ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
SUAMI ISTRI

Menambah Kualitas Cinta di 10 hari Terakhir Ramadan

06 June 2018 11:14:55
#sepuluh #terakhir #ramadan
@sam2022

ChanelMuslim.com - Ramadan telah memasuki hari ke sepuluh terakhir. Pada waktu-waktu ini, semangat tidak boleh melemah. Bersama pasangan kita bisa melakukan banyak ibadah yang bisa memperbaiki kehidupan kita sebagai hamba Allah.

Pada sepuluh hari terakhir ramadhan banyak keistimewaan yang tidak terdapat pada hari-hari atau malam-malam lainnya. Diantara keistimewaan luar biasa adalah adanya 1 malam yang lebih baik dari 1000 bulan, yaitu malam lailatul qadar. Malam permulaan al-Qur’an diturunkan, serta malam saat malaikat turun membawa rahmat dari-Nya. Rasulullah S.A.W sendiri pada 10 terakhir ramadhan ini menggiatkan ibadah dan amalan beliau. Berikut ini adalah amalan Rasulullah pada 10 hari terakhir Ramadhan yang selalu dilakukannya

1. Meningkatkan Qiyamul Lail

Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang berdiri (untuk mengerjakan shalat) pada lailatul qadar karena keimanan dan hal mengharap pahala, akan diampuni untuknya segala dosanya yang telah berlalu.” [1]

Hadits diatas tersebut dipahami oleh para salafush shaalih, termasuk oleh Abu Hurairah sebagai anjuran yang kuat dari Rasulullah S.A.W untuk melakukan Qiyam ramadan (shalat tarawih, tahajud, dan lain-lain).

Ajaklah pasangan kita untuk giat beribadah pada 10 malam terakhir di mana di antaranya terdapat lailatul qadar.  

2. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Telah menceritakan kepada kami [Musa bin Isma’il] telah menceritakan kepada kami [Ibrahim bin Sa’ad] telah mengabarkan kepada kami [Ibnu Syihab] dari [‘Ubaidallah bin ‘Uqbah] bahwa [Ibnu ‘Abbas radliallahu ‘anhuma] berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling lembut (dermawan) dalam segala kebaikan, dan kelembutan Beliau yang paling baik adalah saat bulan ramadan ketika Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau, dan Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur’an) hingga Al Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi S.A.W. Apabila Jibril Alaihissalam datang menemui Beliau, maka Beliau adalah orang yang paling lembut dalam segala kebaikan melebihi lembutnya angin yang berhembus” (HR.  Bukhari)

Isi hari-hari bersama pasangan dengan membaca al qur’an. Saling mengingatkan untuk terus memperbaiki dan menambah bacaan al qur’an.

3. Meningkatkan I’tikaf

I’tikaf adalah menetap di mesjid untuk taat dan melaksanakan ibadah kepada Allah saja, serta meninggalkan berbagai kesibukan dunia. Berkonsentrasi mendekatkan diri kepada Allah S.W.T, meningkatkan ketaqwaan kepada-Nya.

Hukum I’tikaf adalah sunnah, dan sunnah muakkadah di sepuluh hari terakhir ramadan. I’tikaf menjadi wajib jika seseorang telah bernadzar untuk melakukannya. I’tikaf merupakan amalan Rasulullah pada 10 hari terakhir ramadan

“Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam selalu melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadan sampai Allah mewafatkan beliau, kemudian para istri beliau melakukan i’tikaf sepeninggal beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4.  Membayar Zakat

Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Yahya] telah mengabarkan kepada kami [Abu Khaitsamah] dari [Musa bin Uqbah] dari [Nafi’] dari [Ibnu Umar] bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan agar membayar zakat fithrah sebelum manusia berangkat menunaikan shalat Ied. (Hadits Muslim)

5. Umrah

Keutamaan umrah di bulan suci ramadan dijelaskan dalam hadits-hadits shahih berikut ini:

 “Jika datang bulan ramadan, maka lakukanlah olehmu umrah, sebab umrah pada bulan tersebut setara (pahalanya) dengan (pahala) haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya (pahala) umrah di bulan suci ramadan itu setara dengan pahala haji atau haji bersamaku.” (HR. Bukhari)

Jika ada rejeki, sempatkanlah berumrah bersama pasangan di bulan Ramadan, karena perjalanan paling romantic adalah saat di tanah Haram. Dan ibadah yang nikmat saat berada di masjidil haram dan masjid Nabawi.

Itulah beberapa amalan Rasulullah pada 10 hari terakhir ramadan. (MAY)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
sepuluh
terakhir
ramadan
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
24 September 2018 14:32:13

Moentji, Manusia Bermulut Ketjil

 
SUAMI ISTRI
09 April 2018 10:19:05

Pernikahan Adalah Perbudakan

 
SUAMI ISTRI
11 April 2018 06:00:01

Apakah Hina Menjadi Pelayan Suami?

 
SUAMI ISTRI
26 March 2018 06:00:02

Kata-kata Pasangan Yang Sering Terlupakan

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284