ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Ketika Ada Cinta yang Lain

16 January 2019 16:15:10
Jika,ada,cinta,lain
pexels.com

ChanelMuslim.com

Mendua

Lagu oleh Astrid

Ku tak habis pikir

kurangku di mana

Kau tega melepaskan aku

Jauh ku menatap

namun terlalu jauh

Imajinasiku terberai

Terdiam aku

beku tanpamu

Dimanakah letak hatimu?

Kau putuskan

tuk mendua

Dengan dia

di belakangku

Padahal ku

pilih kamu

Jadi cinta terakhir

--

Ketika hati suami mendua, istri merasa dunianya hancur berkeping-keping. Mulailah berbagai rasa menghinggapi jiwa. Perasaan kecewa, sedih, marah dan juga menyalahkan diri sendiri. mulailah berbagai pertanyaan menyerang setiap saraf di kepala, kurangku di mana.

“Apa aku kurang cantik?” atau “Oh pasti karena sifat jelekku. Ya memang aku tidak punya kelebihan yang bisa dibanggakan!” dan “Apakah dia pernah mencintaiku?”

Semakin mengorek alasan kenapa suami mendua, semakin menyalahkan diri. Lalu semakin tenggelam dalam gelombang kesedihan yang membuat diri semakin sulit bernafas. Baru kemudian terpikir, “Aku harus apa?”

1. Memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah

Dalam suasana seperti ini, biasanya seseorang akan merasa limbung dan tidak berpijak di bumi. Satu hal yang harus segera dilakukan adalah bangkit dan mulai menguatkan diri. Berpeganglah pada ikatan yang terkuat di dunia yaitu Allah. Allah tempat kita bergantung dan memohon pertolongan.

2. Berhenti menyalahkan diri

Melakukan koreksi diri atau muhasabah itu penting, namun menyalahkan diri sendiri itu sama sekali tidak perlu. Menyalahkan diri sendiri hanya memberikan dampak negative yaitu membuat diri tidak semangat dan cenderung menutup diri.

3. Bicara dengan pasangan tentang perselingkuhannya

Bicarakan tentang perselingkuhan yang dilakukan suami. Pada tahap ini biasanya akan ada penyangkalan. Untuk itu harus ada bukti-bukti yang nyata seperti saksi mata, salinan percakapan mereka, atau foto.

Jika suami mengakuinya, kita harus menguatkan hati dan minta suami untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Lebih baik tidak terburu-buru untuk meminta cerai pada suami. Pikirkan nasib anak-anak.

Dari sisi suami ada dua kemungkinan, memutuskan untuk menghentikan perselingkuhan atau menikahi perempuan itu. Jika suami memutuskan untuk menghentikan perselingkuhannya, istri belajar untuk menerima dan memaafkan serta tidak mengungkit kesalahan lama.

Jika suami memutuskan untuk menikahinya. Istri juga jangan terburu-buru meminta cerai. Sesungguhnya Islam menghalalkan poligami. Kita tidak pernah tahu, bisa jadi ada kebaikan di dalamnya.

Untuk istri memang pilihannya hanya dua yaitu meminta cerai atau bersedia dipoligami. Dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah membuang ego. Dalam kondisi apapun yang perlu kita perhatikan adalah hak-hak anak terpenuhi. Bercerai atau dipoligami keduanya mempunyai kondisinya sendiri. Pilihan itu sepenuhnya ada di tangan istri karena itu perlu untuk mengkonsultasikannya dengan keluarga dan ulama atau orang yang faqih. Yang terpenting adalah meminta petunjuk Allah jalan apa yang terbaik.

Jalan akan menjadi berbeda jika suami memutuskan untuk melepaskan kita, istrinya. Dalam kondisi apapun, seorang muslimah harus tetap siap dan menjalani dengan tabah dan yakin akan pertolongan Allah.

Ada satu kasus yang terjadi di Inggris yang bisa kita ambil hikmahnya, cerita tentang Aisha yang pernah sakit hati karena pernah merasakan suaminya mendua. Pada satu kesempatan dia yang menjadi perempuan lain selain istri sah seorang lelaki yang dia sukai.

Aisha (bukan nama sebenarnya), seorang ibu bekerja yang tinggal di Birmingham. Dia adalah ibu dari tiga anak perempuan dan telah bercerai. Setelah waktu berjalan, ia bertemu seorang lelaki beristri lalu menjadi istri kedua lelaki itu.

“Hari itu kami sedang duduk berdua, dia menanyakan lagi jawaban saya atas lamarannya dan saya hanya berkata saya ingin menjadi istri kedua,” tutur Aisha.

Pernikahan pertamanya bubar setelah dia menemukan suaminya berselingkuh. Tapi tiga tahun kemudian dia menjalin hubungan dengan lelaki yang sudah menikah. Lelaki itu ingin menceraikan istri pertamanya dan menikahi Aisha. Tapi dia punya ide lain, "Aku tidak ingin bersamamu selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Aku menghargai kamu ingin meninggalkan istrimu tetapi aku tidak ingin kamu meninggalkan istrimu.”

“Aku ingin bersamamu. Aku ingin menikah denganmu” kata lelaki itu.

Jadi mereka duduk untuk bicara dan Aisha hanya berkata,“Aku ingin menjadi istri kedua."

Suaminya harus menyampaikan kabar itu kepada istri pertamanya yang sangat tidak senang dengan situasi itu tetapi akhirnya menyetujuinya daripada bercerai.

Istri pertama setuju jika suami mereka masih akan menafkahi dirinya dan anak-anak mereka, tapi selanjutnya dia mengatakan dia tidak ingin tahu menahu tentang Aisha. Dia tidak ingin berteman dengan Aisha.

Upacara pernikahan Aisha sangat sederhana dan diadakan di rumah. Bahkan tidak semua keluarga suami Aisha bahkan tahu tentang dirinya. Dia mengatakan itu tidak masalah.

"Saya bertanya kepada suami saya apakah dia mencintai istri pertamanya dan dia mengatakan jika dia  peduli padanya dan juga masih mencintainya,” kata Aisha, "Itulah satu-satunya moment di mana aku merasa cemburu tapi dia ada di sana sebelum aku dan kau tahu aku tidak ingin mengambil suaminya dari dirinya.” (seperti dilansir dari dailynews.com tahun 2012) (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
jika
ada
cinta
lain
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
19 February 2019 08:13:50

14 Sunnah yang Sering Dilupakan Kita

 
SUAMI ISTRI
26 December 2018 08:57:59

Keikhlasan Cinta

 
SUAMI ISTRI
26 August 2018 10:12:59

Kisah Hazim yang Menikahi Gurunya

 
SUAMI ISTRI
10 October 2018 20:06:23

Tipe Suami-suami yang Tidak Punya Rasa Cemburu (Dayyuts)

 
SUAMI ISTRI
27 July 2018 08:05:09

Mengapa Allah Menciptakan Nifas bagi Ibu Melahirkan?

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284