ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Menikah dengan Seseorang yang Kita Sukai Akhlaknya

08 January 2019 10:20:31
mencintai, akhlak, baik
pexels.com

ChanelMuslim.com – Semua orang mendambakan menikah dengan seseorang yang dicintainya. Semua bayangan tentang pernikahan yang ideal terpampang di benaknya. Rasa-rasanya akan begitu membahagiakan menikah dengan seseorang yang kita sukai.

Ada beragam alasan yang membuat kita menyukai seseorang. Bisa dari parasnya yang cantik atau ganteng. Atau karena keturunannya. Bisa jadi karena hartanya. Namun yang sebaiknya kita lihat lebih dahulu adalah akhlaknya. Akhlak yang berasal dari pemahamannya terhadap agamanya.

Bagaimana caranya meneliti akhlak seseorang? Umar bin Khathab memiliki tiga ukuran untuk menimbang benarkah seseorang mengenali orang lain.

Satu hari ketika seseorang memuji kawannya dalam persaksian sebagai orang baik, Umar bin Khathab bertanya padanya, ”Apakah engkau pernah memiliki hubungan dagang atau utang piutang dengannya, sehingga engkau mengetahui sifat jujur dan amanahnya ?”

”Belum,” jawab orang itu ragu.

” Pernahkah engkau berselisih perkara dan bertengkar hebat dengannya sehingga tahu bahwa dia tidak fajir (tidak adil dan tidak taat pada Allah) dalam berbantahan?”

” Ehm, belum juga.”

”Pernahkah engkau bepergian dengannya selama 10 hari sehingga telah habis kesabarannya untuk berpura-pura lalu kamu mengenali watak-watak aslinya ?”

”Itu juga belum.“

“ Kalau begitu pergilah kau, hai hamba Allah. Demi Allah kau sama sekali tidak mengenalnya!”

Lalu bagaimana kita meneliti akhlak calon pasangan yang kita inginkan. Contohlah jejak Khadijah binti Khuwailid ketiika mengutus Maisarah ikut Rasulullah dalam perjalanan perdagangannya ke negeri Syam. Kita bisa meminta seseorang yang kita percayai untuk meneliti tiga hal sesuai dengan nasehat Umar bin Khathab:

1. Teliti interaksinya dalam berniaga, jual beli dan persoalan utang piutang.

2. Teliti caranya berdiskusi, berargumentasi dan berbeda pendapat. Apakah dia termasuk yang suka memaksakan kehendak, cepat marah dan sulit berlapang dada. Ini penting berkaitan dengan interaksinya dengan pasangannya kelak ketika berumah tangga.

3. Bertanyalah pada orang yang pernah bepergian dengannya dalam waktu 10 hari atau lebih. Apakah dia orang yang sabar, bersih, teratur, disiplin dan rajin beribadah. Kita bisa melihat kebiasaan-kebiasaan kecilnya dan juga caranya berinteraksi dengan orang lain.

Jika semuanya sudah dilakukan, maka carilah hal yang membuat kita menyukai dan kemudian mencintainya dengan tulus. jangan mencintainya dengan cinta yang buta. Mencintailah dengan alasan yang kuat. (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
mencintai
akhlak
baik
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
06 May 2018 21:32:58

Apa Perlunya Menikah?

 
SUAMI ISTRI
06 October 2018 21:58:44

Likuifaksi yang Mengguncang Jiwa Warga Palu

 
SUAMI ISTRI
10 April 2018 06:00:02

Cinta Sejati

 
SUAMI ISTRI
01 February 2019 08:29:02

Keteladanan Khadijah RA

 
SUAMI ISTRI
23 January 2019 11:58:06

Kenali Gejala Depresi Sedini Mungkin

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284