dari. Seorang teman yang memalingkanmu dari Allah adalah teman yang tidak kamu butuhkan. Yang perlu direnungkan juga adalah bagaimana kita mempertahankan kebaikan saat di tempat kerja. Perlu dipikirkan waktu-waktu yang akan kita tentukan sebagai waktu untuk ibadah seperti shalat dhuha, tilawah quran, dan shalat tepat waktu.

10. Apa yang sudah saya rencanakan untuk Idul Fitri? Kita semua pernah mendengar tentang resolusi tahun baru. Apa yang kita butuhkan umat Islam adalah resolusi pasca Ramadhan. Ini adalah bulan terbaik tahun ini, dan waktu terbaik untuk berubah dan tetap berubah. Buat resolusi itu sekarang.

Sudah waktunya untuk berpikir, mengevaluasi, dan merencanakan ke depan. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dengan hidayah-Nya dan keberkahan-Nya. Semoga kita bisa menyiapkan Ramadhan kita dan menyelesaikan dengan baik dan lahir sebagai manusia baru yang lebih beriman dan lebih tenang menjalani hidup. [Maya

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
renungan
jelang
ramadhan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
25 February 2019 07:14:17

Miss Moscow Masuk Islam dan Menikah dengan Raja Malaysia

 
SUAMI ISTRI
05 October 2019 07:00:01

Bukan Perseteruan Ibu Bekerja dan Ibu Di rumah

 
SUAMI ISTRI
14 May 2019 20:16:37

Istri Shalehah adalah Perhiasan Terindah

 
SUAMI ISTRI
20 June 2019 21:08:54

Puncak Kesuksesan Seorang Istri

 
SUAMI ISTRI
17 December 2018 08:55:00

Kelakar Poligami, Pelecehan Seksual?

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284