ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 11 Desember 2019 | 14 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
SUAMI ISTRI

Kesederhanaan Istri-Istri Nabi

04 April 2018 07:31:44
#suami #istri 3keluarga #marriage #family #islam
pexels.com

ChanelMuslim.com - Pada suatu hari, istri-istri nabi meminta tambahan nafkah. Umar bin Khaththab dan Abu Bakar menemui Rasulullah di rumahnya. Sesampainya di sana, ternyata Rasul sedang dikelilingi para istrinya, sementara wajah beliau terlihat resah. Umar pun bermaksud mencandainya agar Rasul tertawa. Umar berkata, “ Ya Rasulullah, jika istri saya meminta uang belanja kepada saya maka akan saya sakiti lehernya.”

Benar saja Rasul tertawa mendengarnya, kemudian beliau mengatakan, “Tahukah kau wahai Umar, mereka (para istri beliau) sekarang berada di sekelilingku juga sedang meminta uang belanja.”

Umar dan Abu bakar pun melotot ke arah putri-putri mereka. Kemudian Umar–dengan bercanda– menyakiti leher Hafshah, putrinya yang juga istri Rasulullah, sementara Abu Bakar menyakiti leher Aisyah.

Umar mengatakan, “Engkau telah meminta apa yang tidak ada pada diri Rasulullah!

Karena peristiwa ini Rasulullah mengasingkan diri tidak menemui isteri-isterinya selama 29 hari (dalam riwayat lainnya 30 hari). Rasulullah marah dengan sikap isteri-isterinya. Hingga akhirnya Allah menurunkan surah al–Ahzab ayat 28 dan 29.

 “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, “Jika kamu sekalian mengingini kehidupan dunia dan perhiasannya, maka marilah supaya kuberikan kepadamu mut’ah dan aku ceraikan kamu dengan cara yang baik. Dan jika kamu sekalian menghendaki (keridhaan) Allah dan Rasulnya-Nya serta (kesenangan) di negeri akhirat, maka sesungguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik diantaramu pahala yang besar.”

Rasulullah kemudian mendatangi Aisyah pertama kali dan Aisyah memilih untuk bersama Rasul dan memilih akhirat. Begitupun dengan isteri-isteri yang lain memilih Rasul dan akhirat di sisi mereka.

Istri-isttri nabi hingga akhir hayat mereka hidup dalam kesederhanaan. Aisyah ra. Berkata, “Pada waktu Rasulullah saw. Wafat di rumah saya tidak ada sesuatu pun yang bisa dimakan kecuali sedikit tepung gandum yang terletak di atas rak, itupun sisa dari yang telah saya makan sehingga setelah saya takar-takar maka habislah tepung itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mereka tidak pernah lagi meminta tambahan nafkah kepada Rasulullah saw meski tahu suaminya serorang pemimpin umat. Mereka tidak memberatkan suaminya dengan permintaan harta benda. Mereka tinggal di dalam rumah-rumah di sekitar masjid nabawi yang telah disiapkan untuk mereka. Atha’ Al Khurasani menuturkan, “Saya menemukan kamar-kamar para istri Rasulullah terbuat dari pelepah pohon kurma. Di atas pintu-pintunya terdapat hiasan dari bulu berwarna hitam. Saya pun membaca surat Khalifah Al Walid yang menginstruksikan agar kamar-kamar para istri Rasulullah tersebut dimasukan dalam lokasi masjid nabawi. Maka saya tidak melihat banyak orang menangis hari itu.”

Istri-istri nabi ini memberi teladan yang sudah semestinya kita tiru. Kedudukan suaminya tidak lantas membuat mereka hidup berfoya-foya dan seenaknya. Mereka malah memanfaatkan kedudukan mereka untuk kemaslahatan umat ini. Berlomba-lomba dalam kebajikan dan menaati Allah dan Rasulullah saw.

(Maya Agustiana)

Sumber bacaan : Kisah 35 Sahabiyah, Syaikh Mahmud Al Misri, Ummul Qura dan Al-Wafa, kesempurnaan Pribadi nabi Muhammad SAW, Ibnu Jauzi.

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
suami
istri 3keluarga
marriage
family
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
14 August 2019 09:19:38

Memata-Matai Pasangan

 
SUAMI ISTRI
04 November 2019 07:13:45

Suami Selingkuh dengan Pelacur: Haruskah Saya Bercerai?

 
 
SUAMI ISTRI
06 February 2019 08:30:06

Feminis Setengah Hati

 
SUAMI ISTRI
20 September 2019 16:13:46

Aku tidak Suka Berhubungan Intim dengan Suami

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284