ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Hidup itu Sederhana

26 January 2019 08:33:45
hidup,sederhana
pexels.com

ChanelMuslim.com – Suatu hari di sebuah teras rumah,

“Hidup kok gini-gini aja!” gerutu seorang Mommy.

“Iya, kerjaan kita setiap hari ya urus rumah, anak-anak dan suami,” sambung teman sebelahnya.

“Tahu nggak, aku tuh suka yang bengong sendiri. Bingung mau ngerjain apa dulu. Cucian piring numpuk, pakaian kotor numpuk, rumah kotor dan berantakan. Belom belanja. Eh terus lapar, ya makan dulu deh. Makan sambil pegang gadget. Lihat medsos, scrolling atas bawah, buka ini dan itu. Eeeh tahu-tahu udah ngabisin waktu satu jam. Daaan rumah masih seperti tadi, tidak ada pergerakan.”

“Hahaha, samaaa,” seru semua.

“Capek deh,” Mommy pertama menepuk jidatnya sendiri.

Gaya hidup adalah pilihan personal. Begitu juga gaya hidup berumah tangga, itu pilihan bersama antara suami dan istri. Sejak awal sebaiknya sudah ditetapkan, mau hidup seperti apakah kita karena itu akan memengaruhi setiap keputusan yang akan kita ambil. Akan memengaruhi keputusan kita membeli rumah (bagaimana dan di mana) juga akan memengaruhi bagaimana pola pengasuhan anak-anak.  

Suami atau ayah akan menjadi sosok penting dalam penentuan gaya hidup. Dialah yang bertugas untuk menetapkan garis besar haluan rumah tangga dan menyediakan perangkat-perangkatnya termasuk pembelajaran kepada para awak keluarga.

Istrilah yang kemudian melakukan pengolahan dan penerapannya. Dialah yang memberikan petunjuk praktis bagaimana rumah tangga bisa dikelola bersama-sama seluruh awak keluarga.

Hidup berumah tangga itu akan terasa berat jika kita berpikir berat. Hidup berumah tangga akan terasa ringan jika kita berpikir dengan sederhana saja. Tidak terlalu berpikir yang ideal. Selalu menerima realitas atau kenyataan. Misalnya kita berpikir idealnya setiap anak memiliki kamarnya sendiri. namun realitasnya secara finansial untuk saat ini, membuat kamar untuk anak-anak belum menjadi prioritas. Anak-anak bisa berbagi kamar sesuai jenis kelaminnya.

Berpikir sederhana itu diterapkan dengan menetapkan prioritas, apa yang lebih penting dan bermanfaat. Hidup sederhana berarti mengenyampingkan keinginan-keinginan yang tidak perlu dan tidak mendesak, juga menyingkir hal-hal yang sudah usang dan tidak diperlukan, misalnya membuang semua perabotan plastik yang sudah usang atau jual ke tukang loak.

Menjalankan tugas rumah tangga yang banyak dan sifatnya rutinitas ternyata bisa juga membuat para istri pusing tujuh keliling dan akhirnya kelelahan. Nah semua ini bisa diatasi dengan menentukan prioritas dulu. Kerjakan semua to do list dengan santai dan perasaan bahagia. Istrilah yang mempunyai kendali ritmenya, ada kalanya harus cepat karena akan ada keperluan lain. Adakalanya bisa santai. Atau bahkan ada pekerjaan yang bisa ditunda. Yang terpenting jangan membebani diri dengan pikiran semua harus serba cepat dan sempurna. Pikirkanlah semua akan selesai bila dikerjakan dengan baik dan tenang.

Pikirkan juga tentang bagaimana mendelegasikan tugas-tugas rumah tangga pada seluruh awak keluarga. Suami juga harus turun tangan dalam urusan pekerjaan rumah tangga. Ini akan memberi contoh baik pada anak-anak. Delegasikan tugas sesuai dengan usia anak-anak dan ini menjadi media pembelajaran mereka juga sebelum menerima tugas yang lebih sulit.

Semua pekerjaan rumah bisa ditangani bersama-sama anggota keluarga. Jika memang membutuhkan ART dan ada anggarannya, bisa dijadikan sebuah pilihan dengan syarat tanpa menghilangkan pendelegasian tugas rumah tangga kepada anak-anak.

Jadi mengurus rumah tangga itu sesuai dengan gaya hidup yang kita pilih. Kita bisa santai menjalani hidup jika tidak terlalu banyak keinginan dan harapan. So jika rumah masih berantakan karena ada anak kecil, bersabarlah karena beberapa tahun lagi mereka akan besar dan siap membantu ibunya. Jika kamar anak gadis berantakan, biarkanlah dan ajarkan dia untuk merapikannya. Ajak dia untuk membeli pernak-pernik yang akan mempercantik kamarnya. Wallahu’alam (Maya)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hidup
sederhana
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
23 March 2018 19:42:40

Ketika Cinta Harus Memaksa

 
SUAMI ISTRI
20 September 2018 12:30:32

100 Ribu Dapat Apa?

 
SUAMI ISTRI
03 August 2019 22:47:27

Bahagiakan Istri Anda, Maka Keluarga Anda Akan Bahagia

 
SUAMI ISTRI
20 June 2019 21:08:54

Puncak Kesuksesan Seorang Istri

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284