ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Keteladanan Khadijah RA

01 February 2019 08:29:02
keteladanan,khadijah
pexels.com

ChanelMuslim.com - Setelah menikah dengan Rasulullah, Khadijah memberi keteladanan dalam kematangan akal dan pikiran. Ia tidak panik tatkala suaminya dalam kebingunan menerima wahyu pertama. Ia jawab dengan yakin bahwa Allah tidak akan menghinakan suaminya. Jawaban itu ia kuatkan dengan alasan-alasan. Sehingga sang suami benar-benar merasa tenang. Tidak cukup sampai di situ, ia bawa suaminya ke Waraqah agar semakin tenang dengan peristiwa ajaib yang tengah terjadi.

Setelah Rasulullah menerima wahyu Allah, Khadijah banyak membantu dakwah Islam. Menjadi orang pertama yang beriman sudah merupakan hal yang sangat penting bagi Rasulullah. Rasulullah tidak lagi harus berjuang ekstra keras karena sudah mendapat dukungan dari orang terdekat.

Tidak hanya itu, setelah memeluk Islam beliau juga mengorbankan hidupnya. Kehidupan yang tenang dan nyaman, berubah menjadi kehidupan yang menantang dan penuh gangguan. Kehidupan dakwah, jihad, dan pengepungan. Keadaan tersebut sama sekali tak mengurangi cintanya kepada suaminya, bahkan bertambah cintanya kepada sang suami. Bertambah cinta karena Allah dan segala keutamaan yang dimiliki suaminya sebagai seorang rasul. Khadijah senantiasa mendampingi dan mendukungnya mencapai tujuan yang diperintahkan Allah Ta’ala.

Ketika orang-orang Quraisy memboikot dan mengasingkan bani Hasyim ke pinggiran Mekah, Khadijah tak ragu untuk tetap bersama suaminya. Waktu pengasingan dan boikot tersebut bukanlah waktu yang singkat. Bani Hasyim begitu menderita, kekurangan makanan, sampai-sampai mereka makan dedaunan karena tak ada makanan. Mereka seolah-olah akan mati kelaparan. Quraisy memboikot mereka dengan melarang kaumnya untuk menikah dengan pemuda dan pemudi bani Hasyim dan melarang kaumnya untuk melakukan transaksi perdagangan dengan bani Hasyim dan kaum muslim selama tiga tahun.

Dalam penderitaan seperti itu, Khadijah tetap menemani sang suami. Padahal ia dulunya wanita kaya dan berkecukupan. Apa yang dijalani Khadijah dalam menemani Rasulullah berdakwah mengajarkan bahwa di belakang suami yang tangguh ada istri yang super tangguh. Begitulah juga dalam rumah tangga kita, untuk mendukung suami harus ada istri yang tangguh sehingga dalam mencapai tujuan, suami lagi tidak disibukkan untuk selalu menghadapi istri yang kerap merajuk, mengeluh atau bahkan membantah suami.

Dalam pernikahan Rasulullah dengan Khadijah kita bisa mengambil banyak pelajaran. Hal terpenting adalah bahwa suami itu bagaimana kondisi istrinya. Begitu sebaliknya istri itu bagaimana kondisi suaminya baik dari segi dien dan akhlaknya. Jadi, jika kita ingin pasangan kita lebih baik maka perbaiki diri kita terlebih dahulu. (Maya)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
keteladanan
khadijah
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
22 November 2018 09:48:45

Duka Istri dan Enam Anak Dufi Abdullah

 
SUAMI ISTRI
07 May 2019 09:18:50

6 Tips Puasa Gadget di Bulan Ramadhan

 
SUAMI ISTRI
09 July 2019 19:16:18

15 Cara untuk Bahagia

 
SUAMI ISTRI
08 October 2018 20:20:47

Fenomena Tanah Bergerak dan Kampung yang Tenggelam

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284